EFEK KINESIOLOGY TAPE TERHADAP FLEKSIBILITAS OTOT HAMSTRING PADA ATLET BULUTANGKIS PB IMARA KOTA KEDIRI

  • Fauziyah shalahudin Shalahudin Universitas Negeri Surabaya
  • Aghus Sifaq

Abstract

Penggunaan Kinesiology Tape untuk membantu fleksibilitas otot Hamstring pada atlet bulutangkis PB Imara Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kinesiology Tape terhadap fleksibilitas otot Hamstring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel yang berjumlah 10 orang atlet laki-laki. Dalam pemasangan Kinesiology Tape pada otot hamstring persentase tarikannya adalah 10-25%. Langkah-langkah dalam pemasangan Kinesiology Tape dimulai dari Origo (tuberositas ischium) kemudian menuju insersio.

Fleksibilitas merupakan kemampuan otot untuk melakukan suatu gerakan dalam jangkauan maksimum sendi, atau suatu gerakan yang mencapai sebuah jangkauan gerak. Otot hamstring merupakan otot yang berperan sebagai stabilitas suatu gerakan, seperti menekuk bagian lutut, gerakan paha yang menjauhi bagian tubuh dan gerakan keluar (ekstensi pinggul).

Uji normalitas yang dilakukan dalam penelitian ini didapatkan nilai Pretest sig (0,200>0,05) dan nilai Posttest sig (0,200>0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai kedua data berdistribusi Normal. Uji T-test yang telah dilakukan mendapatkan hasil dari Pretest dan Posttest sig < (0,000 < 0,05), Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan penjabaran diatas maka dapat dinyatakan Ada pengaruh aplikasi Kinesiology Tape terhadap fleksibilitas otot hamstring pada atlet bulutangkis PB Imara Kota Kediri.

Kata Kunci: Kinesiology Tape, Fleksibilitas, Otot hamstring, Bulutangkis

Author Biography

Aghus Sifaq

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 69