TINGKAT SURVEI SIKAP KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SMK INDOBARUNA
Keywords:
Ekstrakurikuler, Pencak Silat, kepercayaan diriAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan platform bagi siswa guna menyalurkan minat dan bakat mereka dengan tujuan mencapai prestasi dan peningkatan pendidikan. Tingkat percaya diri menjadi kunci penting dalam hal ini, karena siswa yang percaya diri cenderung lebih antusias dan aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Adanya beberapa permasalahan yang mempengaruhi aspek kepercayaan diri siswa yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman siswa akan nilai dan manfaat yang dapat diperoleh dari partisipasi aktif dalam kegiatan di luar kurikulum. Penelitian ini menggunakan studi survei kuantitatif dengan strategi penelitian non-eksperimental korelasional. Hasil penelitian diperoleh tingkat kepercayaan diri siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menunjukkan hasil yang positif. Rata-rata kepercayaan diri siswa berada pada rentang “setuju” dengan nilai mean sebesar 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa percaya diri dalam berbagai aspek yang diukur melalui kuesioner. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan tingkat kepercayaan diri siswa. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki koefisien regresi sebesar 0,334 dengan nilai signifikansi 0,000, yang berarti partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung meningkatkan kepercayaan diri siswa. Meskipun demikian, hasil yang ada cukup jelas menunjukkan bahwa semakin aktif siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, semakin tinggi tingkat kepercayaan diri mereka. Oleh karena itu, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMK Indobaruna.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Kepercayaan Diri, Sikap Siswa
Downloads
References
Agustin, N. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakteristik Siswa (A. Mardati, H. H. Sukma, & S. T. Martaningsih (eds.); Cetakan Pe). UAD Press (Anggota IKAPI dan APPTI).
Albiro, M. C., Kurniawan, F., & Rahman, I. (2021). Analisis Tingkat Percaya Diri Siswa Smkn 1 Karawang Barat Yang Mengikuti Pertandingan Futsal. Jurnal Penjakora, 8(2), 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i2.34709
Ali, H. A. M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (Cetakan Ke). Kencana.
Apriyani, E., Yuda, A. K., & Sumarno, A. (2022). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 8(3), 178–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.5556003
Apriyani, E., Yuda, K. A., & Sumarno, A. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 108–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.5556003
Azizah, F. K., & Maknun, L. (2022). Pengembangan Karakter dan Keterampilan peserta didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.133
Bafirman. (2016). Pembentukkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Penjasorkes (Edisi Pert). Kencana.
Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450–459. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.855
Dermawan, D., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Physical Education (JouPE), 1(2), 14–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.591
Ependi, H. N. (2023). Pendidikan Karakter (M. R. Kurnia (ed.)). Sada Kurnia Pustaka.
Fajrin, M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di SMK Negeri Rembang Pasuruan. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 262–275. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i1.105
Fanun, D. (2019). Percaya Diri Harga Mati (Waitzitoyaa (ed.); Cetakan Pe). Araska.
Hamdiyati, N. (2023). Manajemen Ekstrakulikuler Di Madrasah Ibtidaiyah (S. Rokhmawanto & R. R. S. Chamidi (eds.); Cetakan Ke).
Hasanah, F., Jayawardana, H. B. ., Sukmawati, B., & Ulfa, N. M. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Xi Di Smk It Ibnu Katsir Jember. Pandalungan : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Mulitkultural, 2(1), 54–62.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 100
,
PDF Downloads: 83
