https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/issue/feed Jurnal Tata Rias 2024-06-21T09:19:56+00:00 Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Tata Rias publishes high-quality research and scholarly articles focused on cosmetology education. It covers curriculum development, teaching methodologies, professional training, trends, innovations, educational technology, and practical applications in cosmetology. Managed by the S-1 Pendidikan Tata Rias program of the Faculty of Engineering at Universitas Negeri Surabaya (UNESA), the journal is published three times a year in April, August, and December. It employs a rigorous double-blind peer-review process and adheres to an open access policy, ensuring global accessibility of its content.</p> https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58405 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL PRAKTIK NAIL ART SMK NEGERI 3 KEDIRI 2024-01-16T21:42:49+00:00 Ummu Nadia Afida nadiaafida6116@gmail.com Arita Puspitorini aritapuspitorini@unesa.ac.id Nia Kusstianti niakusstianti@unesa.ac.id Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id <p>Berdasarkan observasi awal penulis di SMKN 3 Kediri, penggunaan media power point dan<br>teknik ceramah dalam mengajarkan dasar-dasar seni kuku menyebabkan menurunnya partisipasi<br>siswa dalam proses pembelajaran. Untuk memotivasi siswa belajar, guru membekali siswa<br>dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk<br>mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) Sintaks model pembelajaran Project Based Learning<br>(PjBL); (2) Hasil pengetahuan nail art siswa (3) Reaksi siswa SMKN 3 Kediri setelah penggunaan<br>paradigma pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Desain pra-eksperimental adalah<br>metodologi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini. Desain penelitian ini adalah studi kasus<br>satu kali (one-shot case study). Subyek penelitian adalah dua puluh dua siswi kelas XI jurusan<br>Perawatan Kecantikan 1 SMKN 3 Kediri. Penilaian observasi, keterampilan, dan survei adalah<br>metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. (1) Penerapan sintaks model pembelajaran<br>Project Based Learning (PjBL) memperoleh skor rata-rata 3,66 dengan kategori sangat baik. 2)<br>Hasil tes keterampilan menunjukkan kemampuan nail art siswa, dengan rata-rata skor 84,05<br>berada pada kategori sangat baik. menunjukkan bahwa 22 siswa berhasil. Artinya 100% siswa<br>lulus. Uji one sample t-test menghasilkan thitung = 5,691 &gt; ttabel = 1,721 yang menunjukkan<br>bahwa siswa dapat lebih mahir dalam keterampilannya dengan menggunakan paradigma<br>pembelajaran Project Based Learning (PjBL) desain kuku. 3) Kategori metode pembelajaran<br>sangat baik mempunyai rata-rata persentase jawaban siswa sebesar 90,91% secara keseluruhan..<br>Dengan menggunakan model PjBL, siswa didorong untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dan<br>memunculkan ide-ide baru.<br>Kata Kunci: Nail Art, Pembelajaran Berbasis Masalah</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58406 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL PRAKTIK SISWA PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN RIAS FOTOGRAFI (RIAS FOTO HITAM PUTIH) DI SMKN 3 PROBOLINGGO 2024-01-16T21:48:29+00:00 Alfin Isadora Anggraini alfin.19051@mhs.unesa.ac.id Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id mutimmatul Faidah mutimmatul@unesa.ac.id Octaverina Pritasari octaverina@unesa.ac.id <p>Seiring dengan berkembangnya teknologi, proses belajar mengajar juga memerlukan perkembangan<br>terhadap media pembelajaran yang digunakan. Selain itu pada kurikulum merdeka diharuskan bagi tenaga<br>pendidik untuk lebih berinovasi dalam kegiatan pengajaran hingga siswa bisa mendapatkan nilai hasil<br>terbaik. Metode yang dipakai ialah metode kuantitatif menggunakan jenis penelitian pre-experimental dan<br>desain penelitian one shot case study. Subyek penelitiannya yaitu 30 peserta didik dari kelas XI Tata<br>Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Negeri 3 Probolinggo. Proses pengumpulan data dilakukan dengan<br>mengonfirmasi kevalidan melalui lembar penilaian kesesuaian media pembelajaran, melakukan pengamatan<br>menggunakan lembar evaluasi pelaksanaan media video, menguji hasil belajar dalam aspek psikomotorik<br>melalui tes kinerja, dan memperoleh tanggapan dari peserta didik melalui kuisioner. Hasil penelitian tentang<br>penilaian kelayakan video mendapatkan nilai sebesar 3,56 (sangat baik), penerapan media pembelajaran<br>video tutorial mendapatkan nilai rata – rata sebesar 3,8 (Sangat Baik), nilai hasil belajar Psikomotor dapat<br>nilai &gt; KKM yakni 87 (Baik), berdasarkan nilai uji normalitas serta uji-t one sample diperoleh t-hitung =<br>22.878 serta didapat t-table oleh distribusi t satu pihak yakni (0,05/1 :27) serta taraf signifikan 0,05 lalu<br>diperoleh t table = 1,703 maka disimpulkan bahwa t hitung &gt; t table, maka H0 ditolak dan Ha diterima. serta<br>respon siswa pada beberapa aspek mendapatkan nilai rata rata sebesar 98,9% (Sangat Baik). Oleh karena itu,<br>media pembelajaran dengan video tutorial ialah media pembelajaran yang berhasil guna menunjang<br>kemampuan psikomotor peserta didik.