Survei Penilaian Pembelajaran Keterampilan PJOK Pada Masa Pasca Pandemi Covid-19 Di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang

  • Tegar Satria A Universitas Negeri Malang
  • Mashuri Eko Winarno

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian keterampilan PJOK di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pergantian model pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara daring kembali lagi ke pembelajaran yang dilakukan secara luring atau tatap muka. Menurut hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat KPL pada pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan Kesehatan di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang ditemui masalah yaitu kurangnya kesesuaian pengambilan nilai pendidikan jasmani dan hasil belajar siswa yang ideal karena imbas dari masa pandemi covid-19 dan masa pasca pandemi covid-19. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode survei dengan jumlah responden sebanyak 103 responden (101 siswa kelas VIII dan IX, serta 2 guru) di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan merupakan lembar kuesioner dengan total 36 butir pertanyaan yang nantinya data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Skala Guttman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan total skor pada sub indikator Bola Besar, Bola kecil, Atletik, Beladiri, Senam lantai, dan kebugaran jasmani memiliki persentase sebesar 54,4% dan masuk di dalam kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap penilaian keterampilan siswa meskipun belum sepenuhnya optimal dan perlu adanya perhatian khusus terhadap siswa agar siswa dapat beradaptasi dengan maksimal.

Published
2023-11-22
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 18