Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik
Keywords:
Kata Kunci: Kebugaran jasmani, multistage fitness test, VO₂Max, pendidikan jasmani, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik melalui metode Multistage Fitness
Test (MFT) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kebugaran jasmani setelah mengikuti pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya
kebugaran jasmani dalam mendukung aktivitas bela jar siswa, serta gejala kelelahan yang sering dialami siswa
saat mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen dengan model one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini sebanyak 15
siswa kelas VI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah
Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengukur kapasitas VO₂Max siswa sebelum dan sesudah mengikuti
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan VO₂Max yang signifikan setelah dilakukan intervensi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan (PJOK) yang mengindikasikan peningkatan kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini memberikan
kontribusi bagi guru dan sekolah dalam memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan jasmani secara efektif
guna menunjang kesehatan dan daya tahan siswa dalam proses belajar.
Kata Kunci: Kebugaran jasmani, multistage fitness test, VO₂Max, pendidikan jasmani, siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Ansar. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan
Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan
Sepakbola Murid Sd Inpres No. 115 Tabuakang
Kabupaten Jeneponto, Fakultas Ilmu Keolahragaan,
Universitas Negeri Makassar, 115.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu
pendekatan praktik (Cet. 15). Jakarta: Rineka Cipta.
Basterfield, L., Burn, N. L., Galna, B., Karoblyte, G.,
& Weston, K. L. (2021). The association between
physical fitness, sports club participation and body
mass index on health-related quality of life in
primary school children from a socioeconomically
deprived area of England. Preventive Medicine
Reports, 24, 101557.
https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101557
Bompa, T. O. (1999). Periodization: Theory and
Methodology of Training. Human Kinetics.
Candra, A. T., & Setiabudi, M. A. (2021). Analisis
Tingkat Volume Oksigen Maksimal (VO2Max)
Camaba Prodi PJKR. 7(1), 10- 17.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9).
Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Hardiansyah, S. (2017). Pengaruh Metode Interval
Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal
Penjakora, 4(1), 83-92
Haverkamp, B. F., Oosterlaan, J., Königs, M., &
Hartman, E. (2021). Physical fitness, cognitive
functioning and academic achievement in healthy
adolescents. In Psychology of Sport and Exercise
(Vol. 57).
https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.102060
Heldawati, R., Iriato, T., Heldawati, R., & Iriato, T.
(2022). Stabilitas : Jurnal Pendidikan Jasmani dan
Olahraga. 3(1), 46-53.
Heryanto, A. R., & Sudijandoko, A. (2019). Survei
Kondisi Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa
Kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan. Jurnal
Kesehatan Olahraga, 7(2), 213- 218.
Ilham Ramadhani, M., Sudarmono, M., Pendidikan
Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, J., & Ilmu
Keolahragaan, F. (2020). Indonesian Jjournal for
Physical Education and Sport Model
Pengembangan Alat FBES (Flexibility, Balance,
Endurance, Strength) Dalam Pembelajaran
Aktifitas Kebugaran Jasmani Untuk Siswa
Menengah Pertama Article History. 1, 237-243,
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Irianto, D. P. (2004). Panduan Kebugaran Jasmani.
Yogyakarta: Andi Offset.
Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan pengukuran
olahraga. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia
Maju (YPSIM).
https://repository.ubharajaya.ac.id/3283/2/5_60936
573456 76542150.pdf
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun. (2005).
Tentang Standar Nasional Pendidikan Dengan
Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik
Indonesia. Sekretariat Negara, 1- 54
Pinto-Escalona, T., Gobbi, E., Valenzuela, P. L.,
Bennett, S. J., Aschieri, P., Martin-Loeches, M.,
Paoli, A., & Martinez-deQuel, O. (2021). Effects of
a school-based karate intervention on academic
achievement, psychosocial functioning, and
physical fitness: A multi-country cluster
randomized controlled trial. Journal of Sport and
Health Science, 13(1), 90–98.
https://doi.org/10.1016/j.jshs.2021.10.006
Pramata, A. (2016). Analisis kemampuan VO2 max
pada atlet karate ranting permata Sidoarjo. Jurnal
Kesehatan Olahraga, 06(02), 575-581.
Suherman, A. (2011). Pembelajaran Pendidikan
Jasmani. Bandung: FIK Universitas Pendidikan
Indonesia.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan:
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi
ke-26). Bandung: Alfabeta. UU No 3 Tahun 2005.
(2005).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor Tahun
2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional
Dengan. Presiden RI, 1, 1-53
Downloads
Published
Issue
Section

