Analisis Laju Aliran Fluida pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber

  • Kevin Firdaus Jalakusuma Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya
  • Arya Mahendra Sakti Universitas Negeri Surabaya
  • Andita Nataria Fitri Ganda Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah ajang untuk inovasi efisiensi energi dan ramah lingkungan yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbudristek. Salah satu tim yang berpartisipasi adalah Tim Garnesa Racing Team dengan pencapaian konsumsi bahan bakar sebesar 165,25 km/l, 135 km/l, dan 112 km/l. Penurunan performa ini disebabkan oleh kinerja intake manifold yang kurang optimal melalui analisis aliran fluida. Penelitian ini bertujuan memodifikasi intake manifold dengan mempertimbangkan dimensi dan variabel aliran seperti tekanan dan kecepatan udara. Metode yang digunakan adalah analisis menggunakan software simulasi dengan model turbulensi K-epsilon Reliaezable. Bahan intake manifold yang digunakan adalah Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf) dengan kepadatan 1450 kg/m³, kepadatan udara 1.225 kg/m³, dan kecepatan awal 0,137 m/s. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa intake manifold modifikasi dengan panjang 8 cm memiliki kinerja lebih baik dibandingkan variasi lainnya, dengan tekanan 2,195 × 10^(-1) Pa dan kecepatan 6,088 × 10^(-1) m/s. Kesimpulannya, variasi panjang 8 cm pada intake manifold dapat dijadikan referensi utama dalam pembuatan prototipe untuk meningkatkan kinerja mesin.

Kata kunci: Intake Manifold, Pressure, Velocity.

The Energy Efficient Car Contest (KMHE) is an event for energy efficiency and environmentally friendly innovations organized by the Ministry of Education and Culture's Puspresnas. One of the participating teams is the Garnesa Racing Team with fuel consumption achievements of 165.25 km/l, 135 km/l and 112 km/l. This decrease in performance is caused by less than optimal intake manifold performance through fluid flow simulation. This research aims to modify the intake manifold by considering dimensions and flow variables such as pressure and air speed. The method used is analysis using simulation software with the K-epsilon Reliable turbulence model. The intake manifold material used is Polyamide Carbon Fiber (Pa-Cf) with a density of 1450 kg/m³, air density of 1,225 kg/m³, and an initial speed of 0.137 m/s. The results obtained show that the modified intake manifold with a length of 8 cm has better performance than other variations, with a pressure of 2.195 × 10^(-1) Pa and a speed of 6.088 × 10^(-1) m/s. In conclusion, variations in the length of 8 cm on the intake manifold can be used as the main reference in making prototypes to improve engine performance.

Keywords: Intake Manifold, Pressure, Velocity.

Published
2024-03-25
How to Cite
Jalakusuma, K., Utama, F., Sakti, A., & Ganda, A. (2024). Analisis Laju Aliran Fluida pada Prototype Intake Manifold Engine Yanmar L48N6 Berbahan Carbon Fiber. Jurnal Rekayasa Mesin, 9(01), 241-246. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/60377
Abstract Views: 0