PENGARUH ALAT BANTU MATRAS BIDANG MIRING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN ROL DEPAN DALAM MATERI SENAM LANTAI PADA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA 1
Keywords:
Matras Bidang Miring, Rol Depan, Senam Lantai, Siswa SMA., Inclined Mat, Forward Roll, Floor Gymnastics, High School Students.Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh alat bantu matras bidang miring terhadap hasil pembelajaran rol depan dalam materi senam lantai pada siswa SMA Labschoool Unesa 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Sampel terdiri dari 13 siswa perempuan pada kelas 10. Latihan rol menggunakan matras bidang miring diberikan selama 4 minggu dengan 3x pertemuan setiap minggunya yakni senin, rabu,dan jum’at, sehingga total 12 pertemuan. Penilaian kemampuan rol depan dilakukan sebelum dan sesudah treatment menggunakan kriteria penilaian rol depan yang sudah divalidasi oleh juri nasional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan rol depan para siswa setelah diberikan perlakuan. Nilai pretest berkisar 4,20 sedangkan nilai posttest berkisar 7,55 yang menunjukkan peningkatan kemampuan siswa pada saat melakukan rol depan setelah diberikan perlakuan.
Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan diperoleh nilai signifikansi pada data pretest maupun posttest yang lebih besar dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kedua set data tersebut memenuhi asumsi distribusi normal. Uji hipotesis berdasarkan hasil analisis menggunakan uji paired samples t-test, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang berada di bawah taraf signifikansi yang telah ditetapkan sebesar 0,05.
Kondisi ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (H₁) diterima. Perbedaan ini mengindikasikan bahwa perlakuan yang diberikan, yaitu penggunaan matras bidang miring, mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan rol depan.
Kesimpulannya, penggunaan matras bidang miring terbukti efektif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan rol depan siswa SMA Labschool Unesa 1, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan keterampilan setelah diberikan perlakuan serta hasil uji statistik yang mendukung penerimaan hipotesis alternatif. Dengan demikian, matras bidang miring dapat dijadikan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan keterampilan senam lantai.
Abstract
This study aims to analyze the effect of using an inclined mat as a learning aid on forward roll performance in floor gymnastics among students of SMA Labschool Unesa 1. The research employed an experimental method with a pretest-posttest design. The sample consisted of 13 female students in the 10th grade. Forward roll training using the inclined mat was conducted over four weeks with three sessions per week (Monday, Wednesday, and Friday), totaling twelve sessions. The assessment of forward roll performance was carried out before and after the treatment using validated criteria evaluated by a national-level judge.
The results showed a significant improvement in the students’ forward roll ability after the treatment. The pretest scores were lower compared to the posttest scores, indicating an enhancement in the students’ performance after practicing with the inclined mat. The Shapiro-Wilk normality test indicated that both pretest and posttest data were normally distributed, as the significance values were greater than 0.05. Furthermore, the paired samples t-test analysis yielded a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.000, which was below the 0.05 threshold.
This condition confirmed that the null hypothesis (H₀) was rejected and the alternative hypothesis (H₁) was accepted. These findings indicate that the use of the inclined mat had a positive and significant effect on improving students’ ability to perform the forward roll.
In conclusion, the use of the inclined mat proved to be effective and significant in enhancing forward roll skills among SMA Labschool Unesa 1 students. This improvement was evident through the increased performance after treatment and the statistical results supporting the acceptance of the alternative hypothesis. Therefore, the inclined mat can be recommended as an appropriate learning method to improve floor gymnastics skills.
Downloads
References
Diky Hadyansah, Wiguna, M., & Budiman, A. (2024). Application of Dominant Movement Patterns in Front Roll Learning. Journal of Physical and Outdoor Education, 6(1), 59–64. https://doi.org/10.37742/jpoe.v6i1.257
Fatkhurohman, F. (2022). Penggunaan Media Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri Plosowangi. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 276–281. https://doi.org/10.51878/elementary.v2i4.1721
Fauzi Antoni, M., & Sudarso. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Dan Tingka Kecemasan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 07(02), 180.
Felisa, V. (2025). Alat bantu matras bidang miring terhadap hasil belajar roll depan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA NEGERI 2 JARAN 2024 / 2025 Landak. 05(2), 99–107.
Hartati, S. (2012). yang menegaskan bahwa sudut kemiringan pada matras membantu siswa dalam melakukan gerakan rotasi tubuh secara lebih terarah, memberikan rasa aman saat latihan, dan meningkatkan kepercayaan diri.
I Made Sri Undy Mahardika, A. E. R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dan Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 20–24.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Mahendra, A., & Abdul, B. (2021). Buku Panduan Guru dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.
Mkaouer, B., Hammoudi-Nassib, S., Amara, S., & Chaabène, H. (2018). Evaluating the physical and basic gymnastics skills assessment for talent identification in men’s artistic gymnastics proposed by the International Gymnastics Federation. Biology of Sport, 35(4), 383–392. https://doi.org/10.5114/biolsport.2018.78059
Mohammad, I., Purwaningsih, I. R., & Sumarno, A. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Boy-boyan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 2 Majalaya Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(24), 355–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.7486641
Munkácsi, I., Kalmár, Z., Hamar, P., Katona, Z., & Dancs, H. (2012). Role of motivation in artistic gymnastics by results of a questionnaire based international survey. Journal of Human Sport and Exercise, 7(1 SPECIAL ISSUE). https://doi.org/10.4100/jhse.2012.7.Proc1.11
Natalis Nggaa, P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 32–38. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index
Priyono, A. A. & B. (2022). Modifikasi Matras Lantai dalam Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan dan Roll Belakang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(3), Hal. 424-429. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Putri Cindy Framellya, Mulyadi Mohammad, S. (2024). upaya meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan menggunakan media bantu matras bidang miring pada peserta didik kelas VII H SMPN 15 Semarang.
Riyanto, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Siswa Kelas Iv Semester II Sdn 1 Ngampelkulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(2), 262–273. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1914%0Ahttps://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/article/view/1914/1221
Syahputra, M. R. (2019). Peningkatan hasil belajar senam lantai. Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan Dengan Media Pembelajara "BUSKET" Pada Siswa Kelas VII B SMP NEGERI 3 KUDUS.
Wardani, A. A. K. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Roll Depan Melalui Pemanfaatan Alat Bantu Bidang Miring Pada Siswa Kelas VII C SMP NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.
Yulio Syahdan Siregar, A., & Widowati, A. (2022). Efektivitas Bidang Miring Pada Mata Pelajaran Senam Lantai Gerakan Rol Depan Siswa SDN 93 Kota Jambi Secara Blended Learning. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19209
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 21
,
PDF Downloads: 15
