PERAN PELATIH TERHADAP ATLET PERAIH MEDALI EMAS SEA GAMES KE-32 TAHUN 2023 DI KAMBOJA NOMOR LOMPAT JAUH PUTRI
Keywords:
peran, Pelatih, Atlet, Sea Games, Lompat Jauh, AtletikAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk menentukan peran pelatih terhadap atlet peraih medali emas Sea Games Kamboja pada cabang atletik lompat jauh putri.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Kota Semarang dan di Surabaya. Dilaksanakan mulai 10 Agustus 2024 hingga 10 Desember 2024. Sumber data dalam penelitian berasal dari data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran pelatih terhadap atlet peraih medali emas Sea Games Kamboja pada cabang atletik lompat jauh putri meliputi: 1. sebagai manajer yang mampu menguasai, mencatat, dan menyeleksi hal-hal umum yang mendukung performa atlet; 2. sebagai pelaksana latihan yang mampu melaksanakan proses latihan dengan segala macam ketentuan yang berkaitan dengan sikap dan kesinambungan kegiatan latihan; 3. dalam hubungan antara pelatih dan atlet, yang berkaitan dengan pendekatan, komunikasi, keterbukaan, dan bagian-bagian interaksi berbeda antara pelatih dan atlet yang dapat mendukung performa; 4. dalam menemukan dan memecahkan masalah yang belum tentu secara mendalam pada proses latihan, tetapi lebih pada bagian pribadi, lingkungan, dan kehidupan atlet. Dengan kesimpulan ini, dapat ditarik nilai-nilai yang dapat dilaksanakan secara jelas oleh seorang pelatih untuk terlibat dalam proses latihan demi mencapai tujuan prestasi.
Kata Kunci: Peran, Pelatih, atlet, Sea Games, Lompat Jauh, Atletik.
Abstract
This research has the objective The objectives to be achieved in this research are: to determine the role of the coach on the Cambodian Sea Games gold medalist athlete in the women's long jump. this research uses qualitative methods. the research was conducted in Semarang City and in Surabaya. conducted from 10 August 2024 to 10 December 2024. Data sources in the study came from primary data and secondary data. The data collection technique uses data triangulation, namely interviews, observation and documentation). The data analysis technique uses data reduction, data presentation and conclusions/verification. the conclusion of this study is that the role of the coach on the Cambodian Sea Games gold medalist athlete in the women's long jump covers: 1) as a manager who is able to master, record and select the general things that support the athlete's performance; 2) as a training executor who is able to carry out the training process with all kinds of provisions related to the attitude and continuity of training activities; 3) in the relationship between coaches and athletes, which is related to the approach, communication, openness and different parts of the interaction between coaches and athletes that can support performance; 4) in finding and solving problems that are not necessarily in the training process in depth, but rather in the personal, environmental and life parts of the athletes. with these conclusions, values can be drawn that can be clearly carried out by a coach to be involved in the training process to achieve achievement goals.
Keywords: Role, Coach, Athlete, Sea Games, Long Jump, Athletics.
Downloads
References
Abady, Nur Andi. (2019). Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Berjalan Diudara Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna Medan, 7 (1) 1-7.
Abdullah, P. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. 1 Ed. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1), 46–62.
Bahagia, Y. (2003). Pembelajaran Atletik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Basuki Wibowo. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Budi, M. P. (2015). Manajemen Pembinaan Atlet Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar (Pplp) Cabang Atletik Jawa Tengah Di Salatiga Tahun 2013. Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations, 4(4). 1772–1776.
Cahyati, S., Kusumawati, I., & Irianto, D. P. (2020). Gaya Kepemimpinan Pelatih Hapkido Daerah Istimewa Yogyakarta. Jsh: Journal Of Sport And Health, 1(2), 77-83.
Creswell. (2016). Penelitian Kualitatif Merupakan Penelitian Yang Mengeksplorasi Dan Memahami Makna Di Sejumlah Individu Atau Sekelompok Orang Yang Berasal Dari Masalah Social
Dela, Yufa Fatma., Nurrachmad, Limpad & Anam, Khoiril. (2022). Pola Dan Peran Komunikasi Interpersonal Antara Pelatih Dengan Atlet Dalam Meguatkan Motivasi Berprestasi Klub Woodball Kabupaten Grobogan. Spj : Sport Pedagogy Journal, 11 (2). 68-78.
Donie. (2018). Kepemimpinan Pelatih Dalam Pembinaan Olahraga Prestasi. Https://Doi.Org/Doi: 10.31227/Osf.Io/U2qwz
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Eddy Purnomo, Dapan. (2013). Dasar-Dasar Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Faisal, Fandu., Zulham., Syukur, Abdul., Safitri, Dini. (2018). Hubungan Komunikasi Dengan Prestasi Atlet. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (1). 97-108.
