Jurnal Tata Boga https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga <p>Jurnal Online Program Studi S1 Tata Boga - Fakultas Teknik UNESA</p> en-US itaromadhoni@unesa.ac.id Sat, 02 Jul 2022 04:18:55 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG LABU KUNING TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK LAPIS KUKUS SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47590 <p>Lapis kukus Surabaya saat ini menjadi salah satu kue yang cukup populer di Surabaya. Produk ini memiliki tekstur lembut dengan proses pembuatan dikukus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh: 1) substitusi tepung labu kuning terhadap &nbsp;sifat organoleptik lapis kukus Surabaya. 2) produk terbaik dari lapis kukus Surabaya labu kuning. 3) kandungan nilai gizi yang terdapat pada produk lapis kukus surabaya labu kuning meliputi betakaroten, protein, serat kasar, karbohidrat, lemak dan kalsium dari produk terbaik. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen yang terdiri dari satu faktor dengan variabel bebas substitusi tepung labu kuning sebanyak 3 perlakuan, yaitu: 15%, 25% dan 35%. Variabel terikatnya berupa volume, pori-pori, keremahan, keempukan, rasa, aroma, warna dan kesukaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi melalui uji organoleptik dan instrumen penilaian melalui observasi berbentuk checklist menggunakan <em>google </em>formulir yang dinilai oleh 30 orang termasuk panelis terlatih dan semi terlatih. Uji analisis statistik menggunakan <em>one way anova </em>serta uji lanjut Duncan, kemudian untuk mengetahui kandungan gizi dilakukan uji laboratorium pada produk terbaik lapis kukus Surabaya labu kuning. Hasil penelitian menunjukkan: 1) adanya pengaruh pada volume, pori- pori (0,004), keremahan (0,047), rasa (0,000), warna (0,000) dan kesukaan (0,000) terhadap lapis kukus surabaya dengan taraf signifikansi dibawah 0,005 dan tidak adanya pengaruh terhadap keempukan (0,129) serta aroma (0,673) dengan signifikansi diatas 0,005. 2) produk terbaik adalah lapis kukus Surabaya dengan substitusi sebanyak 35%. 3) kandungan gizi lapis kukus Surabaya terbaik yaitu protein 11,05%, betakaroten 98,82 mg, serat kasar 3,91%, karbohidrat 45,71%, lemak</p> <p>8,59%, kalsium 31,80 mg.</p> Ainiyatul Faqiha, Niken Purwidiani, Suhartiningsih ., Asrul Bahar ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47590 Sat, 02 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATERI BUMBU DAN REMPAH INDONESIA DI SMKN 1 CERME GRESIK https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47704 <p>Media pembelajaran ialah alat paraga yang berguna sebagai perantara dalam proses penyampaian informasi pembelajaran sehingga memiliki pengaruh besar pada keberhasilan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang variatif yaitu <em>prezi</em>, di mana materi pelajaran dikemas dalam bentuk media presentasi secara <em>online </em>dan di dalamnya tersedia ilustrasi dan penjelasan materi. Tujuan penelitian ini yakni, 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis <em>prezi </em>pada materi bumbu dan rempah Indonesia; dan 2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis <em>prezi </em>pada materi bumbu dan rempah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan ialah <em>Research &amp; Development &nbsp;</em>dengan &nbsp;menggunakan &nbsp;model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi)<em>. </em>Data dikumpulkan melalui kuesioner, setelah menyusun bahan ajar dilanjutkan validasi oleh dua ahli materi dan satu ahli media, kemudian diujicobakan kepada 35 peserta didik di SMKN 1 Cerme Gresik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) validasi kelayakan media ini mencapai presentase uji ahli materi 94,95% dan uji ahli media 87,5<em>; </em>dan 2) respon peserta didik &nbsp;mencapai presentase 94,51% sehingga dinyatakan layak digunakan pada proses pembelajaran dan sangat memotivasi peserta didik untuk menikmati pembelajaran.