PENGARUH METODE LATIHAN BERBASIS GAME-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK SHOOTING ANAK USIA 11-12 TAHUN SEKOLAH SEPAK BOLA PUTRA EVO AGUNG

Authors

  • haris ramadana universitas negeri surabaya

Keywords:

Kata Kunci: Game-Based Learning, Sepak Bola, Kemampuan Shooting

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode Game-Based Learning terhadap peningkatan teknik shooting anak usia 11–12 tahun di Sekolah Sepak Bola Putra Evo Agung. Sepak Bola adalah olahraga yang sangat populer secara global, dan shooting merupakan teknik fundamental yang krusial untuk mencetak gol.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra – eksperimen, khususnya desain onegroup pretest dan posttest. Desain ini memungkinkan pengukuran perubahan kemampuan shooting setelah intervensi. Subjek penelitian adalah 16 pemain laki–laki berusia 11–12 tahun dari SSB Putra Evo Agung, yang lahir antara tahun 2013–2014. Data dikumpulkan menggunakan tes Shooting at the Ball yang dimodifikasi, yang dikembangkan oleh Fauzi (2009). Modifikasi tersebut meliputi penambahan papan rebound untuk mensimulasikan situasi bola dinamis. Analisis statistik deskriptif menunjukan peningkatan skor shooting rata – rata dari pretest (15.56) ke posttest (29.75), disertai penurunan standar deviasi dan varians, yang mengindikasikan performa yang lebih homogen setelah intervensi. Uji normalitas (Shapiro – Wilk) mengkonfirmasi bahwa data pretest dan posttest terdistribusi normal (Sig. > 0,05). Uji-t sampel berpasangan menunjukan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest (Sig. (2 – tailed) = 0.001, yang kurang dari 0.05). Hal ini menunjukan bahwa metode Game-Based Learning memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan shooting pemain.

Abstrac

This study investigates the influence of the Game-Based Learning (GBL) method on improving the shooting technique of 11–12 years old childern at the Putra Evo Agung Football School. Football is a globally popular sport, and shooting is a fundamental technique crucial for scoring goal. The research employed a quantitative approach with a pre-experimental design, specifically a one-group pretest and posttest design. This design allows for the measurement of changes in shooting ability after the intervention. The study subjects were 16 male players aged 11–12 years old from SSB Putra Evo Agung, born between 2013–2014. Data was collected using a modified Shooting at the Ball test developed by Fauzi (2009). The modification included adding a rebound board to simulate dynamic ball. Descriptive statistical analysis showed an increase in the mean shooting score from pretest (15.56) to posttest (29.75), along with a decrease in the standard deviation and variance, indicating more homogeneous performance after the intervention. Normality tests (Shapiro – Wilk) confirmed that both pretest and posttest data were normally distributed (Sig. > 0.05). A paired sample t–test revealed a significant difference between pretest and posttest scores (Sig. (2 – tailed) = 0.001, which is less than 0.05). This indicates that the Game – Based Learning method had a significant positive impact on the shooting ability of the players.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

haris ramadana, universitas negeri surabaya

 

 

References

Aprilianto, M. V., & Fahrizqi, E. B. (2020). Tingkat kebugaran jasmani anggota ukm futsal universitas teknokrat indonesia. J. Phys. Educ, 1(1), 1-9.

Alkali, M., Ikehi, M. E., & Okoye, R. N. (2016). Teaching agricultural science with instructional materials in secondary schools; what the standard deviation explains about the mean achievement scores. Creative Education, 7(14), 1929-1934.

Arifin, Muhammad, ‘Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan’, Implementation Science, 39.1 (2014), 1

Atiq, Ahmad, and Muhammad Fachrurrozi Bafadal Program Studi Pendidikan Jasmani Fkip Untan Pontianak, ‘Keterampilan Teknik Dasar Sepak Bola Usia 10-12 Tahun Ssb Kodam Xii Tanjungpura’, Jurnal Pendidikan Dan PembelajaranKhatulistiwa(JPPK),10.12(2021) <https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/50937>

Azrul Azwira, and others, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola’, Jurnal Porkes, 6.1 (2023), 246–65 <https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.16742>

Daral Fauzi, R., 2009. Tes Keterampilan Sepak Bola Usia 10-12 Tahun. Jakarta: Pusat.Pengembangan Kualitas Jasmani.

