Analisis Laju Aliran Fluida Menggunakan Software Ansys Pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber

Authors

  • Kevin Firdaus Jalakusuma Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya
  • Arya Mahendra Sakti Universitas Negeri Surabaya
  • Andita Nataria Fitri Ganda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrm.v9i01.60377

Keywords:

Intake Manifold, Pressure, Velocity

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek. Salah satu tim yang berpartisipasi adalah Tim Garnesa Racing Team dengan pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Penurunan performa ini disebabkan oleh kinerja intake manifold yang kurang optimal melalui analisisaliran fluida. Penelitian ini bertujuan memodifikasi intake manifolddengan mempertimbangkan dimensi dan variabel aliran seperti tekanan dan kecepatan udara. Metode yang digunakan adalah analisis menggunakan software simulasi dengan model turbulensi K-epsilon Reliaezable. Bahan intake manifold yang digunakan adalah Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf)dengan kepadatan 1450 kg/m³, kepadatan udara 1.225 kg/m³, dan kecepatan awal 0,137 m/s. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intake manifold modifikasi dengan panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan variasi lainnya, dengan tekanan 2,195 × 10^(-1) Pa dan kecepatan 6,088 × 10^(-1) m/s. Kesimpulannya, variasi panjang 8 cm pada intake manifold dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe untuk meningkatkan kinerja mesin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, B. (2020). Pengujian Mesin Yanmar L48 pada Daerah Operasi Econo-Drive. 16–19. Canonsburg, T. D. (2010). ANSYS Workbench User’s Guide. 15317(November), 724–746.

Hotama, M. (2011). Studi Karakteristik Laju Aliran Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Beberapa Variasi Intake Manifold Motor

Yamaha Vega. 2–7.

Li, Z., & Li, X. (2020). Structural Design and CFD Analysis of Engine Plastic Intake Manifold. Journal of Physics: Conference Series, 1605(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1605/1/012084 Prichard, P., & Leylegian, J. (2006). INTRODUCTION TO FLUID MECHANICS (8th ed., Vol. 91).

John Wiley & Sons, Inc. Reksowardojo, I. K., Firmansyah, E., Dwiyantoro, B. A., Widhiyanuriyawan, D., Baskoro, A. S., & Witantyo. (2021). Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2021. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi, 5. Sarfaraj, S., Gajinkar, A., Khare, I., Singh, M., &

Jadhav, H. (2020). Selection of Additive Manufacturing Technology for Optimized Intake Manifold: a Review. PalArch’s Journal

of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(9 SE-), 4270–4300. Diambil darihttps://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/4602

Septian Effendi, A., & Prijo Budijono, A. (2023). ANALISIS CELAH KATUP INTAKE DAN PANJANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN YANMAR L48N6. JURNAL TEKNIK MESIN, Vol 11 No, 6–11. Valiavalappil, A. (2021). Numerical and computational fluid dynamics analysis of airflow in the air intake manifold of a 1.8L engine with respect to different intake velocity. Yanbu Journal of Engineering and Science, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.53370/001c.28092

Williams, C. B., & Ilardo, R. (2010). Design andmanufacture of a Formula SAE intake system using fused deposition modeling and fiber-

reinforced composite materials. Rapid Prototyping Journal, 16(3), 174–179. https://doi.org/10.1108/13552541011034834

Young, D., Bruce, M., Okiishi, T., & Huebsch, W. (2011). Introduction to Fluid Mechanics (5th ed.; J. Welter, ed.). Jhon Wiley & Sonc Inc.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Jalakusuma, K. F., Utama, F. Y., Sakti, A. M., & Ganda, A. N. F. (2024). Analisis Laju Aliran Fluida Menggunakan Software Ansys Pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber. Jurnal Rekayasa Mesin, 9(01), 241–246. https://doi.org/10.26740/jrm.v9i01.60377
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 28