https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/issue/feedJurnal Tata Boga2023-06-01T13:21:57+00:00Open Journal Systems<p>Jurnal Online Program Studi S1 Tata Boga - Fakultas Teknik UNESA</p>https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/52220PENGARUH DRAMA KOREA TERHADAP MINAT BELI KOREAN FOOD PADA MAHASISWA SURABAYA2023-05-23T03:02:42+00:00Alma Ilfatikha Rahmayantialmarahma27@gmail.comMauren Gita Mirantimaurenmiranti@unesa.ac.idAsrul Baharasrulbahar@unesa.ac.idNiken Purwidianinikenpurwidiani@unesa.ac.id<p>Pandemic COVID-19 berdampak pada perubahan aktivitas masyarakat, salah satunya mahasiswa yang sebelumnya disibukkan pada kegiatan di kampus kini harus menjalani perkuliahan secara daring di rumah. Hal tersebut menyebabkan timbulnya rasa bosan sehingga mencari kegiatan lain seperti menonton drama Korea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh drama Korea terhadap minat beli <em>Korean food</em> pada mahasiswa Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, disebarkan melalui <em>Google Form</em> kepada 160 sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu mahasiswa Surabaya, suka drama Korea dan pernah makan <em>Korean Food</em>. Kuesioner diuji validitas dengan nilai r tabel 0,355 dan pengujian reliabilitas dinyatakan reliabel. Data hasil kuesioner diolah dengan IBM SPSS 25 untuk diketahui pengaruhnya menggunakan uji regresi linear sederhanadan uji koefisien determinan. Hasil pengujian dari uji regresi linear sederhana mendapatkan hasil bahwa drama Korea memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli <em>Korean food</em> pada mahasiswa Surabaya yang mana sejalan dengan penelitian oleh Hardiyanti bahwa fanatisme K-Pop dan K-Drama memiliki pengaruh positif seta signifikan terhadap keputusan pembelian <em>streetfood</em> Korea Selatan pada generasi Z.</p>2023-05-23T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/52227PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN (SNACK) JEPANG DI SURABAYA2023-05-23T05:34:23+00:00Anastasya Safitri Arita Putrian.tasyasputri@gmail.comAsrul Baharasrulbahar@unesa.ac.idMauren Gita Mirantimaurenmiranti@unesa.ac.idNiken Purwidianinikenpurwidiani@unesa.ac.id<p>Keberadaan makanan Jepang di tengah masyarakat Indonesia memiliki daya tarik tersendiri serta kewaspadaan terhadap sertifikasi halal pada produknya. Beberapa produk makanan impor Jepang ataupun otentik sudah memiliki nomor BPOM dari Kemenkes namun belum mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Hal ini menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk makanan Jepang yang halal dan mewaspadai kandungan bahan-bahan yang diharamkan oleh syariat Islam. Penelitian ini menjelaskan bagaimana label halaldapat mempengaruhi keputusan pembelian produk makanan Jepang pada masyarakat Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian berupa deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survei. Sumber informasi utamanya diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden. Variabel independent dari penelitian ini adalah label halal (X) dan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y). Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan kriteria usia 15-25 tahun, masyarakat Kota Surabaya, pernah membeli makanan Jepang setidaknya sekali, dan mengetahui serta memahami tentang label halal. Menggunakan teknik analisis data nonparametik. Data yang telah terkumpul dengan perhitungan menggunakan rumus Kendall Tau didapatkan hasil sebesar 0,385 yang berarti masuk dalam kategori cukup. Maka label halal memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan Jepang.</p>2023-05-23T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/52393PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8 PADA MATERI DARI BERAS DAN TEPUNG BERAS2023-05-29T22:48:06+00:00Intan Eka SaputriIntansaputri16050394051@mhs.unesa.ac.idSri Handajanisrihandajani@unesa.ac.idMauren Gita Mirantimaurenmiranti@unesa.ac.idNiken Purwidianinikenpurwidiani@unesa.ac.id<p>Media pembelajaran dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih tertarik dan memahami apa yang sedang dipelajari. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran berbasis aplikasi yang dapat dikembangkan, salah satunya yaitu <em>Autoplay Media Studio 8. </em>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran <em>Autoplay Media Studio 8</em> pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras, dan (2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran <em>Autoplay Media Studio 8</em> pada mteri pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras.</p> <p>Metode yang digunakan yaitu <em>Research and </em><em>D</em><em>evelopment </em>(R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 3 ahli materi dan 3 ahli media sebagai validator. Sasaran penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMK Program Studi Kuliner di Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket validasi dan respon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala <em>likert</em> dan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi materi mendapat nilai sebesar sebsar 0,677 dengan kategori “Sedang”. Hasil validasi media mendapat nilai sebesar 0,733 dengan kategori “Sedang”. Hasil uji respon peserta didik mendapat nilai persentase sebesar 81% dengan kategori “Sangat Baik”. Demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan <em>Autoplay Media Studio 8</em> pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mendapat respon sangat baik dari peserta didik.</p>2023-05-23T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/52478PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI PENGETAHUAN BUMBU DAN REMPAH PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA UNTUK SISWA SMK2023-06-01T13:21:57+00:00Hanum Azizahhanum.17050394026@mhs.unesa.ac.idSri Handajanisrihandajani@unesa.ac.idIta Fatkhur Romadhoniitaromadhoni@unesa.ac.idIta Fatkhur Romadhoniitaromadhoni@unesa.ac.idMauren Gita Mirantimaurenmiranti@unesa.ac.id<p>Perkembangan teknologi informasi membawa banyak perubahan di dunia pendidikan khususnya dalam mendukung pelaksanaan proses belajar dengan menerapkan teknologi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan di era saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan materi dan media serta respon dari siswa mengenai media pembelajaran video interaktif pengetahuan bumbu dan rempah. Model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan R&D ini adalah model 4D. Model ini terdiri dari <em>define</em>, <em>design, development, disseminate. </em> Pengembangan media pembelajaran pada riset ini adalah video interaktif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X SMK Negeri 2 Jombang, ahli media, dan ahli materi. Data yang akan dijabarkan adalah berkaitan dengan hasil uji kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi, serta hasil angket pengguna dengan skala 1-4. Analisis data oleh ahli dan pengguna menerapkan perhitungan skor interval dan deskriptif persentase.</p> <p>Hasil uji kelayakan media pembelajaran video interaktif dengan skor 81,25%, artinya media pembelajaran tersebut masuk pada kriteria sangat layak. Validasi media menunjukkan kriteria sangat layak dengan prolehan skor 88,2%. Kaitannya dengan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video interaktif mendapatkan skor 92%, artinya media pembelajaran masuk pada kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa video interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan siswa di kelas.</p>2023-05-23T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##