Jurnal Tata Rias https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Tata Rias - Fakultas Teknik UNESA en-US oe2karselan@yahoo.com (Sri Usodoningtyas) kusst_niamanis@yahoo.co.id (Nia Kusstianti) Thu, 23 Sep 2021 05:35:08 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KAJIAN BENTUK DAN MAKNA TATA RIAS PENGANTIN KEBESARAN BANTEN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42944 <p>Abstrak</p> <p>Banten memiliki budaya yang khas dalam pelaksanaan pernikahan. Terdapat 3 tata rias pengantin Banten yaitu, Kebesaran Banten, Banten Lestari dan Banten Gaya Tangerang. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk tata rias dan busana pengantin Kebesaran Banten dan mengetahui makna yang terdapat pada tata rias dan busana pengantin Kebesaran Banten. Penelitisn ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan studi dokumen. Tata rias pengantin Kebesaran Banten memiliki ciri khas yang terdapat pada warna eyeshadow dengan warna hijau, coklat, orange, dan gold. Penataan rambut pengantin Kebesaran Banten disebut dengan Jucung yang terbuat dari rajut panjang dan pandan beserta cemara pipih. Busana pengantin wanita Kebesaran Banten menggunakan kebaya beludru dengan kain Kasultanan Banten serta dilengkapi aksesoris. Makna dari tata rias wajah pengantin Kebesaran Banten yang terdapat pada warna eyeshadow yang mempunyai arti Hijau merupakan lambang kesuburan bumi Banten, Coklat lambang ketegasan, Orange lambang sunset pantai Banten, Gold atau Kuning emas yang berarti kejayaan Banten. Busana yang digunakan yang merupakan akulturasi pengaruh budaya Jawa yang masuk ke Banten.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Bentuk, Makna, Pengantin Kebesaran Banten.</p> Ailsa Festiana, Mutimmatul Faidah, Arita Puspitorini, Nia Kusstianti ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42944 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGAN APLIKASI KINEMASTER PADA KOMPETENSI DASAR PENGERITINGAN RAMBUT DESAIN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42945 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Media video tutorial adalah media yang dapat dilihat dan didengar karena merupakan penggabungan antara audio dan visual serta dapat ditayangkan berulang-ulang. Media ini dibuat oleh pakar/tutor untuk disampaikan kepada sekelompok orang. Pengeritingan rambut desain adalah salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Pengeritingan Rambut dan Penataan Rambut Tradisional dan Kreatif SMK Kompetensi Keahlian Kecantikan Kulit dan Rambut. Pada pengeritingan rambut desain terdapat bermacam-macam teknik yang dapat digunakan, sehingga akan memakan waktu lama dalam pembahasan kompetensi dasar ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Video Tutorial dengan Aplikasi KineMaster pada Kompetensi Dasar Pengeritingan Rambut Desain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode <em>Research and Development</em> (R &amp; D) dengan 5 (lima) tahap pengembangan yakni:&nbsp; 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain ptoduk, 4) validasi desain, 5) revisi desain. Validator dari penelitian ini adalah 3 Ahli Materi, 3 Ahli Media, dan 4 Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi keahlian Kecantikan Kulit dan Rambut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan presentasi nilai rata-rata validasi dari ahli materi sebesar 87%, rata-rata ahli media 88%, dan rata-rata dari guru SMK 87%. Sehingga Media Video Tutorial dengan Aplikasi KineMaster pada Kompetensi Dasar Pengeritingan Rambut Desain dapat dikategorikan “Sangat Layak”.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Media Video Tutorial, KineMaster , Pengeritingan Rambut Desain.</p> Setiyawati Setiyawati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42945 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL METODE PERAWATAN BADAN DENGAN MASSAGE DAN LULUR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK KECANTIKAN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42948 <h2>Abstrak</h2> <p>Perawatan badan adalah salah satu materi pelajaran yang mana diajarkan di SMK Kecantikan, umumnya dilakukan secara tatap muka karena mengharuskan adanya kegiatan praktik setelah teori diberikan. Namun, pandemi Covid-19 yang muncul tak berkesudahan membuat pembelajaran dilakukan secara online. Melihat kondisi tersebut, pembuatan video tutorial sebagai media pembelajaran siswa dirasa cukup efektif digunakan selama masa pandemi. Video tutorial dapat digunakan siswa di manapun karena mudah diakses, realistis dan dapat diulang penayangannya atau dihentikan sesuai kebutuhan pembelajaran, video tutorial pun menjadi media pembelajaran yang menarik untuk diterima dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berupa video tutorial&nbsp; dengan merode perawatan badan “massage” dan lulur untuk peserta didik si SMK Kecantikan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pre eksperimen menggunakan desain oneshot case study. Penelitian dengan 8 validator, yaitu 4 dosen tata rias dari jurusan tata rias fakultas teknik Unesa dan 4 guru dari SMK Kecantikan. Validator bertugas memvalidasi media pembelajaran yang telah dibuat peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi yang dikirimkan menggunakan google form kepada validator untuk menilai kelayakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif, dengan mendeskripsikan hasil analisis data dari penilaian validator sebagaimana adanya. Hasil penelitian terhadap media pembelajaran mendapat skor total 83,125% yang menunjukkan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video tutorial layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran peserta didik di SMK Kecantikan.