Firdaus, S. E. (2022). Peran Motivasi Sebagai Pemoderasi Pada Korelasi Kinerja Karyawan. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Cv Jejak.
Fuad, Anis & Sapto Kandung (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Hadi, Rubianto. (2011). Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter Atlet. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1 (1). 87-93).
Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga. (Teori Dan Metodologi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jawa Barat: Cv Jejak (Jejak Publisher).
Huda, M., & Riyanto, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Direktif Dan Gaya Kepemimpinan Konsultatif Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Koperasi Ksp Bhina Raharja Lamongan. Profit, 9(2), 10-19.
Ibrahim, M Izzat. (2015). Manajemen Pengelolaan Penyedia Jasa Pelatih Cabang Olahraga Di Kota Semarang Tahun 2013. Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreations, 4 (2). 1625-1632.
Iksan, Mohammad. (2012). Dukungan Sosial Pada Prestasi Dan Faktor Penyebab Kegagalan Siswa Smp Dan Sma. Tesis (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Irianto, D.P. (2018). Dasar-Dasar Latihan Olahraga Untuk Menjadi Atlet Juara. Bantul: Pohon Cahaya.
Isman, Raden Panji Mochamad Ageng., Imdupurnahayu & Aminda, Renea Shinta. (2020). Analisis Pengaruh Disiplin, Kepribadian Dan Pelatihan Terhadap Kompetensi (Studi Pada Peserta Pelatihan Di Balai Latihan Kerja Kota Bogor). Jurnal Manajemen(Edisi Elektronik), 11 (2). 162-178.
Jumrawarsi & Suhaili, Neviyarni. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2 (3). 50-54.
Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Antropologi Pokok-Pokok Etnografi Ii. Jakarta: Pt.Rineka Cipta.
Kurniawan, (2011), Budaya Percepatan Dan Percepatan Budaya, Visualita, Vol. 3 No.1, Bandung. Tersedia Di Https://Ojs.Unikom.Ac.Id (Diakses: 10 April 2018)
Kusuma, D. W. C. W., Salabi, M. And Marzuki, I. (2023). Karakter Fairplay Dalam Olahraga Sepak Bola: Perspektif Pelatih, Atlet, Dan Wasit. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), Pp. 52–61. Doi: 10.58258/Jime.V9i1.4187.
Lexy J. Moleong. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, : Bandung Pt Remaja Rosdakarya.
Maghfiroh, Rosita. (2011). Persepsi Prestasi Pada Anak Terlantar. Proposal penelitian (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Megi Tindangen, Daisy S.M Engka, P. C. W. (2017). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), Pp. 43–68. Doi: 10.1201/9781315368153-8.
Mikanda Rahmani. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.
Moedjiono, Imam. (2002). Kepemimpinan Dan Keorganisasian. Yogyakarta: Uii Press.
Monty P. (2002). Dasar-Dasar Psikologi Olahraga. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyono & Prasetyawan, Anang Tri. (2020). Mempelajari Peran Sosial Wanita Dalam Olahragalearning Women's Social Role In Sports. Jurnal Ilmiah Adiraga, 6 (2). 25-35.
Mylsidayu, A & Kurniawan, F. (2018). Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung: Alfabeta.
Navkaria, R. D., & Wijaya, F. J. M. (2021). Tingkat Pemahaman Pelatih Bolavoli Di Surabaya Terhadap Program Latihan Mental. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(11), 94-98.
Nugroho, Septian Adi. (2016). Gaya Kepemimpinan Pelatih Terhadap Kualitas Permainan Pemain Sepakbola (Studi Kasus Pada Ps Unnes Dan Ps Unika Tahun 2016). Proposal penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Nursyam, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Pendidik. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 5(1), 27-38.
Peter G Northouse. (2013). Kepemimpinan : Teori Dan Praktik. Jakata : Pt Indeks.
Permana, Lutfi. (2023). Pengaruh Variasi Latihan Terhadap Pengembangan Kebugaran Fisik: Tinjauan Literatur. Jurnal Edukasimu, 2 (1). 1-22.
Purnomo, E & Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Putra, Ghazali Indra. (2018). Analisis Peran Pelatih Terhadap Prestasi Bulutangkis Di Kabupaten Bungo. Jurnal Muara Olahraga, 1 (1). 1-13.
Rahim, Adam Abdul. (2011). Aplikasi Pendekatan Latihan Interval Teratur Dalam Meningkatkan Kemampuan Kecepatan Nomor Lari 100 Dan 200 Meter Pada Siswa Smp. Jurnal Ilara, Vol Ii, 1.
Ridhowi, Muhammad & Syafii, Imam. (2018). Analisi Pengetahuan Pelatih Sekolah Sepakbola Terhadap Pendekatan Latihan Holistik Di Kabupaten Jombang. Jurnal Prestasi Olahraga, 1 (3). 1-6.