</p> Sontya Marlinda Sari, Niken Purwidiani, Lucia Tri Pangesthi, Sri Handajani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47704 Tue, 05 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN GULA YANG BERBEDA TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK DAN TINGKAT KESUKAAN SELAI PISANG AMBON https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47706 <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh penggunaan gula terhadap sifat organoleptik selai pisang yang meliputi warna, rasa, tekstur, aroma, dan kekentalan; 2) pengaruh penggunaan gula yang berbeda terhadap tingkat kesukaan selai pisang; 3) memperoleh selai pisang terbaik. Dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan proporsi bubur pisang dan gula pasir (SP1), gula kelapa (SP2), gula jagung (SP3), dan gula aren (SP4). Teknik penelitian ini dilakukan dengan cara observasi 30 orang panelis semi terlatih. Analisis dengan uji anova tunggal <em>One Way Anova</em> dan uji lanjut <em>Duncan</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan gula yang berbeda memiliki pengaruh yang nyata terhadap warna, rasa, dan aroma selai pisang ambon namun tidak memberikan pengaruh terhadap kekentalan dan tekstur selai pisang ambon 2) ada pengaruh jenis gula terhadap tingkat kesukaan selai pisang ambon 3) Produk selai pisang ambon terbaik adalah produk SP1 yaitu selai pisang ambon dengan penggunaan gula pasir&nbsp; (sukrosa) dengan nilai mean tertinggi yaitu warna 3,77 kriteria warna kuning kecoklatan, rasa 3,93 dengan kriteria rasa manis, tekstur 2,83 dengan kriteria tekstur cukup halus, dan aroma 3,30 dengan kriteria aroma pisang ambon cukup kuat.</p> Murni Amroini, Niken Purwidiani, Siti Sulandjari, Sri Handajani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47706 Tue, 05 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PUFF PASTRY DI SMK NEGERI 3 KEDIRI https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47711 <p>Pembelajaran langsung pada kompetensi dasar <em>puff pastry</em> yang diimplementasikan pada pelajar di SMK Negeri 3 Kediri menunjukkan hasil tidak tuntas dengan persentase sebesar 57%. Tujuan riset ini untuk mengetahui: 1) kelayakan media video tutorial <em>puff pastry</em> pada Pembelajaran Berbasis Masalah di SMK Negeri 3 Kediri; 2) keterlaksanaan sintaks Pembelajaran Berbasis Masalah dengan memakai media video tutorial <em>puff pastry</em> di SMK Negeri 3 Kediri; 3) hasil belajar melalui implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan memakai media video tutorial <em>puff pastry</em> di SMK Negeri 3 Kediri. Riset ini termasuk jenis <em>Quasi Experimental </em><em>Design </em>dengan bentuk <em>One Group Pretest Posttest</em>. Penghimpunan data memakai metode observasi untuk kelayakan media video tutorial <em>puff pastry</em> dan keterlaksanaan proses edukasi dan metode tes untuk menilai hasil belajar. Adapun analisis datanya memakai rumus persentase. Analisis data hasil tes memakai uji statistik <em>paired sample t-test</em>. Hasil riset memperlihatkan: 1) media video tutorial <em>puff pastry</em> sangat layak (97,92%) dipakai untuk pembelajaran di SMK Negeri 3 Kediri; 2) keterlaksanaan implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media video tutorial <em>puff pastry</em> sangat baik (91,67%); 3) &nbsp;hasil belajar pada pembelajaran berbasis masalah dengan memakai media tutorial <em>puff pastry</em> di SMK Negeri 3 Kediri efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar.</p> Revo Firmansyah, Suhartiningsih ., Lucia Tri Pangesthi, Nugrahani Astuti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47711 Tue, 05 Jul 2022 00:00:00 +0000 PEMANFAATAN TEPUNG JERAMI NANGKA (Artocarpus Heterphullus) SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PADA KUE KERING NASTAR https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47859 <p>Kue kering nastar subsitusi tepung jerami nangka adalah salah satu kue kering yang disukai oleh kalangan anak-anak sampai orang dewasa karena memiliki ciri khas pada warna, aroma, rasa, dan tekstur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesukaan terhadap tekstur, rasa, warna, dan aroma kue kering nastar sebagai produk lokal kue kering nastar bersubsitusi jerami nangka. penelitian ini termasuk jenis eksperimen, dengan variable bebas yaitu subsitusi tepung jerami nangka sebanyak 10% dan 15%. Variabel terkait berupa warna, aroma, rasa dan tekstur dari kue kering nastar. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer diteliti menggunakan metode observasi berupa instrumen lembar observasi dengan skala <em>likert</em> &nbsp;melalui uji hedonik untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis dengan 5 skala ( 5 = sangat suka, 4 = suka, 3 = netral, 2 = kurang suka, 1 = tidak suka) terhadap tekstur, rasa, warna dan aroma. Data uji hedonik diperoleh dari panelis tidak terlatih 100 orang. Analisis data untuk uji data hedonik dilakukan dengan menggunakan metode analisis varian tunggal (<em>one way anova</em>) dan uji lanjut <em>Duncan. </em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk Formula I memiliki nilai rata-rata tekstur 3.75, warna 3.58 panelis tidak terlatih memilih netral, rasa 4.59 panelis tidak terlatih memilih suka, dan aroma 5.00 panelis tidak terlatih memilih sangat suka, sedangkan untuk formula II memiliki nilai rata-rata pada tekstur 1.84, dan warna 1.59 panelis tidak terlatih memilih tidak suka, sedangkan rasa 2.75, dan aroma 2.19 panelis tidak terlatih memilih kurang suka.</p> Sri Indah Wahyuningtias, Amalia Ruhana, Lucia Tri Pangesthi, Ita Fatkhur Romadhoni ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47859 Sat, 02 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA KOMPETENSI DASAR PERSONAL HYGIENE DI SMK NEGERI 2 PONOROGO https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47926 <p>Tujuan penelitian ini ialah: 1) mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi <em>personal hygiene</em> dan 2) kelayakan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi <em>personal hygiene</em>. Bahan ajar interaktif berbasis web ini dikembangkan untuk membantu siswa terhadap pemahaman materi <em>personal hygiene</em> serta untuk dapat meningkatkan minat &amp; output belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau <em>R&amp;D </em>menggunakan model <em>ADDIE</em> yang dikembangkan Reiser &amp; Mollanda tahun 1967. Uji kelayakan media ini dilakukan melalui validasi oleh ahli media dan&nbsp; materi. Pengujian media dan respon dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Kuliner SMKN 2 Ponorogo. Validasi media dan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket. Penelitian ini menghasilkan: 1) bahan ajar interaktif berbasis web pada kompetensi dasar <em>personal hygiene</em> memperoleh nilai dari ahli media 82 dan ahli materi 86 dengan rerata 84 dalam kategori “Sangat Layak”, 2) bahan ajar interaktif menggunakan web pada kompetensi dasar <em>personal hygiene</em> mendapat respon tertinggi dengan presentase 48,4% yang termasuk kategori “Cukup Layak” dan bisa disimpulkan media ini “Layak” digunakan dalam pembelajaran materi <em>personal hygiene</em> di SMK Negeri 2 Ponorogo dengan tindak lanjut mengembangkan sajian materi yang lebih menarik dan relevan dengan materi <em>personal hygiene</em></p> Erinda Maghtira Nisa, Asrul Bahar, Niken Purwidiani, Ita Fatkhur Romadhoni ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47926 Thu, 07 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG KACANG HIJAU TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK KUE PUDAK https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47972 <p>Kue pudak merupakan kue tradisional khas Kabupaten Gresik yang tinggi karbohidrat namun rendah protein, karenanya perlu disubstitusikan dengan bahan - bahan lain untuk meningkatkan kandungan proteinnya, salah satu bahan itu adalah kacang hijau. Kue pudak yang disubstitusi dengan tepung kacang hijau memiliki cita rasa kacang hijau yang khas dan gurih santan serta tekstur yang lebih padat dari kue pudak pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh substitusi tepung kacang hijau terhadap sifat organoleptik kue pudak; 2) nilai nutrisi (protein, phospor, karbohidrat, kalsium) serta non nutrisi (serat) kue pudak terbaik. Penilitian ini termasuk eksperimen menggunakan desain faktor tunggal menggunakan 3 level, yaitu : 15%, 30%, 45%.&nbsp; Pengumpulan data sifat organoleptik yaitu dengan cara observasi dari uji organoleptik yang mencangkup warna, tekstur, aroma, dan rasa. Teknik analisis menggunakan organoleptik kemudian diuji dengan <em>One Way Anova</em> lalu uji lanjutan dengan uji <em>Duncan</em><em>,</em> untuk analisis nutrisi dilakukan dengan <em>proximate </em><em>analysis</em>. Didapati hasil dari penelitian ini yaitu : 1) pensubstitusian tepung kacang hijau berpengaruh terhadap sifat organoleptik kue pudak mulai dari warna, tekstur, aroma, dan rasa ; 2) produk terbaik kue pudak substitusi tepung kacang hijau pada perlakuan X3 dengan proporsi tepung beras 55% dan tepung kacang hijau 45%, nutrisi produk terbaik yaitu karbohidrat 55,86%, protein 7,95%, phospor 88,50 mg/100g, kalsium 96,55 mg/100g dan kandungan non nutrisi serat 2,16%.