TINGKAT MOTIVASI SISWA TERHADAP KEBERMINATAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMKN 13 SURABAYA PADA SISWA KELAS X

Authors

  • Mohammad Rafly Putra Alamsah Universitas Negeri Surabaya
  • Fransisca Januarumi Marhendra Wijaya Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Motivasi siswa, ekstrakurikuler futsal, SMKN 13 Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi siswa kelas X terhadap kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMKN 13 Surabaya. Aktivitas olahraga kini telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan kebugaran tubuh dan prestasi individu. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran strategis dalam memfasilitasi kegiatan olahraga melalui program ekstrakurikuler. Namun tidak semua sekolah memiliki sumber daya yang mampu untuk mengembangkan program tersebut, seperti yang terjadi di SMKN 13 Surabaya. Ekstrakurikuler futsal di sekolah ini baru dapat terlaksana setelah adanya kegiatan dari mahasiswa PLP UNESA jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan 60 siswa sebagai responden dan instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur tingkat motivasi siswa terhadap ekstrakurikuler futsal, Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat motivasi tinggi (63,33%) yang sebagian besar di penggaruhi oleh faktor intrinsik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa SMKN 13 Surabaya memiliki tingkat motivasi tinggi terhadap ekstrakulikuler futsal.

Kata Kunci : Motivasi Siswa, Ekstrakurikuler Futsal, SMKN 13 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Akurat, Y., & Maksum, A. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Siswa Putri Dalam Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 18 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 171–177. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Alfredo, J., Resita, C., & Gustiawati, R. (2021). Motivasi Berprestasi Peserta Ekstrakulikuler Futsal di Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 82–87. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3961

Aprilianto, M. V., & Fahrizqi, E. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota Ukm Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Journal Of Physical Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.122

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. In TA - TT -. Rineka Cipta. https://doi.org/LK - https://worldcat.org/title/958842420

Aswanto, R. D. (2021). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Sport Science and Health, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.17977/um062v3i12021p20-25

Banamtuan, M., Baun, S., & Saetban, S. (2022). Prestasi Belajar Anak Petani. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.90

Courses, E., & Mtsn, A. (2024). Journal of Physical Education for Secondary Schools Survey On Students ’ Motivation In Participating In Futsal. 4(2), 333–342.

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 29–34.

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275

Ma’arif Ichwanul, A. N. (2023). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 11 Nomor 03 Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 11, 03. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Mahdi, A. A., & Bulqini, A. (2019). Tingkat Keterampilan Teknik dasar Bermain Futsal Tim Futsal SMA Negeri 9 Surabaya. Journal Prestasi Olahraga, 2(1), 1–6. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Muhtarom, M. H., & Wijono. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Latihan Ekstrakurikuler Futsal di SMPN 2 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Prestasi Olahraga, 5(3), 83–89.

Mulyani, S. R. (2015). Metodologi Penelitian.

Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 105. https://doi.org/10.22146/jkap.7608

Naser, N., Ali, A., & Macadam, P. (2017). Physical and physiological demands of futsal. Journal of Exercise Science and Fitness, 15(2), 76–80. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2017.09.001

Oman Hadiana. (2020). Implementasi Pendekatan Taktis Dalam meningkatkan Motivasi Belajar Futsal. Indonesian Journal of Science, 1(1), 38–44. http://jurnal.pusatsains.com/index.php/jsi/article/view/5

Prakoso, D. B. (2013). Minat Bermain Futsal Di Jenis Lapangan Vinyil, Parquette, Rumput Sintetis Dan Semen Pada Pengguna Lapangan Di Semarang. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(2), 15.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi Prestasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1–11.

priyono. (2015). Metode PEnelitian Kuantitatif.

Prof.Dr.Sugiyono. (2015). Metode_Penelitian_Pendidikan_Sugiyono_20.pdf (pp. 47–281).

Putra, P. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah. (2021). Implementasi Manajemen Ekstrakulikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMK IT Nurul Huda Cianjur. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 75–

Sudarsana, U. (2014). Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca. Pembinaan Minat Baca, 1–49.

Suhardi. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PALM SPRINGS GOLF COUNTRY CLUB. 2507(February), 1–9.

Sukwika, T. (2023). Menentukan Populasi dan Sampling. In Metode Penelitian “Dasar Praktik dan Penerapan Berbasis ICT” (Issue August). https://www.researchgate.net/publication/373137498

Supiati, S., Awaluddin, A., & Ferawati, F. (2021). Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Olahraga Futsal. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.543

Sutiana, Y. W., Kurniawan, F., Resita, C., & Gemael, Q. A. (2020). Tingkat Keterampilan Dasar Futsal Pada Ekstrakurikuler Futsal Di Sekolah Nihayatul Amal Purwasari. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(2), 124. https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4411

UU RI NO 20 Tahun 2003. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Teknik Bendungan, 1–7.

Wardhana, A. (2023). Instrumen PenelitianKuantitatif Dan Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kesehatan (Issue November).

Wulandari Wangi Ni Kadek, F. D. A. I. G. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnall Inovasi Pendidikan, 6(1), 52–61. https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/1285

Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625

Downloads

Published

2025-07-14
Abstract views: 100 , PDF Downloads: 55