Ghozali, I. (2023). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 29. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Sri, and Praise Milie, ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Whatsapp Group Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Dalam Deteksi Dini Preeklampsia Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Kebidanan, 12.02 (2020), 217 <https://doi.org/10.35872/jurkeb.v12i02.394>

Hasibuan, Ahmad Riady, and Putri Rizki Syafrayani, ‘Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Shooting Sepak Bola Di Pendidikan, 5.3 (2024), 272–80 <https://doi.org/10.30596/jppp.v5i3.20140>

Hidayat, Rahmat, ‘Game-Based Learning: Academic Games Sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan’, Buletin Psikologi, 26.2 (2018), 71 <https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.30988>

Husni, Muqopa Mahardi, and Hendri Irawadi, ‘Pengaruh Latihan Shooting Dengan Bola Jalan Dan Shooting Bola Diam Terhadap Akurasi Tendangan Ke Gawang Muqopa Mahardi Husni, Hendri Irawadi’, Jurnal Patriot, 1.2 (2019), 508–20

Ishak, M. (2017). Pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar shooting ke gawang dalam permainan sepakbola. utile: Jurnal Kependidikan, 3(1), 1-8.

Jarrett, Kendall, Serge Eloi, and Stephen Harvey, ‘Teaching Games for Understanding (Tgfu) As a Positive and Versatile Approach To Teaching Adapted Games’, European Journal of Adapted Physical Activity,7.1(2014),6–20 <https://doi.org/10.5507/euj.2014.001>

Luh, Ni, Putu Andika, Ketut Agustini, and I Gde Wawan Sudatha, ‘Studi Literatur Review : Peran Media Game Based Learning Terhadap Pembelajaran’, 14.1 (2025), 799–812

Mulyana, Rama Budi, and Syafii, Imam, ‘Penerapan Filosofi Sepakbola Indonesia Di Wilayah, ‘Jurnal Prestasi Olahraga, 6.1 (2023), 20–24

Mariadi, S. (2023). Pengaruh Variasi Latihan Berbasis Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Sepak Bola. Marathon: Jurnal Pendidikan Jasmani Universitas Tanjungpura, 2(2), 87-96.

Oktavia, Ririn, ‘Game Based Learning Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa’, OSF Preprints, 2022, 1–7

Putra, Britta Fernanda, ‘Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Sepak Bola Pelindo III U-13 Tahun 2021 Kota Surabaya’, Jurnal Kesehatan

Olahraga, 09 (2021), 9–16<https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan olahraga/article /view/41797>

Putro Suryo Aji, Waskito, ‘Analisis Keterampilan Shooting Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Unimuda Sorong’, Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4.Februari (2024), 139–47

Sulistio, Dadang, Sugiyanto, and Defliyanto, ‘Analisis Kemampuan Teknik Dasar Passing, Dribbling, Dan Shooting Pada Pemain Sepak Bola Ssb Putra U 10-12 Tahun Di Kabupaten Kaur’, Kinestetik, 3. (2019),24148<https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8997>

Tomi, Septian Ian, ‘Pengaruh Variasi Latihan Berbasis Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Sepak Bola’, Jurnal Marathon, 1.2 (2023), 74 <https://doi.org/10.26418/jmrthn.v1i2.65155>

Utomo Priyo Nugroho, and Indarto Pungki, ‘Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing Dalam Sepak Bola, ‘Jurnal Porkes, 4.2 (2021), 87–94

Wisaksono Hendro, ‘Keterampilan, and Bermain Sepakbola, ‘(Jurnal Kepelatihan Olahraga, Volume 7, No. 2 Desember 2015)’, 7.2 (2015), 82–98

Wiyasa, ‘Model Pembelajaran Permainan Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9.1 (2013), 53–57

Wulandari Ayu Sekar , & Safitri Sani. (2024). Penerapam Metode Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Dalam Materi Sejarah Bandung Lautan Api di Kelas XI IPS Sma Negeri 4 Pagar Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 34–41

Zyra, Sidra Nur, Trian Pamungkas Alamsyah, and Rina Yuliana, ‘Penggunaan E- Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar’, Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,15.2 (2022),97–106 <https://doi.org/10.33369/pgsd.15.2.97-106

Downloads

Published

2025-11-20
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0