</p> <p>Kata kunci: Penerapan Media Video Tutorial, Rias Wajah Fotografi</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58407 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PEWARNAAN RAMBUT SINGLE APLIKASI BAGI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 JOMBANG 2024-01-16T21:53:11+00:00 Nabila Dwi Wahyuni Nabila19066@mhs.unesa.ac.id mutimmatul Faidah mutimmatul@unesa.ac.id Arita Puspitorini aritapuspitorini@unesa.ac.id Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id <p>KBM berdasarkan pengamatan pada mata pelajaran pewarnaan rambut diketahui masih banyak siswa yang<br>nilai rata-ratanya dibawah KKM yaitu &lt;75%. Penggunaan mode pembelajaran yang kurang tepat menjadi<br>penyebabnya, media pembelajaran video sebagai inovasi pada proses pembelajaran belum diterapkan di<br>kelas. Model pembelajaran yang akan diberikan ialah Problem Based Learning. Tujuan penelitian untuk<br>mengetahui prosedur pengembangan media video tutorial materi pewarnaan rambut single aplikasi,<br>memperoleh hasil uji kelayakan media pembelajaran video tutorial pada praktek pewarnaan rambut single<br>aplikasi, mendapatkan hasil belajar siswa setelah memakai media pembelajaran video tutorial pada<br>pewarnaan rambut single aplikasi dan melihat respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran<br>video tutorial dalam praktik pewarnaan rambut single aplikasi di kelas. Jenis penelitian yang digunakan<br>ialah “Research and Development (R&amp;D)”. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI TKK<br>sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI TTKR 2 dengan jumlah 33 siswa dan teknik sampling<br>yang digunakan yaitu jenuh atau sensus. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar kelayakan media berisi<br>3 aspek meliputi aspek materi, media dan; 2) lembar tes yang berisi 20 soal; dan 3) lembar angket. Teknik<br>analisis data meliputi : 1) analisis kelayakan media menggunakan presentase; 2) uji normalitas; 3) uji One<br>Simple T Test; dan 4) analisis angket siswa menggunakan presentase. Hasil penelitian diperoleh : 1)<br>prosedur pengembangan yang digunakan berupa R&amp;D menggunakan perangkat 4-D sangat tepat; 2) video<br>tutorial berkategori sangat layak digunakan untuk pengembangan dalam media pembelajaran serta kegiatan<br>belajar mengajar dengan hasil rata-rata 89%; 3) pembelajaran pewarnaan single aplikasi hasil belajar<br>seluruh siswa mencapai KKM dengan rata-rata nilai akhir sebesar 89% dalam ranah kognitif dan 83% dalam<br>ranah psikomotor; 4) respon siswa menunjukkan hasil rata-rata 95% dengan kategori sangat baik.<br>Kata Kunci : Pengembangan, Video Tutorial, Pewarnaan Rambut Single Aplikasi</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58853 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KOMPETENSI DASAR PENGERITINGAN RAMBUT DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DI SMK NEGERI 3 KEDIRI 2024-02-21T02:52:11+00:00 Indah Inayati indah.19047@mhs.unesa.ac.id Nia Kusstianti niakusstianti@unesa.ac.id Dewi Lutfiati dewilutfiati@unesa.ac.id Nieke andina wijaya niekewijaya@unesa.ac.id Nieke andina wijaya niekewijaya@unesa.ac.id <p>Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara kepada guru serta observasi di SMK Negeri 3<br>Kediri ditemukan hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM di kompetensi dasar pengeritingan<br>rambut dasar. Penelitian ini memiliki guna memastikan media pembelajaran sudah layak, sintaks model PBL<br>bisa diterapkan, serta hasil belajar dan respon siswa bisa ditingkatkan. Jenis penelitian yang digunakan ialah<br>“Pre-Experimental Design” dengan rancangan “One Group Pretest and Posttest” menggunakan sampel 32<br>murid kelas XI TKKR SMK Negeri 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan: (1) skor 4,61 validitas<br>kelayakan media pembelajaran berbasis video dinilai sangat baik, (2) nilai 3,58 pada kelaksanaan sintaks<br>model PBL di kompetensi dasar pengeritingan rambut didapatkan sangat baik, (3) hasil belajar siswa dalam<br>ranah kognitif mengalami peningkatan dimana nilai tertinggi yang didapat adalah 96 dan nila terendah adalah<br>75, (4) respon siswa memperlihatkan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat baik.