Evaluasi Kesesuaian Perangkat Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Se-Kabupaten Trenggalek

  • Mohammad David Kusuma Jaya Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang
  • Gema Fitriady

Abstract

Keterlaksanaan pembelajaran dengan kesesuaian perangkat dalam PJOK memiliki peran cukup signifikan dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP Negeri 2 Durenan ditemukan permasalahan yaitu silabus tidak terisi secara lengkap. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran guru belum menggunakan berbagai macam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian perangkat dan pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP se-Kabupaten Trenggalek. Pada penelitian evaluasi ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan mulai bulan Januariā€“Mei 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK yang berjumlah 8 orang dari empat sekolah yang diteliti, dan sebagian siswa kelas VII dan VIII yang berjumlahkan 165. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa angket, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil dalam penelitian ini pada aspek perencanaan mendapatkan persentase sebesar 87,35% termasuk dalam kategori baik sekali. Pada aspek pelaksanaan terdapat kesesuaian antara guru dan siswa bahwa materi pembelajaran yang diajarkan guru sudah didapatkan oleh siswa dengan persentase 70,83% (guru) dan 68,67% (siswa) termasuk dalam kategori baik, model, pendekatan, dan strategi pembelajaran sebagian besar guru menggunakan model PBL, cooperative learning, pendekatan saintifik, dan strategi student centred. Adapun pada aspek penilaian sebagian besar guru menggunakan bentuk penilaian berupa observasi dan tes tulis/lisan dengan persentase keduanya sebesar 50,00% yang tergolong kategori cukup.

Published
2023-10-02
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 65