JARGON POS INDONESIA DI KANTOR POS SEMOLOWARU SURABAYA

Authors

  • Khulaili Wirdatul Hamro’ Universitas Negeri Surabaya
  • Dianita Indrawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi jargon Pos Indonesia di Kantor Pos Semolowaru Surabaya. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah tuturan dalam komunikasi yang dilakukan oleh petugas serta pelanggan yang menggunakan jasa di Kantor Pos Semolowaru Surabaya dengan data berupa ujaran penutur yang mengandung jargon. Penelitian ini menggunakan teori Ramlan untuk mengkaji bentuk jargon, untuk mengkaji makna menggunakan teori makna Chaer, sedangkan fungsi jargon dikaji menggunakan teori fungsi Halliday. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik berupa teknik simak libat cakap dan teknik rekam.  Sedangkan data dianalisis menggunakan metode padan dan agih. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan proses pembentukan, bentuk jargon terbagi menjadi 3, yaitu kata dasar, afiksasi, dan abreviasi. Sedangkan berdasarkan asal istilah, jargon di Kantor Pos Semolowaru berasal dari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Adapun makna pada jargon di Kantor Pos Semolowaru terbagi menjadi 3 jenis, yaitu makna leksikal, makna gramatikal, dan makna kontekstual. Fungsi jargon ditemukan sebanyak 6 fungsi diantaranya, fungsi instrumental, fungsi representasi, fungsi regulasi, fungsi interaksional, fungsi heuristik, serta fungsi personal.

Kata Kunci: Jargon, bentuk, makna, fungsi, Kantor Pos.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-08
Abstract views: 165 , PDF Downloads: 153