PENGUJIAN SISTEM INJECTION ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI

  • YUSUF NOVRIJAL

Abstract

Abstrak

Di era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin modern khususnya di bidang otomotif. Yamaha dengan teknologinya Yamaha Mixture JET-FI terus mengembangkan teknologinya tersebut yang diterapkan pada kendaraan roda dua. Teknologi Yamaha Mixture JET-FI memiliki beberapa kelebihan yaitu emisi gas buang lebih ramah lingkungan, bahan bakar lebih efisien dan irit 30% dan responsif. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk membuat engine trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI untuk dilakukan pengujian sistem injection, agar mahasiswa dapat mengetahui tentang sistem injection pada engine trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI, membantu meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah praktik sepeda motor dan motor kecil, karena kurangnya media pembelajaran tentang sistem injection Yamaha Mio-J YMJET-FI. Pada konsep pengujian Yamaha Mio-J YMJET-FI Engine TrainerĀ  ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen sistem EFI pada Yamaha Mio-J YMJET-FI, prosedur penggunaan Diagnosis Tool Yamaha. Pengujian yang dilakukan pada Engine Trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI menggunakan Diagnostic Tool Yamaha adalah pengujian sistem injection. Hasil pengujian sistem injection Engine Trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-FI) menggunakan scan tool CStory (kerusakan yang pernah terjadi) pada sistem injection didapatkan hasil 0.0, karena pada sistem injection tidak pernah terjadi kerusakan pada motor Yamaha Mio-J YMJET-FI yang artinya injector masih dalam kondisi normal, karena pada saat pengujian menggunakan scan tool injector masih berbunyi 3 kali yang artinya injector menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar.

Kata Kunci: Sistem Injection, Engine Trainer, Yamaha Mio-J YMJET-FI.

Published
2015-12-29
How to Cite
NOVRIJAL, Y. (2015). PENGUJIAN SISTEM INJECTION ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI. Jurnal Rekayasa Mesin, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/13656
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 76