Rizki, A., Subiyantoro, E., & Izzatus, D. (2023). Memaksimalkan Performa: Strategi Sukses Umkm Melalui Disiplin Mencatat. Prosiding Seminar Nasional Universitas Ma Chung (Senam), (Pp. 11-20).
Romadhon, Sandi Akbar, And Tri Rustiadi. (2016). Motivasi Dan Minat Masyarakat Dalam Berolahraga Sepeda Di Kota Semarang. Active: Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation 5(1). 24–28.
Rosdiani, D. (2013). Dinamika Olahraga Dan Pengembangan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Sabilla, Jenny Indra & Jannah, Miftakhul. (2017). Intimasi Pelatih-Atlet Dan Kecemasan Bertanding Pada Atlet Bolavoli Putri. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7 (2). 123-129.
Saputra, B. R. (2019). Strategi Pendekatan Peran Sebagai Pemimpin Dan Keluarga Yang Diterapkan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru Di Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), Pp. 122–129. Doi: 10.24246/J.Jk.2019.V6.I2.P122-129.
Sirait, Juniar & Noer, Khaerul Umam. (2021). Implementasi Kebijakan Keolahragaan Dan Peran Pemangku Kepentingan Dalam Peningkatan Prestasi Atlet. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 17 (1). 1-10.
Sholihah, Imroatus & Pudjijuniarto. (2021). Komunikasi Interpersonal Pelatih Terhadap Motivasi Berprestasi Atlet. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9 (1). 95-104.
Soekarso, Iskandar Putong. (2015). Kepemimpinan : Kajian Teoritis Dan Praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan Ke 23 Ed. Bndung: Alfabeta.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.
Sukadiyanto & Muluk, D. (2011). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Cv Lubuk Agung.
Sukirno. (2012). Dasar-Dasar Atletik Dan Latihan Fisik. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Suratmin. (2018). Pengantar Olahraga Rekreasi Dan Olahraga Pariwisata. Depok: Rajawali Pers.
Susanto, D., Risnita And Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Qosim : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), Pp. 53–61. Doi: 10.61104/Jq.V1i1.60.
Syah, Muhibbin. (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Syamsir, Torang. (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.
Syihabuddin, M. A. (2019). Subyek Kepemimpinan Transformasional Pada Lembaga Pendidikan Dasar. Jalie; Journal Of Applied Linguistics And Islamic Education, 2(1). 111-126.
Tabrani, M. D. (2018). Metode Kepemimpinan. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 86-100.
Tarwotjo Dan Harmanti. (2001). Ensiklopedi Umum
Tuwianto, Pratama Endra. (2018). Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Prestasi Klub Bola Voli Yuso Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Umam, Nasrul., Utami, Narastri I., Soeharto, Triana Noor Edwina Dewayani. (2020). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Disiplin Latihan Pada Remaja Yang Mengikuti Pencak Silat Di Perisai Diri Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umby.
Utomo, U. (2015). Survei Minat Terhadap Olahraga Rekreasi Melalui Car Free Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Kebugaran Jasmani Di Alun-Alun Jepara Tahun 2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Wicaksono, A. P. (2022). Politik Hukum Pemerintah Republik Indonesia Dalam Menyejahterakan Kehidupan Para Atlet (Olahragawan) Dan Mantan Atlet. Jurnal Bedah Hukum, 6(1), Pp. 44–56. Doi: 10.36596/Jbh.V6i1.773.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Pt.Indeks
Wijoyo, H. And Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), Pp. 166–174. Doi: 10.37577/Jp3m.V2i2.276.
Yahya Suryaditya, W., Nanda Hanief, Y. And Hariadi, I. (2024). Profil Gaya Kepemimpinan Pelatih Sepakbola Berlisensi C Afc Pada Akademik Arema Fc Dan Akademik Asifa Kota Malang. Jurnal Peminat Olahraga, 1, pp. 106–128.
Yasin, Rhaina., Anjani, Raden Roro Kirani Annisa., Salsabila, Salwa., Rahmayanti, Tania., Amalia, Rizki. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Kesehatan Mentaldan Fisik Remaja: A Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3 (2). 82-90.
Yuniarti & Trisnawati, Ika Kana. (2018). Peningkatan Kemampuan Mencatat (Note Taking) Teks Bahasa Inggris Dengan Format Cornell. Jurnal Visipena, 9 (2). 247-260.
Yusra, Z., Zulkarnain, R. And Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), Pp. 15–22. Doi: 10.33369/Joll.4.1.15-22.
Yusra, Z., Zulkarnain, R. And Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), Pp. 15–22. Doi: 10.33369/Joll.4.1.15-22.
Zuldafrial, Muhammad, Lahir. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta : Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 15
