PERENCANAAN SISTEM INSTRUMENTASI PADA RANCANG BANGUN ALAT PENGUJI EFISIENSI WIRE AND TUBE HEAT EXCHANGER

  • TITO DWI PUTRA

Abstract

Mata kuliah perpindahan panas merupakan mata kuliah penting di Jurusan Teknik Mesin yang memberikan dasar-dasar perpindahan panas di bidang teknik produksi dan otomotif yang keberadaanya perlu didukung dengan laboratorium. Namun kenyataanya sekarang belum ditunjang dengan peralatan dan media pembelajaran yang memadai. Padahal penggunaan media kegiatan praktek sangat berpotensial untuk membantu proses belajar mengajar serta meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Di samping itu juga pentingnya sistem instrumentasi pada alat penguji penukar panas yang akan mengukur suhu di permukaan pembuluh dan kawat. Maka dari itu diperlukannya sebuah alat “Rancang Bangun Wire and Tube Heat Exchanger Trainer”.

Dalam perencanaan sistem instrumentasi pada alat penukar panas, langkah awal yang dilakukan adalah menentukan tahap proses pembuatan alat, sehingga dapat mengetahui cara kerja sistem instrumentasi yang bekerja pada alat tersebut. Sampai didapat elemen dasar dari pengujian tersebut, seperti diantaranya, mengetahui suhu keluar dan masuk.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem instrumentasi dapat dirancang dengan baik sehingga dapat mendukung bekerjanya alat tersebut. Dari hasil uji coba diperoleh bahwa alat penguji dapat mengukur temperatur permukaan permukaan panas secara bersamaan, dimana dengan kenaikan temperatur fluida masuk dari 50°C, 60°C, dan 70°C. Temperatur fluida masuk berpengaruh terhadap kapasitas penukar panas, hal ini terbukti penukar panas akan bekerja maksimal pada suhu 70°C yang menghasikan kapasitas penukar panas yang paling baik sebesar 24 watt dan menghasilkan efisiensi sirip sebesar 0,66.

Kata Kunci : Sistem Instrumentasi, Minyak Oli (termo 22), Thermocouple.

Published
2014-01-21
How to Cite
DWI PUTRA, T. (2014). PERENCANAAN SISTEM INSTRUMENTASI PADA RANCANG BANGUN ALAT PENGUJI EFISIENSI WIRE AND TUBE HEAT EXCHANGER. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/6537
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 105