PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PENINGKATAN PERFORMA ATLET PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) PROVINSI PAPUA CABANG OLAHRAGA ATLETIK

  • Meidy Reflin Aquino Ayemi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana atlet dalam menjalani setiap proses latihan yang dimana mengharuskan atlet untuk mengikuti setiap program latihan yang di berikan oleh pelatih secara bertahap sehingga terkadang latihan menjadi suatu hal yang menyenangkan namun juga bisa menjadi suatu hal yang menjenuhkan.

Kondisi yang menjenuhkan dalam proses latihan tersebut dapat membuat atlet kekurangan motivasi untuk berlatih sehingga dapat menghambat atlet dalam mengalami peningkatkan perfroma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik, dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui kuesioner yang telah dibuat melalui google form untuk mempermudah pengisian bagi responden. Sampel dari penelitian ini adalah atlet  cabang olahraga atletik pusat pembinaan dan latihan pelajar provinsi papua dengan jumlah responden 49 orang. Hasil data yang di peroleh dari hasil  regression analysis menunjukan bahwa bahwa nilai F hitung = 13.121 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Motivasi Berpresatasi (X) terhadap variabel Performa Atlet (Y), nilai korelasi R sebesar 0,467 diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,218 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh  variable bebas (Motivasi Berprestasi) terhadap variabel terikat (Perfroma Atlet) adalah sebesar 21,8%. Sehingga di ketahui bahwa motivasi berprestasi memiliki peran penting untuk mendorong atlet agar semangat dalam berlatih sehingga performa pada atlet mengalami peningkatan.

Published
2023-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 96