KORELASI PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI BIMBEL RUMAH PINTAR SENTRALAND DRIYOREJO

  • Deidra Artamevia Refa Hananta Fortuna Universitas Negeri Surabaya
  • Agusniar Dian Savitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berbahasa sewajarnya dikembangkan pada masa kanak-kanak, karena anak tengah berada pada masa golden age. Perkembangan kosa kata bahasa anak sewajarnya tidak pernah lepas dari peran orang tua. Keterlibatan orang tua pada pendidikan mengarah kepada potensi keberhasilan yang lebih besar untuk anak. Dalam hal ini, orang tua yang dimaksud ialah ibu, karena ibu merupakan lingkungan pertama bagi anak. Maka orang tua yang berpendidikan tinggi akan mempengaruhi proses perkembangan keterampilan berbahasa anak. Semakin tinggi pendidikan orang tua maka akan semakin baik pula perkembangan keterampilan berbahasa anak. Keterampilan berbahasa dalam hal ini akan difokuskan kepada keterampilan menyimak dan berbicara, dengan pertimbangan untuk kegiatan menulis dan juga membaca anak usia dini masih belum sempurna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pendidikan orang tua terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa TK dengan rentan usia 4-6 tahun di lembaga Bimbel Rumah Pintar yang berlokasi di Jl. The Ruby C3 No. 5 Perum Sentraland KBD, Driyorejo, Gresik. Sampel pada penelitian kali ini adalah siswa yang berusia 4-6 tahun dengan ibu yang tidak bekerja (ibu rumah tangga), dan tidak menggunakan jasa pengasuh. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi atau hubungan antara pendidikan orang tua terhadap keterampilan berbahasa anak usia dini di Bimbel Rumah Pintar Sentraland Driyorejo.

Kata Kunci: Korelasi, Pendidikan orang tua, Keterampilan berbahasa anak

Published
2023-07-08
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 56