PENGARUH LATIHAN LONCAT GAWANG DAN LATERAL JUMP OVER BARIER TERHADAP KEMAMPUAN TINGGI LONCATAN PEMAIN BOLAVOLI SMP NEGERI 5 BOJONEGORO

  • Ivan Lukman Nul Khakim Universitas Negeri Surabaya
  • Machfud Irsyada Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latihan plyometric merupakan bentuk latihan yang cukup sangat beraneka ragam. Dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan 2 bentuk latihan plyometric yaitu loncat gawang dan lateral jump over barier. Latihan loncat gawang dan lateral jump over barier adalah salah satu bentuk latihan plyometric yang sangat tepat untuk meningkatkan daya ledak (power) pada kaki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan loncat gawang dan lateral jump over barier terhadap tinggi loncatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain two group pretest postest design dengan jumlah sampel 20 orang, dan jumlah sampel dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing berisi 10 orang per kelompok. Data yang diperoleh diuji menggunakan program statistik SPSS 29. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-test kelompok loncat gawang menunjukkan bahwa nilai signifikan p sebsar 0,001 <0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan. Sedangkan untuk lateral jump over barier nilai signifikan p sebesar 0,001 itu menyatakan bahwa nilai signifikan p 0,001 <0,05, yang berarti ada pengaruh yang signifkan. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari latihan loncat gawang dan lateral jump over barier terhadap tinggi loncatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan loncat gawang dan lateral jump over barier sangat efisien untuk meningkatkan tinggi loncatan.

 

Kata kunci : Plyometric, Loncat gawang, Lateral jump over barier, Latihan, Power.

Author Biography

Machfud Irsyada, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Published
2024-06-27
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0