<br>Kata kunci: Problem Based Learning, pengeritingan rambut dasar</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/58854 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR RIAS KARAKTER TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 SURABAYA 2024-02-21T02:58:28+00:00 Maria Arsa Zusmani Yansah mariaarsa.19018@mhs.unesa.ac.id Octaverina Kecvara Pritasari octaverina@unesa.ac.id Arita Puspitorini aritapuspitorini@unesa.ac.id Biyan Yesi Wilujeng biyanwilujeng@unesa.ac.id <p>Menurut perolehan data dari hasil observasi dan wawancara di SMKN 6 Surabaya, diketahui bahwa<br>terdapat beberapa kendala pada kompetensi dasar rias karakter tiga dimensi. Kurangnya variasi model<br>pembelajaran membuat siswa kurang aktif dan merasa mudah bosan sehingga hasil belajar yang dicapai<br>menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran<br>PjBL sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah<br>mengetahui keterlaksanaan sintak PjBL, hasil belajar dan respons siswa pada pembelajaran yang<br>berbasis proyek. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif berjenis “Pre Experimental” dengan<br>rancangan “One Group Pre-Test and Post-Tes Design” di mana terdapat 33 siswa kelas XII TKC 1<br>SMKN 6 Surabaya sebagai subyek penelitian. Menurut hasil dari penelitian, didapatkan hasil: (1)<br>Penerapan sintak PjBL memperoleh persentase 93,5% dengan kategori sangat baik, (2) Hasil belajar<br>siswa di uji dengan uji t dan memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 &lt; 0.05, sehingga disimpulkan bahwa<br>hasil belajar siswa mengalami peningkatan, (3) Respons siswa memperoleh persentase 96% sehingga<br>dapat dikategorikan sangat baik. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan jika kegiatan pembelajaran<br>PjBL telah terlaksanakan dengan sangat baik yang kemudian memicu terjadinya peningkatan hasil<br>belajar, dan respons yang sangat baik dari para siswa.<br>Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Rias Karakter Tiga Dimensi</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/59753 EDUKASI KOSMETIK YANG AMAN DAN HALAL MELALUI MEDIA E-BOOKLET PADA SISWA JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT DI SMK NEGERI 2 JOMBANG 2024-05-22T03:11:13+00:00 Nadia Shalsabilla Isalia nadia.19073@mhs.unesa.ac.id mutimmatul Faidah mutimmatul@unesa.ac.id Arita Puspitorini aritapuspitorini@unesa.ac.id Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id <p>Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa media E-Booklet yang digunakan memiliki kriteria layak dari<br>segi isi, media dan bahasa. Kajian ini menghasilkan informasi tentang nilai dan rata-rata tingkat pengetahuan<br>pada perlakuan pre-test adalah 74 dengan nilai paling tinggi 85 dan paling rendah 55. Kemudian hasil posttest rata-rata tingkat pengetahuan siswa mengalami pningkatan yaitu menjadi 88,43 dengan skor paling tinggi<br>100 dan skor paling rendah 70. Pada hasil analisis dengan uji statistic paired sample T-test didapatkan ada<br>peningkatan pengetahuan kosmetik yang aman dan halal yaitu dengan nilai sig (2-tailed) =0,000 atau &lt;0,05.<br>Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa informasi tentang produk kosmetikaman dan halal yang diberikan<br>melalui media E-booklet telah tersampaikan dengan baik kepada siswa, yang dapat diamati melalui adanya<br>peningkatan nilai dan rata-rata pengetahuan siswa pada post-test.</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/60412 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL CIWIDEY DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO 2024-06-11T03:35:20+00:00 Angger Damaranti Angger19053@mhs.unesa.ac.id Arita Puspitorini aritapuspitorini@unesa.ac.id Sri Usodoningtyas sriusodoningtyas@unesa.ac.id Nia Kusstianti niakusstianti@unesa.ac.id <p>Pembelajaran berdasarkan pengamatan pada kompetensi dasar penataan Sanggul Ciwidey diketahui<br>banyak siswa yang mengalami kejenuhan dikelas. