RANCANG BANGUN TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL
Abstract
Teknologi injeksi pada sepeda motor matic sudah mulai dikembangkan akhir-akhir ini. Namun, selama penulis melaksanakan praktik sepeda motor dan motor kecil di kampus lebih banyak diajarkan sepeda motor berteknologi karburator (konvensional). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk merancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI. Tujuan rancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI ini adalah untuk mengetahui cara kerja sistem EFI Yamaha Mio-J, mengetahui komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan untuk merancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, mengetahui bagaimana cara memeriksa komponen-komponen pada trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, mengetahui seberapa kuat konstruksi rangka trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, untuk mengetahui berapa getaran yang dihasilkan rangka trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, dan untuk mengetahui kelayakan rancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI sebagai media pembelajaran.
Pembuatan trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI ini dimulai dari proses desain gambar, dilanjutkan dengan perhitungan dan perencanaan trainer dan pembuatan trainer itu sendiri. Tujuan ini dimaksudkan agar diketahui bahan dan ukuran komponen trainer. Trainer ini menggunakan komponen-komponen asli dari spare part Yamaha. Setelah diketahui komponen trainer maka dilanjutkan dengan pemasangan komponen trainer yaitu meliputi ECU (Engine Control Unit), throttle body, injector, fuel pump, rotor, stator, wire harness, ingnition coil, fuel pump, speedometer, main switch dan spark plug. Analisis kekuatan rangka meliputi perhitungan kekuatan kampuh las dan analisis getaran rangka pada trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI dengan menggunakan alat vibration tester.
Hasil dari rancang bangun trainer ini adalah kekuatan kampuh las sebesar 3,7 N/mm2. Getaran rangka yang dihasilkan oleh trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI pada putaran 1000 - 3000 Rpm adalah acceleration 0,65 - 1,90 m/s2, velocity 0,136 - 0,250 cm/s, dan displacement 0,0369 - 0,0246 mm. Hasil pengujian getaran trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI lebih rendah jika dibandingkan dari sepeda motor Yamaha Mio-J YMJet-FI. Perlu pengujian lebih lanjut secara substansi, layak atau tidak sebagai media pembelajaran praktek sepeda motor dan motor kecil. Artinya setiap komponen trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI bekerja dengan baik.
Kata Kunci: Sistem YMJet-Fi, getaran rangka, dan kekuatan kampuh las.
PDF Downloads: 59