RANCANG BANGUN WOVEN MATRIX TYPE WIRE AND TUBE HEAT EXCHANGER

  • SALIS LUQMAN HADI

Abstract

Dalam berbagai studi terdahulu yang sudah melakukan eksperimen untuk menganalisa perpindahan panas secara radiasi dan konveksi dalam wire-on-tube heat exchanger dimana salah satu hasilnya adalah optimasi terbaik didapat dengan memperkecil diameter sirip, memperbanyak sirip dan memperpendek jarak antar pembuluh.untuk mencari laju perpindahan panas konveksi. Melihat dari studi tersebut peneliti tertarik untuk membuat variasi desain yang berbeda, yang mana penelitian ini dengan judul “Rancang Bangun Alat Penukar Panas Pembuluh dan Kawat Tipe Woven Matrix”.

Tahap awal sebelum pembuatan yaitu pengumpulan data berupa bahan dan ukuran kawat dan pembuluh yang akan digunakan yakni kawat dari bahan besi dg ukuran diameter 1,5mm, pembuluh dari bahan besi dengan diameter 5mm. kemudian dilakukan proses gambar desain alat penukar panas pembuluh dan kawat tipe woven matrix. Setelah proses tersebut selesai dilanjutkan dengan pembuatan alat penukar panas, menguji dan sedikit menganalisa.

Hasil rancang bangun alat penukar panas ini adalah pembuluh yang berlekuk-lekuk, dengan kawat yang dipasang lekat pada pembuluh dengan konfigurasi anyaman. Kawat yang berfungsi sebagai sirip adalah perluasan dari permukaan pembuluh sehingga memperluas permukaan perpindahan panas konveksi bebas dari penukar panas ke lingkungan luar. Pengkajian efisiensi tiga desain penukar panas pembuluh dan kawat tipe woven matrix dengan jarak kawat yang berbeda (Pw = 7mm; Pw = 14mm; Pw = 21mm) diuji 3 kali pengujian dalam lima level suhu fluida masuk (400C, 500C, 600C, 700C, 800C) dan penukar panas dengan pitch 7mm dengan kapasitas (Q) sebesar 510 watt dan efisiensi sirip (ηw) ysng dihasilkan adalah 0,63.

Kata kunci: penukar panas pembuluh dan kawat tipe woven matrix, efisiensi penukar panas, konveksi bebas.

Published
2014-08-18
How to Cite
LUQMAN HADI, S. (2014). RANCANG BANGUN WOVEN MATRIX TYPE WIRE AND TUBE HEAT EXCHANGER. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/8958
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 50