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat<br>menjadi monoton dan berakibat pada semangat siswa, media pembelajaran video yang kreatif dan inovatif<br>sebagai inovasi perlu diterapkan di kelas. Model pembelajaran yang akan terapkan yaitu Project Base<br>Learning. Tujuan penelitian untuk mengetahui prosedur pengembangan media video tutorial, mendapatkan<br>informasi kelayakan video tutorial, mengetahui hasil belajar psikomotorik dan respon siswa. Jenis<br>penelitian yang digunakan ialah “Research and Development (R&amp;D)”. Populasi pada penelitian ini yaitu<br>seluruh kelas XI TKKR sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa dengan jumlah 28 siswa dan teknik<br>sampling yang digunakan yaitu jenuh atau sensus. Instrumen penelitian meliputi : 1) lembar kelayakan<br>media berisi 3 aspek meliputi aspek materi, media dan bahasa; 2) penilaian kinerja yang terdiri dari<br>persiapan, proses, dan hasil kerja; dan 3) lembar angket respon. Teknik analisis data meliputi : 1) analisis<br>kelayakan media menggunakan skala likert; 2) uji normalitas; 3) uji One Simple T Test; dan 4) analisis<br>angket siswa menggunakan presentase. Hasil penelitian diperoleh : 1) penilaian kelayakan video turotial<br>dari keseluruhan aspek sangat layak; 2) pembelajaran penataan sanggul ciwidey hasil belaljar psikomotorik<br>didapatkan lebih dari KKTP yaitu sebesar 83; dan 3) respon siswa menunjukkan hasil rata-rata 94% dengan<br>kategori sangat baik</p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/61044 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI IBIS PAINT X PADA KOMPETENSI DASAR DESAIN RIAS FANTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK LABSCHOOL UNESA 1 SURABAYA 2024-06-21T09:19:56+00:00 Alya Zahra Nur Maulida Rahma alya.20017@mhs.unesa.ac.id Dewi Lutfiati dewilutfiati@unesa.ac.id Dindy Sinta Megasari dindymegasari@unesa.ac.id Biyan Yesi Wilujeng biyanwilujeng@unesa.ac.id <p><span class="fontstyle0">Kompetensi dasar desain rias fantasi mendorong peserta didik untuk menjadi pusat dalam proses pembelajaran, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan sintaks model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi </span><span class="fontstyle2">Ibis Paint X, </span><span class="fontstyle0">2) hasil belajar peserta didik; dan 3) respon peserta didik terhadap model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi </span><span class="fontstyle2">Ibis Paint X </span><span class="fontstyle0">yang diterapkan pada kompetensi dasar desain rias fantasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa </span><span class="fontstyle2">Pre-Experiment </span><span class="fontstyle0">dengan desain </span><span class="fontstyle2">One Group Pretest and Posttest. </span><span class="fontstyle0">Sampel penelitian ini berjumlah 32 peserta didik dengan teknik </span><span class="fontstyle2">purposive sampling</span><span class="fontstyle0">. Metode penelitian ini terdiri dari: 1) observasi; 2) tes; dan 3) kuesioner. Teknik analisis data berupa, analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran PjBL dan respon peserta didik menggunakan persentase, sedangkan analisis peningkatan hasil belajar menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis keterlaksanaan sintaks model pembelajaran PjBL sebesar 100%; (2) analisis peningkatan hasil belajar menunjukkan Sig. (2-</span><span class="fontstyle2">tailed</span><span class="fontstyle0">) yang diperoleh sebesar 0.000 &lt; 0.05 dan nilai t</span><span class="fontstyle0">hitung </span><span class="fontstyle0">10,511 &gt; t</span><span class="fontstyle0">tabel </span><span class="fontstyle0">2,039 dengan nilai rata-rata </span><span class="fontstyle2">pretest </span><span class="fontstyle0">sebesar 50,47 dan </span><span class="fontstyle2">posttest </span><span class="fontstyle0">sebesar 85,15. Hal ini menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata secara signifikan dari hasil belajar antara sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi </span><span class="fontstyle2">Ibis Paint X</span><span class="fontstyle0">; (3) analisis respon peserta didik pada penerapan model pembelajaran PjBL dan aplikasi </span><span class="fontstyle2">Ibis Paint X </span><span class="fontstyle0">mendapat persentase sebesar 96% yang berarti kategori sangat baik. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan aplikasi </span><span class="fontstyle2">Ibis Paint X </span><span class="fontstyle0">dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan respon yang sangat baik.</span></p> <p>&nbsp;</p> <p><span class="fontstyle3">Kata kunci: </span><span class="fontstyle0">pjbl</span><span class="fontstyle2">, ibis paint x</span><span class="fontstyle0">, hasil belajar, desain rias fantasi</span> </p> 2024-01-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##