Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik

Authors

  • Anissa Anissa Ardellia Indrayadhi Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Jayadi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kata Kunci: Kebugaran jasmani, multistage fitness test, VO₂Max, pendidikan jasmani, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan
terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik melalui metode Multistage Fitness
Test (MFT) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kebugaran jasmani setelah mengikuti pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya
kebugaran jasmani dalam mendukung aktivitas bela jar siswa, serta gejala kelelahan yang sering dialami siswa
saat mengikuti pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen dengan model one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini sebanyak 15
siswa kelas VI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah
Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengukur kapasitas VO₂Max siswa sebelum dan sesudah mengikuti
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan VO₂Max yang signifikan setelah dilakukan intervensi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan (PJOK) yang mengindikasikan peningkatan kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini memberikan
kontribusi bagi guru dan sekolah dalam memahami pentingnya pelaksanaan pendidikan jasmani secara efektif
guna menunjang kesehatan dan daya tahan siswa dalam proses belajar.
Kata Kunci: Kebugaran jasmani, multistage fitness test, VO₂Max, pendidikan jasmani, siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ika Jayadi, Universitas Negeri Surabaya

Dosen S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

References

Ansar. (2019). Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan

Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan

Sepakbola Murid Sd Inpres No. 115 Tabuakang

Kabupaten Jeneponto, Fakultas Ilmu Keolahragaan,

Universitas Negeri Makassar, 115.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu

pendekatan praktik (Cet. 15). Jakarta: Rineka Cipta.

Basterfield, L., Burn, N. L., Galna, B., Karoblyte, G.,

& Weston, K. L. (2021). The association between

physical fitness, sports club participation and body

mass index on health-related quality of life in

primary school children from a socioeconomically

deprived area of England. Preventive Medicine

Reports, 24, 101557.

https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101557

Bompa, T. O. (1999). Periodization: Theory and

Methodology of Training. Human Kinetics.

Candra, A. T., & Setiabudi, M. A. (2021). Analisis

Tingkat Volume Oksigen Maksimal (VO2Max)

Camaba Prodi PJKR. 7(1), 10- 17.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate

dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9).

Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Hardiansyah, S. (2017). Pengaruh Metode Interval

Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal

Penjakora, 4(1), 83-92

Haverkamp, B. F., Oosterlaan, J., Königs, M., &

Hartman, E. (2021). Physical fitness, cognitive

functioning and academic achievement in healthy

adolescents. In Psychology of Sport and Exercise

(Vol. 57).

https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.102060

Heldawati, R., Iriato, T., Heldawati, R., & Iriato, T.

(2022). Stabilitas : Jurnal Pendidikan Jasmani dan

Olahraga. 3(1), 46-53.

Heryanto, A. R., & Sudijandoko, A. (2019). Survei

Kondisi Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa

Kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan. Jurnal

Kesehatan Olahraga, 7(2), 213- 218.

Ilham Ramadhani, M., Sudarmono, M., Pendidikan

Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, J., & Ilmu

Keolahragaan, F. (2020). Indonesian Jjournal for

Physical Education and Sport Model

Pengembangan Alat FBES (Flexibility, Balance,

Endurance, Strength) Dalam Pembelajaran

Aktifitas Kebugaran Jasmani Untuk Siswa

Menengah Pertama Article History. 1, 237-243,

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Irianto, D. P. (2004). Panduan Kebugaran Jasmani.

Yogyakarta: Andi Offset.

Pasaribu, A. M. N. (2020). Tes dan pengukuran

olahraga. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia

Maju (YPSIM).

https://repository.ubharajaya.ac.id/3283/2/5_60936

573456 76542150.pdf

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun. (2005).

Tentang Standar Nasional Pendidikan Dengan

Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik

Indonesia. Sekretariat Negara, 1- 54

Pinto-Escalona, T., Gobbi, E., Valenzuela, P. L.,

Bennett, S. J., Aschieri, P., Martin-Loeches, M.,

Paoli, A., & Martinez-deQuel, O. (2021). Effects of

a school-based karate intervention on academic

achievement, psychosocial functioning, and

physical fitness: A multi-country cluster

randomized controlled trial. Journal of Sport and

Health Science, 13(1), 90–98.

https://doi.org/10.1016/j.jshs.2021.10.006

Pramata, A. (2016). Analisis kemampuan VO2 max

pada atlet karate ranting permata Sidoarjo. Jurnal

Kesehatan Olahraga, 06(02), 575-581.

Suherman, A. (2011). Pembelajaran Pendidikan

Jasmani. Bandung: FIK Universitas Pendidikan

Indonesia.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan:

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi

ke-26). Bandung: Alfabeta. UU No 3 Tahun 2005.

(2005).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor Tahun

2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional

Dengan. Presiden RI, 1, 1-53

Downloads

Published

2025-05-29
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 28