RANCANG BANGUN TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL

  • IMAM SANTOSO

Abstract

Teknologi injeksi pada sepeda motor matic sudah mulai dikembangkan akhir-akhir ini. Namun, selama penulis melaksanakan praktik sepeda motor dan motor kecil di kampus lebih banyak diajarkan sepeda motor berteknologi karburator (konvensional). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk merancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI. Tujuan rancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI ini adalah untuk mengetahui cara kerja sistem EFI Yamaha Mio-J, mengetahui komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan untuk merancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, mengetahui bagaimana cara memeriksa komponen-komponen pada trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, mengetahui seberapa kuat konstruksi rangka trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, untuk mengetahui berapa getaran yang dihasilkan rangka trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI, dan untuk mengetahui kelayakan rancang bangun trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI sebagai media pembelajaran.

Pembuatan trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI  ini  dimulai  dari  proses desain  gambar,  dilanjutkan  dengan  perhitungan  dan  perencanaan  trainer dan pembuatan trainer itu sendiri. Tujuan ini dimaksudkan  agar  diketahui  bahan  dan  ukuran  komponen  trainer.  Trainer ini  menggunakan  komponen-komponen asli dari spare part Yamaha.  Setelah  diketahui komponen trainer maka  dilanjutkan  dengan  pemasangan  komponen trainer  yaitu meliputi ECU (Engine Control Unit), throttle body, injector, fuel pump, rotor, stator, wire harness, ingnition coil, fuel pump, speedometer, main switch dan spark plug. Analisis kekuatan rangka meliputi perhitungan kekuatan kampuh las dan analisis getaran rangka pada trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI dengan menggunakan alat vibration tester.

Hasil dari rancang bangun trainer ini adalah kekuatan kampuh las sebesar 3,7 N/mm2. Getaran rangka yang dihasilkan oleh trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI pada putaran 1000 - 3000 Rpm adalah acceleration 0,65 - 1,90 m/s2, velocity 0,136 - 0,250 cm/s, dan displacement 0,0369 - 0,0246 mm. Hasil pengujian getaran trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI lebih rendah jika dibandingkan dari sepeda motor Yamaha Mio-J YMJet-FI. Perlu pengujian lebih lanjut secara substansi, layak atau tidak sebagai media pembelajaran praktek sepeda motor dan motor kecil. Artinya setiap komponen trainer Yamaha Mio-J YMJet-FI bekerja dengan baik.

Kata Kunci: Sistem YMJet-Fi, getaran rangka, dan kekuatan kampuh las.

Published
2014-08-18
How to Cite
SANTOSO, I. (2014). RANCANG BANGUN TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/8957
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 59