</p> Intan Putri Chusnul Lathifah, Any Sutiadiningsih, Dwi Kristiastuti Suwardiah, Lucia Tri Pangesthi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47972 Thu, 07 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING MATERI PRODUK KUE INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48213 <p>Tujuan pada penelitian ini yaitu untukllmengetahui pengaruhomodel pembelajaranP<em>role playing</em>ppterhadap hasil nilai belajar siswa serta persentase ketuntasan belajar siswa pada materi Produk Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras di siswa kelas XI Jasa Boga diPSMKN 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan design penelitian <em>pre eksperimental design</em> (design eksperimental semu) dengan menggunakan subjek berjumlah 32 siswa pada kelas XI Jasa Boga. Rancangan penelitian menggunakan <em>one group pre test post test design, </em>dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes lalu di uji dengan uji normalitas lalu uji t-test duaPpihak. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa adanya peningkatanPpada hasil nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 14,35, sertaPpeningkatan persentase kelulusan siswa sebesar 53,125% setelah diberikannya model pembelajaran <em>role playing</em>.</p> Rizky Fadhilah, Any Sutiadiningsih, niken Purwidiani, Dwi Kristiastuti Suwardiah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48213 Sun, 10 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SOUP https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48628 <p>Penelitian iniffmerupakanffpenelitianffpengembangan modul pembelajaran berbasis <em>flipbook maker </em>yang bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan materi <em>soup </em>pada e-modul berbasis <em>flipbook</em> ; 2)&nbsp; kelayakan media e-modul materi <em>soup</em> berbasis <em>flipbook</em> ; 3) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan e-modul berbasis r<em>flipbook</em> rdalam r3pembelajaran; 4) responffsiswaffterhadap e-modul materi <em>soup</em>ffberbasis <em>flipbook</em>ffyang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang disederhanakan, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Pendefinisianff (<em>define</em>); 2) Perencanaanff (<em>design</em>); 3) ffPengembangan (<em>develop</em>). Data dikumpulkan dengan instrumenffpenelitianffyang terdiri atas: lembar validasi untuk penilaian kelayakan produk media; lembar tesr3untuk menilair3hasil belajar r3siswa dan angket r3untuk melihat r3respon r3siswa. Uji coba media dilakukan dengan 36 siswaffkelasffXI ProgramffKeahlian Tata Boga di SMKN 6 Surabaya. Hasil penelitianffmenunjukkan bahwa: 1) materi <em>soup</em> dalam e-modul berbasis <em>flipbook</em> layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangatffbaik; 2) media e-modul materi <em>soup </em>berbasis <em>flipbook</em> layak digunakanffzsebagaiffdmediaffpembelajaranffxxdengan kategoriffcsangat baik; 3) hasil <em>posttest</em> materi <em>soup</em> pada kelas XI Program keahlian tata boga lebih baik dari pada hasil <em>prettest</em>nya setelah diterapkan e-modul berbasis <em>flipbook</em> dalam pembelajaran; 4) respon siswa terhadap e-modul materi <em>soup </em>berbentuk <em>flipbook</em> berada pada kategori sangat baik</p> Tasya Salsabela, Lucia Tri Pangesthi, Mauren Gita Miranti, Niken Purwidiani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48628 Tue, 19 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH SUBTITUSI TEPUNG GATOT INSTAN DAN PENAMBAHAN BUBUK KELOR TERHADAP SIFAT ORGANOLEPTIK NASTAR https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47755 <p>Penelitian subtitusi tepung gatot instan dan penambahan bubuk daun kelor mempunyai maksud guna mengetahui adanya: 1) pengaruh subtitusi tepung gatot instan terhadap sifat organoleptik nastar, 2) pengaruh penambahan bubuk daun kelor terhadap sifat organoleptik nastar, 3) interaksi&nbsp; pengaruh subtitusi tepung gatot instan dan penambahan bubuk daun kelor terhadap sifat organoleptik nastar; 4) kandungan gizi pada produk terbaik dari uji organoleptik meliputi karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, kalsium, sulfur, kadar air dan kadar abu. Riset ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial ganda (3x3).