TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN STATUS GIZI SISWA SISWI KELAS IV, V, DAN VI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU
Keywords:
Kata Kunci: Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Siswa Sekolah DasarAbstract
Kebugaran Jasmani ialah kemampuan tubuh manusia dalam melaksanakan kegiatan sehari- hari tanpa merasa lelah. Manusia yang mempunyai kebugaran baik akan melaksanakan kegiatan dengan penuh vitalitas serat kesiagaan tanpa merasa lelah serta masih mempunyai tenaga cadangan dalam beraktivitas. Selain kegiatan fisik, status gizi merupakan faktor eksternal dalam meningkatkan kebugaran jasmani. Bila anak mempunyai kebutuhan gizi yang tercukupi maka anak akan berkembang serta pertumbuhan pada anak akan baik dari segi fisik ataupun psikologis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani terhadap siswa kelas IV, V, serta VI di MI Miftahul Ulum yang ada di Desa Sidowungu. Jenis penelitian yang dipakai yakni penelitiankuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan sampel menggunakan stratified random
sampling dengan jumlah sampel 50 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 50 siswa terdapat 27 siswa dengan status gizi normal memiliki rata-rata 17.5 dengan persentase 54% dan tingkat kebugaran jasmani dengan kategori cukup hingga sangat baik dengan jumlah laki-laki 19 siswa memiliki rata-rata 5.8 persentase 38% dan perempuan 8 siswa memiliki rata-rata 5.5 persentase 16%. Status gizi underweight terdapat 15 siswa dengan rata-rata 12.9 dengan persentase 30% dan tingkat kebugaran jasmani dengan kategori kurang dengan jumlah laki-laki 6 siswa memiliki rata-rata 5.9 persentase 12% dan perempuan 9 siswa memiliki rata-rata 2.6 persentase 18%. Sedangkan Status gizi overweight terdapat 8 siswa dengan rata-rata 25.9 dengan persentase 16% dan tingkat kebugaran jasmani dengan kategori kurang dengan jumlah laki-laki 4 siswa memiliki rata-rata 3.2 persentase 8% dan perempuan 4 siswa memiliki rata-rata 2.4 persentase 8%.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Auliana, Rizqie. 2001. Gizi dan Pengolahan Pangan. Yogyakarta: Adicita.
Irianto, Djoko Pekik. 2018. Yogyakarta: Lukman Offset. 2006. Panduan Gizi Lengkap.
Yogyakarta: Andi.
Kamiso. 2012. Ilmu Pendidikan Dasar. Semarang: FPOK IKIP Semarang. Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Mutahir, Toho Cholik, and Ali Maksum. 2009. Asas-Asas Pendekatan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.
Nurhasan , A Priambodo, J Roespajadi, N Indiarsa, R Ivano, S Christina, GA Tjateri, P Juniarto, B Djawa, and S Wibowo. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya: Surabaya
: University Press.
Roji. 2015. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Erlangga.
Supariasa, I Dewa Nyoman, Bachyar Bakri, and Ibnu Fajar. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Egc.
Nurhasan, dkk. 2005. Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa University Press. Microsoft Word - UNDANG Undang No. 20 tahun 2003 (kemdikbud.go.id)
Ramadhana, M Miftahul Laili, Prihanto, Junaidi Budi. 2016. Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Di Sma Negeri Plandaan Jombang. Surabaya: Skripsi Universitas Negeri Surabaya
Marvel Manopo ,Th. Mautang, Melky Pangemanan. 2020. Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani PadaSiswa Smp Negeri 2 Tomohon. Jurnal Olympus
Azizin Irhas. 2014. Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Surabaya : Skripsi Universitas Negeri Surabaya
https://fitnessassignmemt.weebly.com/aerobic-endurance.html (diakses 5 Oktober 2024)

