PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA JURUSAN IPA DAN IPS KELAS XI SMA NEGERI 3 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.1234/jpo.v7i2.60240Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa JURUSAN IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Kediri. Dengan menggunakan tes kebugaran jasmani yang mencakup daya tahan kardiopulmoner, kekuatan otot, kelenturan, dan komposisi tubuh, studi ini bertujuan untuk memahami perbedaan perilaku siswa dari kedua JURUSAN tersebut. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode non-eksperimental, membandingkan dua kelompok sampel. Metode perbandingan ini memungkinkan pemahaman yang lebih baik mengenai perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa JURUSAN IPA dan IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes kebugaran jasmani siswa JURUSAN IPS (36,00) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa JURUSAN IPA (33,50) di kelas XI. Ini mengindikasikan bahwa siswa JURUSAN IPS umumnya memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik dibandingkan dengan siswa JURUSAN IPA. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing JURUSAN di SMA Negeri 3 Kediri.
Downloads

