PENGUJIAN SISTEM INJECTION ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI

Authors

  • YUSUF NOVRIJAL

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrm.v3i01.13656

Abstract

Abstrak

Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin modern khususnya di bidang otomotif. Yamaha dengan teknologinya Yamaha Mixture JET-FI terus mengembangkan teknologinya tersebut yang diterapkan pada kendaraan roda dua. Teknologi Yamaha Mixture JET-FI memiliki beberapa kelebihan yaitu emisi gas buang lebih ramah lingkungan, bahan bakar lebih efisien dan irit 30% dan responsif. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk membuat engine trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI untuk dilakukan pengujian sistem injection, agar mahasiswa dapat mengetahui tentang sistem injection pada engine trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI, membantu meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah praktik sepeda motor dan motor kecil, karena kurangnya media pembelajaran tentang sistem injection Yamaha Mio-J YMJET-FI. Pada konsep pengujian Yamaha Mio-J YMJET-FI Engine TrainerĀ  ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen sistem EFI pada Yamaha Mio-J YMJET-FI, prosedur penggunaan Diagnosis Tool Yamaha. Pengujian yang dilakukan pada Engine Trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI menggunakan Diagnostic Tool Yamaha adalah pengujian sistem injection. Hasil pengujian sistem injection Engine Trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-FI) menggunakan scan tool CStory (kerusakan yang pernah terjadi) pada sistem injection didapatkan hasil 0.0, karena pada sistem injection tidak pernah terjadi kerusakan pada motor Yamaha Mio-J YMJET-FI yang artinya injector masih dalam kondisi normal, karena pada saat pengujian menggunakan scan tool injector masih berbunyi 3 kali yang artinya injector menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar.

Kata Kunci: Sistem Injection, Engine Trainer, Yamaha Mio-J YMJET-FI.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-12-29

How to Cite

NOVRIJAL, Y. (2015). PENGUJIAN SISTEM INJECTION ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI. Jurnal Rekayasa Mesin, 3(01). https://doi.org/10.26740/jrm.v3i01.13656
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 85