PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEBUGARAN JASMANI KELAS XI

Authors

  • Nur'alim Hanifa Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

inquiry learning, model pembelajaran, hasil belajar siswa, kebugaran jasmani.

Abstract

Dalam setiap jenjang pendidikan memuat kurikulum PJOK yang bertujuan untuk perkembangan motorik, pengetahuan, fisik serta penalaran bagi siswa. Namun, kurang menariknya penerapan metode pembelajaran PJOK mempengaruhi antuasime belajar sehingga perngaruh pada hasil belajar, sehingga guru berperan menciptakan pembelajaran efektif, termasuk memilih model yang menarik, seperti inquiry learning. Penggunaan inquiry learning diharap mampu memberi menerima materi dengan menyenangkan guna meminimalisir kejenuhan dalam pembelajaran. Peneliti terdorong melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Penerapan Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kebugaran Jasmani Kelas XI” bertujuan mengetahui pengaruh model inquiry learning kelas XI di SMA Hang Tuah 5 Candi materi kebugaran jasmani. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen semu bentuk non-randomized control group pretest-posttest dianalisis dengan program SPSS pada subjek penelitian 36 anak (XI-6) sebagai kelompok eksperimen dan 36 anak (XI-7) sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis diperoleh penggunaan inquiry learning memberikan pengaruh signifikan dilihat nilai signifikan tes pengetahuan sebesar sig. 0.003 < 0.05 dan tes keterampilan sebesar sig. 0.04 < 0.05. Peningkatan pengetahuan juga mencapai 27,9%, sementara keterampilan meningkat sebesar 83%. Hal ini membuktikan bahwa inquiry learning salah satu model belajar tepat guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154.

Ginanjar, A. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp. Jurnal Kependidikan, 45, 123–129. https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7489

Gu, X., Chang, M., & Solmon, M. A. (2016). Physical activity, physical fitness, and health-related quality of life in school-aged children. Journal of Teaching in Physical Education, 35(2), 117–126.

Idrisah, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Quasi Eksperimen di SMA Darul Muttaqin Bekasi). Skripsi Pendidikan Kimia, 46.

Junianto, T. (2022). Pembelajaran PJOK kondisi pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(2), 203–212.

Kustadiyono, I. D. (2020). Model Inquiry dengan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 54–61.

Lupu. (2016). The importance of physical education lessons for the formation of self-control and the decrease of the reaction to frustration of students (The Rosenzweig Projective Test). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 273–277.

Mustofa. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Nurhayati, F., & Rokim, M. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 04(1), 17–24.

Nurrita. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Putra, A. B. N. R., Mu’arifin, Subandi, M. S., Susanto, H., Hakim, G. R. U., & Basuki, I. A. (2021). The Technology of Tracking System Integrated Big Data based on Tracer Study to Improve Social Networking of Graduates in The Era of Society 5.0. International Conference on Education and Technology.

Rachman, A., Tuasikal, S., Rhiskita, T., & Beauty, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. 6(2), 499–507.

Rustini. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Safi’i. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Yang Sesuai Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 249–262.

Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Susilawati, S., & Sridana, N. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa. Biota: Biologi Dan Pendidikan Biologi, 8(1), 27–36.

Zainul, A. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.

Downloads

Published

2025-01-19
Abstract views: 72 , PDF Downloads: 48