PENGARUH FAKTOR USIA DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PJOK SMP NEGERI DAN SMA NEGERI DI KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR

Authors

  • M. Thoriq Azizi Al Kindi Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Sri Undy Mahardika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.1234/jpo.v7i2.59445

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor usia dan faktor pengalaman mengajar mempengaruhi kompetensi pedagogik guru PJOK SMP Negeri dan SMA Negeri di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Penelitian dilakukan di bulan November 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMP Negeri dan SMA Negeri di Kabupaten Kediri Jawa Timur dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas, realibilitas, multikolinearitas, dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi spearman rho. Hasil pengujian uji korelasi spearman rho menunjukkan bahwa usia (X1) berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik (Y). Diketahui bahwa nilai signifikansi usia terhadap sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti H1 diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan pada usia dan kompetensi pedagogik. Lama mengajar (X2) berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik. Diketahui bahwa nilai ketentuan nilai signifikansi lama mengajar sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya H2 diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan pada lama mengajar dan kompetensi pedagogik. Diklat (X3) berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik. Diketahui nilai signifikansi lama mengajar sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya H3 diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan pada diklat dan kompetensi pedagogik.

Kata Kunci: Usia, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Pedagogik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Made Sri Undy Mahardika, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelaihan Olahraga

Downloads

Published

2024-05-27
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 61