Analisis Laju Aliran Fluida Menggunakan Software Ansys Pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrm.v9i01.60377Keywords:
Intake Manifold, Pressure, VelocityAbstract
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek. Salah satu tim yang berpartisipasi adalah Tim Garnesa Racing Team dengan pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Penurunan performa ini disebabkan oleh kinerja intake manifold yang kurang optimal melalui analisisaliran fluida. Penelitian ini bertujuan memodifikasi intake manifolddengan mempertimbangkan dimensi dan variabel aliran seperti tekanan dan kecepatan udara. Metode yang digunakan adalah analisis menggunakan software simulasi dengan model turbulensi K-epsilon Reliaezable. Bahan intake manifold yang digunakan adalah Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf)dengan kepadatan 1450 kg/m³, kepadatan udara 1.225 kg/m³, dan kecepatan awal 0,137 m/s. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intake manifold modifikasi dengan panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan variasi lainnya, dengan tekanan 2,195 × 10^(-1) Pa dan kecepatan 6,088 × 10^(-1) m/s. Kesimpulannya, variasi panjang 8 cm pada intake manifold dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe untuk meningkatkan kinerja mesin.
Downloads
References
Arifin, B. (2020). Pengujian Mesin Yanmar L48 pada Daerah Operasi Econo-Drive. 16–19. Canonsburg, T. D. (2010). ANSYS Workbench User’s Guide. 15317(November), 724–746.
Hotama, M. (2011). Studi Karakteristik Laju Aliran Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Beberapa Variasi Intake Manifold Motor
Yamaha Vega. 2–7.
Li, Z., & Li, X. (2020). Structural Design and CFD Analysis of Engine Plastic Intake Manifold. Journal of Physics: Conference Series, 1605(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1605/1/012084 Prichard, P., & Leylegian, J. (2006). INTRODUCTION TO FLUID MECHANICS (8th ed., Vol. 91).
John Wiley & Sons, Inc. Reksowardojo, I. K., Firmansyah, E., Dwiyantoro, B. A., Widhiyanuriyawan, D., Baskoro, A. S., & Witantyo. (2021). Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2021. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi, 5. Sarfaraj, S., Gajinkar, A., Khare, I., Singh, M., &
Jadhav, H. (2020). Selection of Additive Manufacturing Technology for Optimized Intake Manifold: a Review. PalArch’s Journal
of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(9 SE-), 4270–4300. Diambil darihttps://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/4602
Septian Effendi, A., & Prijo Budijono, A. (2023). ANALISIS CELAH KATUP INTAKE DAN PANJANG INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN YANMAR L48N6. JURNAL TEKNIK MESIN, Vol 11 No, 6–11. Valiavalappil, A. (2021). Numerical and computational fluid dynamics analysis of airflow in the air intake manifold of a 1.8L engine with respect to different intake velocity. Yanbu Journal of Engineering and Science, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.53370/001c.28092
Williams, C. B., & Ilardo, R. (2010). Design andmanufacture of a Formula SAE intake system using fused deposition modeling and fiber-
reinforced composite materials. Rapid Prototyping Journal, 16(3), 174–179. https://doi.org/10.1108/13552541011034834
Young, D., Bruce, M., Okiishi, T., & Huebsch, W. (2011). Introduction to Fluid Mechanics (5th ed.; J. Welter, ed.). Jhon Wiley & Sonc Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 154
,
PDF Downloads: 28







