ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN MOTIVASI LATIHAN SISWA HOOPS KIDS USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BOLABASKET MODIFIKASI DI DBL ACADEMY PTC SURABAYA
Keywords:
Permainan Bola Basket Modifikasi, Perkembangan Motorik Kasar, Motivasi LatihanAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bola basket modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar dan peningkatan motivasi latihan siswa Hoops Kids usia 5-6 tahun di DBL Academy PTC Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian empirik yang menggunakan metode kombinasi (mixed methods) yaitu dengan menggabungkan antara pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dalam 4 kali pertemuan dengan pretest, perkutan, dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 90 siswa DBL Academy Surabaya yang berusia 5-6 tahun. Banyak sampel dalam penelitian ini diambil sebesar 20% dari total populasi, yaitu 18 siswa. Adapun kriteria sampel dalam penelitian yaitu berusia 5-6 tahun, telah bergabung dengan DBL Academy Surabaya minimal 2 bulan, dan siswa rutin mengikuti latihan dalam 1 bulan terakhir. Data pada penelitian ini diambil dengan tes perkembangan motorik kasar siswa dan wawancara motivasi latihan yang dilakukan pada orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh permainan bola basket modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar siswa Hoops Kids usia 5-6 tahun di DBL Academy PTC Surabaya, dan (2) terdapat pengaruh permainan bola basket modifikasi terhadap peningkatan motivasi latihan siswa Hoops Kids usia 5-6 tahun di DBL Academy Surabaya.
Kata Kunci: Permainan Bola Basket Modifikasi, Perkembangan Motorik Kasar, Motivasi Latihan
Downloads
References
1. Ahmadi, N. (2007). Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia
2. Alfianing, M., Yulianingsih, D. Y., & Ratnasih, T. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan modifikasi bola basket. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 10(1), 17-29.
3. Ardiansyah, O. G. (2016). Motivasi Siswa Kelas X Dan Kelas Xi Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 1 Sedayu Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 13 (1)
4. Ardyansah, & Mandalawati, T. K. (2018). Peranan Intrinsic and Extrinsic Motivation dalam meningkatkan Prestasi Olahraga. Prosiding Seminar Nasional, 160–168.
5. Aripin, R. R., Carsiwan, C., & Rahmat, A. (2024). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan bola basket. Jurnal Pedagogik Olahraga, 10(1), 53-60.
6. Astutik, F. S. P., & Fitri, R. (2019). Pengaruh Permainan Lola Kena Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Thaun di TK Aisiyyah Bustanul Athfal 25 Wage Sidoarjo. PAUD Teratai¸8(2): 1-6.
7. Babenko, O., & Mosewich, A. (2017). In sport and now in medical school: examining students' well-being and motivations for learning. International journal of medical education, 8, 336–342. https://doi.org/10.5116/ijme.59b7.8023
8. Creswell, J.W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
9. Dinarta, Bayu Mardika. "Penggunaan Modifikasi Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 10 Pada Mata Pelajaran PJOK Di SMK Negeri 1 Jember." Jurnal Buana Pedagogi Olahraga 1.1 (2021): 33-43.
10. Ernawati, E., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bola basket dikelompokan B2 TK Islam Mutiara Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 53-60.
11. Ernawati, E., Marwah, M., & Kurniati, A. (2021). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Kreasi Boi Di Desa Batubanawa Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Lentera Anak, 2(2), 45–53
12. Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah, 1-10
13. Gallahue, D. (1989). Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents (Second Edi). Benchmark Press.
14. Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
15. Hasanah, Usni, M., Hasibuan, Z., Yuliawan, E., & Olahraga, K. (2023). Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Praktik Atletik di SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Score, 3(1), 27–34.
16. Hasvivi, F. (2017). Hubungan Tingkat kepercayaan Diri dan Motivasi dengan keterampilan gerak dasar sepak Bola Pada Siswa Ekstrakulikuler Di SMA Negeri 1 KotaAgung Tanggamus (Doctoral dissertation, FKIP).
17. Hayati, Siti Nur, and Taufiq Hidayat. "Pengaruh Modifikasi Bola Plastik Dalam Pembalajaran Bolavoli Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Torjun." STAND: Journal Sports Teaching and Development 4.1 (2023): 43-47.