&nbsp; Penghimpunan data riset melalui observasi pada sifat organoleptik nastar tepung gatot instan kepada 10(sepuluh) panelis terlatih dan 30(tiga puluh) panelis semi terlatih. Penelitian ini memakai metode analisis anova ganda dan uji lanjut <em>Duncan. Output</em> riset menguraikan bahwasanya: 1) terdapat pengaruh subtitusi tepung gatot instan terhadap bentuk dan warna nastar, 2) penambahan bubuk ‘daun kelor tidak berpengaruh terhadap sifat organoleptik yang diujikan, 3) interaksi antara subtitusi tepung gatot instan dan penambahan bubuk daun kelor berpengaruh terhadap rasa nastar, 4) kandungan gizi dari produk terbaik dari perlakuan subtitusi tepung gatot instan 70% dan penambahan bubuk daun kelor 0,5 adalah karbohidrat 65,9 %, protein 8,11%, lemak 3,81%, serat 4,01%, kalium 38,5%, kalsium 65,4%, sulfur 3,65%, kadar air 15,8% dan kadar abu 1,9%.</p> Dianty Octa Pradana, Lucia Tri Pangesthi, Niken Purwidiani, Nugrahani Astuti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47755 Tue, 05 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING MATERI DAGING & HASIL OLAHANNYA BERBASIS WEB BAGI SISWA SMK NEGERI 8 SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47842 <p>Modul <em>E-Learning</em> Berbasis <em>Wibesite Hypertext Transfer Protocol </em>(HTTP) &nbsp;didalamnya berisikan fitur berupa gambar, video, &amp; teks yang menjadikan siswa tidak kesulitan dalam memahami materi pembelajran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan media pembelajaran 2) respon siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Modul <em>E-Learning</em> Berbasis <em>Wibesite Hypertext Transfer Protocol </em>(HTTP) pada materi Daging &amp; Hasil Olahannya. Metode <em>Research and Development (RnD)</em> dengan kegiatan pengembangan aplikasi antara lain: <em>studi literature, user centered desain</em>, pengkodean progam <em>(code),</em> pengujian <em>(test),</em> dan penerapan <em>(implementation)</em> adalah metode yang digunakan. Validasi yang dilalui untuk menguji kelayakan E-Modul melibatkan dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Subjek pengujian dilakukan pada siswa kelas X Kuliner 5 SMK Negeri 8 Surabaya. Validasi Modul <em>E-Learning</em> berbasis <em>Wibesite </em>dan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket. Analisis data dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilalui oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1) Modul <em>E-Learning</em> Berbasis <em>Wibesite </em>Materi Daging &amp; Hasil Olahannya mendapatkan penilaian dari ahli media dan ahli materi 91,6% &amp; 85,7% yang sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran,dan 2) Modul <em>E-Learning</em> Berbasis <em>Wibesite </em>Materi Daging &amp; Hasil Olahannya mendapat respon dengan presentase 88% yang termasuk kedalam kategori sangat baik</p> Anis Ulfa Aprilia, Any Sutiadiningsih, Asrul Bahar, Sri Handajani ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47842 Sat, 02 Jul 2022 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK N 1 CERME https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47925 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui efektivitas pembelajaran<em> daring</em> terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan&nbsp; kelas XII Tata Boga di SMK N 1 Cerme 2) respon siswa kelas XII Tata Boga SMK N 1 Cerme mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan saat dilakukan dengan pembelajaran <em>daring.</em> Jenis penelitian ini adalah studi penelitian <em>quasi experimen</em> atau experimen semu. Populasi siswa kelas XII Tata Boga SMK N 1 Cerme yang berjumlah 64 orang. Jenis data menggunakan data sekunder berupa hasil belajar siswa pada penilaian ulangan harian dan penilaian praktikum dan data primer berupa kuesioner. Pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengolahan atau teknik analisis data dengan statistik deskriptif. Perbandingan nilai ulangan harian dan nilai praktikum siswa pada sebelum pandemi dan saat pandemi menggunakan uji normalitas dan uji <em>Wilcoxon</em>. Penelitian ini didapatkan hasil: 1) Pada saat pandemi nilai ulangan harian dan nilai praktikum siswa mengalami perubahan. Pada saat ulangan harian nilai A mengalami penurunan 31,25%. Nilai B mengalami penurunan 14,06%. Nilai C mengalami kenaikan 42,19%. Nilai D mengalami kenaikan 3,12% sedangkan penilaian praktikum Nilai A mengalami penurunan 15,87%. Nilai B mengalami penurunan 20.35%. Nilai C mengalami kenaikan 29.69%. Nilai D mengalami kenaikan 6,25%. 