RANCANG BANGUN FUEL METER UNTUK MENGUKUR KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN DIESEL ISUZU C190

  • ADITYA

Abstract

Tingkat konsumsi bahan bakar terutama yang bersumber dari bahan bakar fosil semakin meningkat seiring dengan kemajuan zaman. Hal ini menyebabkan timbulnya suatu indikasi bahwa konsumsi energi yang terus meningkat disegala sektor yang berdampak pada semakin menurunnya cadangan minyak bumi dari tahun ke tahun sehingga semakin tidak seimbang dengan ketersediaan sumber energi tersebut. Dampaknya akanĀ  menimbulkan permasalahan di berbagai sektor terutama di sektor perindustrian. Sektor yang terkena dampak langsung adalah sektor transportasi. Dimana kebutuhan alat transportasi di berbagai negara terus meningkat. Sejauh ini, untuk mengukur konsumsi bahan bakar mesin menggunakan parameter jarak tempuh kendaraan. Artinya, dalam 1 (satu) liter bahan bakar digunakan untuk menempuh berapa jarak (km). Oleh karena itu, diperlukan alat yang berfungsi untuk mengukur konsumsi bahan bakar mesin dalam skala laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsumsi bahan bakar, dan opasitas gas buang mesin Isuzu C190 dengan menggunakan fuel meter.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah mesin diesel Isuzu C190. Standar pengujian konsumsi bahan bakar mesin diesel menggunakan metode pengujian kecepatan berubah dengan katup throttle terbuka penuh yang berpedoman pada SNI 7554:2010. Pengujian kepekatan asap dengan metode pengujian SNI 19-7118.2-2005 yang berpedoman pada SAE-J1167. Standar pengujian tingkat kebisingan menggunakan SNI 09-1825-2002 yang berpedoman pada ISO/FDIS 5130. Peralatan dan instrumen penelitian yang digunakan adalah stopwatch, fuel meter, smoke opacity meter, digital tachometer, blower, thermocouple, manometer dan sound level meter. Analisis data menggunakan metode deskriptif.

Hasil pengujian mesin diesel Isuzu C190 menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar cenderung mengalami peningkatan dari putaran idle 750 rpm (15,54 kg/jam) hingga putaran maksimum 5250 rpm (32,95 kg/jam). Opasitas gas buang knalpot standar sebesar 75,5% HSU (Hartridge Smoke Unit). Sedangkan tingkat kebisingan knalpot standar sebesar 99,4 dBA.

Kata Kunci: Fuel meter, konsumsi bahan bakar, mesin diesel, opasitas gas buang, dan kebisingan.

Published
2014-08-17
How to Cite
ADITYA,. (2014). RANCANG BANGUN FUEL METER UNTUK MENGUKUR KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MESIN DIESEL ISUZU C190. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/8909
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 96