18. Heni, S. (2015). Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket Di SMA Kolombo Sleman. In Yogyakarta, Fakultas Ilmu Keolahragaan (Vol. 53, Issue 9).
19. Hermanto, R. P. P. (2017). Motivasi Siswa Kelas Olahraga Mengikuti Latihan Di Smp Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 SKRIPSI. In Diponegoro Journal of Accounting (Vol. 2, Issue 1).
20. Hidayati, N. (2022). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Motivasi dan Keterampilan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 8(3), 201-210.
21. Hurlock Elizabeth B. (1997). Perkembangan Anak (D. Agus (ed.); Keenam). Penerbit Erlangga
22. Husdarta, J. S., & Saputra, Y. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
23. Kurniawan, R. (2018). Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 311–320. https://doi.org/10.21009/jpud.122.12
24. Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
25. Mahardika, I. M. S. U. (2023). Metodologi Penelitian. Surabaya: Unesa University Press
26. Magil, R. (2011). Motor Learning and Control. McGraw-Hill.
27. Mappier, A. (2019). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
28. Mielke, D. (2007). Dasa-dasar sepakbola. Bandung: Pakar raya.
29. Muchlisin, R. (2022). Kemampuan Motorik (Gerak) - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Unsur. Www.Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2022/05/blog-post.html
30. Muhajir. (2004). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
31. Oliver, J. (2017). Basketball fundamental. USA: Human kinetcs
32. Pang, A. W. Y., & Fong, D. T. P. (2009). Fundamental motor skill proficiency of Hong Kong children aged 6-9 Years. Research in Sports Medicine, 17(3), 125–144. https://doi.org/10.1080/15438620902897516
33. Pangestu, D. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 123-130.
34. Pradaya, B., Admojo, I. R. W., & Dewi, N. K. (2022). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan modifikasi bola basket pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan, 6(1), 17-29.
35. Reswari, A. (2022). Efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17-29.
36. Rohfirsta, F., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analysis of gross motor development of children aged 4-5 years through the implementation of the Smart Basket game. EduBasic Journal, 6(1), 17-29.
37. Rumhadi, Tri. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran The Urgent Of Motivation In Learning Process. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1)
38. Saichudin, & Munawar, S. A. R. (2019). Buku Ajar BolaBasket. Malang: Wineka Media
39. Sampurno, H. W., & Qohhar, W. (2020). Perbandingan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Shooting Bola. Basket. PHYSICAL ACTIVITY JOURNAL, 1(2)
40. Santrock, J. . (2012). Life - Span Development (Perkembangan Masa Hidup) (N. I. Sallama (ed.); Jilid 1). Erlangga.
41. Sari, R. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Anak dalam Berolahraga. Jurnal Olahraga, 15(1), 45-52.
42. Ja’fad, S. M., & Siantoro, G. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Berlatih Bola Basket SMA Budi Utomo Prambon. Jurnal Prestasi Olahraga, 2(1), 47–51.
43. Setiawan, V. (2022). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Basket Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Siswa. Jurna; Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(3)
44. Sitepu, I. P. (2018). Manfaat Permainan Bola Baslet Untuk Anak Usia Dini. Jurnal prestasi, 2(3).
45. Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
46. Sujiono, Bambang. (2009). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas
47. Sukestiyarno, YL (2014). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
48. Sundayana, I. M., Aryawan, K. Y., Fransisca, P. C., & Astriani, N. M. D. Y. (2020). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun dengan Kegiatan Montase. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 446–455. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1052
49. Supriyadi, A. (2019). Pentingnya Aktivitas Fisik dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(1), 67-75.
50. Theobald, M., Danby, S., Einarsdottir, J., & Bourne, J. (2015). Children's perspectives of play
51. and learning for educational practice. Education Sciences, 5(4), 345-362. https://doi.org/10.3390/educsci5040345
52. Wardana, B. I. (2018). Pengaruh Latihan Sistem Pos Terhadap Ketepatan Chest Pass Pada Tim Bola Basket Putri SMA Negeri 2 Batang Hari. Physical Education, Health and Recreation, 2(2)
53. Wissel, Hal. (2009). Bola Basket: Dilengkapi dengan Program Pemahiran Teknik dan Taktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
54. Wulandari, D. (2021). Model Pembelajaran Olahraga untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 88-95.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 77
,
PDF Downloads: 42