2) Respon siswa terhadap pembelajaran <em>daring</em> mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada kualitas pembelajaran <em>daring </em>mendapatkan presentase 83 % dengan kategori baik. Kesesuaian tingkat pembelajaran mendapatkan presentase 81% dengan kategori baik. Motivasi mendapatkan presentase 62%&nbsp; dengan kategori kurang baik. Waktu mengerjakan tugas mendapatkan presentase 73% dengan kategori cukup baik. Hasil belajar mendapatkan presentase paling sedikit yaitu 60 % dengan kategori kurang baik</p> Anggita Moethia Zahara Putri, Sri Handajani, Lucia Tri Pangesthi, Dwi Kristiastuti Suwardiah ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47925 Wed, 06 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPETENSI DASAR UNGGAS DAN HASIL OLAHANNYA DI KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 6 SURABAYA https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48214 <p>Pada Bulan Januari <em>2020</em> telah ditemukan kasus Covid-19 atau <em>SARS-CoV-2</em> yang diumumkan sebagai pandemi sehingga mengakibatkan berubahnya sistem pembelajaran konvensional menjadi sistem pembelajaran melalui jaringan internet (online) dengan audiovisual, dimana salah satu pendidikan menengah khusus yang telah menerapkan sistem pembelajaran audiovisual ialah SMK Negeri 6 Surabaya terutama pada siswa kelas X Tata Boga untuk mata pelajaran Pengelolaan dan Penyajian Makanan yang termasuk kedalam Kompetensi Dasar Unggas dan Hasil Olahannya. Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu mengetahui adanya efek dalam penggunaan alat peraga audiovisual pada hasil pembelajaran siswa dengan materi kompetensi dasar unggas dan hasil olahannya di SMK Negeri 6 Surabaya. Jenis dan desain pada penelitian ini yaitu <em>Quasi Experiment Design</em> (desain eksperimen semu) dimana instrument penelitiannya menggunakan angket dan soal <em>Pretest</em> dan <em>Posttest</em>. Setelah dilakukan berbagai tahapan pengujian, diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi t hitung 0,000 &lt; α = 5% (0,05) artinya adanya pengaruh hasil belajar siswa dalam menggunakan sistem pembelajaran berbasis audiovisual terhadap materi kompetensi dasar unggas dan hasil olahannya pada SMK Negeri 6 Surabaya.</p> Elfarah Maulidyah, Ita Fatkhur Romadhoni, Siti Sulandjari, Lucia Tri Pangesthi ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/48214 Sun, 10 Jul 2022 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA MATERI BUMBU DASAR DAN TURUNANYA MATA PELAJARAN BOGA DASAR https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47890 <table width="639"> <tbody> <tr> <td width="361"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Bumbu dasar dan turunannya adalah kompetensi dasar pada mata pelajaran boga. Media yang digunakan sebelumnya berupa <em>handout</em> dari <em>power point</em> yang diubah dalam bentuk PDF sehingga proses pembelajaran menjadi cenderung pasif, maka dilakukan penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran yang dibantu menggunakan aplikasi <em>quizizz </em>yang menjadi lebih interaktif<em>.</em> Metode pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode R&amp;D dengan model 4D yang dimodifikasi meliputi pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dibuat dan mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Untuk mengetahui kelayakan dilakukan validasi oleh dosen dan guru sebagai validator media dan materi lalu untuk respon pengguna oleh peserta didik sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan instrumen skala menggunakan <em>likkert </em>untuk validasi materi dan mediaserta skala <em>guttman </em>digunakan untuk respon dari peserta didik. Berdasarkan hasil dari analisis data yang dilakukan hasil validasi materi mendapatkan penilaian dengan persentase 80%, sedangkan hasil validasi media mendapat nilai 78%, respon peserta didik mendapat persentase 87,78%. Dapat disimpulkan dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan media pembelajaran untuk materi bumbu dasar dan turunannya dengan kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran.</p> </td> </tr> </tbody> </table> Putri Mei Wulan Dari, Dwi Kristiastuti Suwardiah, Asrul Bahar, Nugrahani Astuti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47890 Sat, 02 Jul 2022 00:00:00 +0000