RELASI KEKUASAAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM NOVEL TANJUNG KEMARAU KARYA ROYYAN JULIAN: KAJIAN ECOPOLITICS PIERS BAIKIE

  • RIZKI AMIRULLOH

Abstract

ABSTRAK

Kajian ecopolitics merupakan bagian dari kritik ekologi sastra. Kajian ini lebih menyoroti tentang hubungan timbal balik antara manusia dan latar di sekitarnya. Wilayah kajian ecopolitics Piers Blaikie menitik beratkan pada relasi antara kekuasaan yang berdasar pada sistem (struktur) sosial masyarakat dan kondisi ekologis dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi berkelanjutan. Kajian ini berusaha membaca kesadaran ekologis dari cara pandang politik atau kekuasaan.

Penelitian ini berusaha menguraikan relasi kekuasaan dan lingkungan hidup dengan merujuk pada etika lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengkaji pola-pola ecopolitics yang ada dalam novel Tanjung Kemarau karya Royyan Julian yang meliputi: (1) bentuk-bentuk kerusakan lingkungan; (2) peranan latar lingkungan; dan (3) strategi kekuasaan dalam kondisi ekologis.

Pendekatan dalam penelitin ini menggunakan gabungan anatara teori ekologi dan ilmu sastra yang digunakan menekankan pada kebutuhan untuk fokus pada kepentingan, karakteristik, dan tindakan dari berbagai jenis pelaku atau aktor dalam memahami konflik ecopolitics. Data penelitian ini berupa teks yang meliputi kalimat, baik kalimat langsung maupun tak langsung, yang berkaitan dengan realitas/kondisi lingkungan hidup yang terdapat dalam novel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis.

Berdasarkan analisis pada novel Tanjung Kemarau karya Royyan Julian dengan menggunakan kajian ecopolitics Piers Blaikie, dapat disimpulkan: (1) bentuk kerusakan lingkungan, baik yang ada di wilayah darat mau pun di wilayah perairan, tergambar melalui rusaknya ekosistem dan sumber daya alam yang tidak terorganisir; (2) Peranan latar lingkungan yang meliputi unsur latar biotik dan unsur latar abiotik; dan (3) Strategi kekuasaan dalam kondisi ekologis terlihat pada upaya konservasi berkelanjutan, skema pengembangan pembangunan hijau, kontestasi politik terhadap kondisi ekologis, dan kepengaturan modal, kekuasaan dan pengetahuan.

Kata kunci: ecopolitics, ekologi sastra, relasi kekuasaan, dan lingkungan hidup

ABSTRACT

The study of ecopolitics is a part of the ecology of literature criticism. This study is more focuse in the reaction reciprocal beteween human and the surroundings. The zone of ecopolitics by Piers Blaikie focuses in the relation between power based on social system (structure) and ecological condition to incrase the awareness of the people about the importance of sustainable conservation.This study is endeavor to read the ecological awareness from political point of view or the power.

This research has been analyze the relation between power and environment and refer to the surroundings ethic. The research as a purpose to review the ecopolitics patterns in the novel entitled Tanjung Kemarau which is created by Royyan Julian including: (1) the type of environmental damage; (2) surrounding role, and; (3) power strategy in ecological conditions.

This study approach uses the combination between ecology theory and literature which emphasize the needs to focus on importance, characteristic, and action from every type of agentor actor to understanding the ecopolitics conflict. This research data in the from of text which includes sentencesrelating to the ecological conditions contained in the novel. Where as uses read and write technique for data collection. Therefore, the data analysis techique which uses in the study is descriptive analysis technique.

Based on the review of novel Tanjung Kemarau by Royyan Julian which uses ecopolitics Piers Blaikie study, can be conclude that: (1) the type of environmental damage, in lands or sea, seems by the ecosystem damage and unorganize nature resources; (2) surrounding role which include biotic and abiotic elements; and (3) power strategy in ecological conditions shows at sustainable conservation eforts, developmentof green construction scheme, politic disbute to ecological condition, and financial capital settings, power and knowledge.

Keywords: ecopolitics, ecology of literature, relation power, and environment

Published
2018-11-01
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 336