</p> <p>Kata kunci: perawatan badan, video tutorial, media pembelajaran.</p> Yesi intan safitri, Suhartiningsih Suhartiningsih, Nia Kusstianti, Arita Puspitorini ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42948 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL PEMANGKASAN RAMBUT TEKNIK UNIFORM LAYER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK KECANTIKAN https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42950 <p>Abstrak</p> <p>Di era covid-19 saat ini, semua kegiatan dilakukan secara daring salah satunya di dunia pendidikan. Proses belajar mengajar diubah menjadi pembelajaran jarak jauh dengan melakukan daring. SMK merupakan salah satu program pendidikan yang menghasilkan peserta didik yang terampil dan kompeten, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran praktek. Pemangkasan rambut &nbsp;merupakan salah satu kompetensi di SMK yang harus dikuasai. Karena keterbatasan pertemuan tatap muka di sekolah, maka dibutuhkan adanya media yang mendukung proses belajar mengajar yaitu dengan penggunaan video tutorial, yang dapat membantu mempermudah proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari media video untuk kompetensi pemangkasan <em>uniform layer</em>. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain <em>one shot case study</em>. Dari hasil penilaian responden yang berkompeten di bidangnya, didapatkan hasil 98% untuk aspek materi, dan 97,40% untuk aspek media. Dari presentase yang didapatkan menyatakan bahwa media video tutorial pemangkasan teknik <em>uniform layer </em>ini berkriteria sangat baik, dengan beberapa saran yaitu memperlambat intonasi suara dan kecepatan video, kemuculan tulisan video dipersingkat, penggunaan tripod untuk pengambilangambar agar stabil.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>media pembelajaran, video, pemangkasan rambut,<em> uniform layer</em>.</p> Natalia Ramadany, Suhartiningsih Suhartiningsih, Octaverina Pritasari, Biyan Wilujeng ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42950 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 PERBANDINGAN PENGGUNAAN CRIMPING-IRON DAN CURLY-IRON PADA HASIL JADI SANGGUL MODERN SERAT NANAS https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42951 <p>Abstrak<br>Sanggul modern serat nanas menurut terapan ialah penataan kreatif dan menurut bentuk penataan<br>ialah penataan sanggul menggunakan sasakan. Penataan dapat dilakukan dengan teknologi alat yang<br>semakin modern diantaranya ialah crimping-iron dan curly-iron. Tujuan penelitian ialah untuk<br>mengetahui: 1) hasl penataan sanggul modern serat nanas dengan menggunakan crimping-iron dan<br>curly-iron 2) perbandingan hasil penataan sanggul modern serat nanas antara yang menggunakan<br>crimping-iron dan curly-iron. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Variabel dalam<br>penelitian ini meliputi 1) Variabel bebas: penggunaan crimping-iron dan curly-iron dalam penataan<br>sanggul modern serat nanas 2) Variabel terikat: hasil penataan sanggul modern serat nanas 3)<br>Variabel kontrol: proses pengerjaan dilakukan oleh peneliti, desain penataan ialah sanggul modern<br>serat nanas, kriteria rambut yang diberikan perlakuan yaitu Panjang rambut sebahu, jenis rambut<br>normal cenderung tebal, dan tidak direbonding. Metode yang digunakan ialah observasi dan<br>melibatkan 30 observer. Teknik analisis data menggunakan Uji non parametrik Mann Whitney. Hasil<br>penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata antara penggunaan crimping-iron<br>dan curly-iron terhadap penataan sanggul modern serat nanas dengan nilai signifikasi 0,15 &gt; 0,05.<br>Namun dilihat dari rata-rata skor penilaian menunjukkan nilai penggunaan crimping-iron yaitu<br>21,33 sedangkan penggunaan curly-iron memiliki nilai rata-rata 20,03.<br>Kata kunci : sanggul modern serat nanas, crimping-iron, curly-iron</p> Berlian Nuryakin, Maspiyah Maspiyah, Octaverina Pritasari, Dewi Lutfiati ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42951 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 KAJIAN BENTUK DAN MAKNA TATA RIAS TARI REYOG TULUNGAGUNG https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42952 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Reyog Tulungagung merupakan tarian khas dari tulungagung yang saat ini menjadi salah satu ikon di kabupaten Tulungagung, tarian ini berfungsi untuk tarian selamat datang dimana menyambut tamu penting di Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk dan makna tata rias wajah serta penataan rambut (2) Bentuk dan makna busana (3) Bentuk dan makna aksesoris tari Reyog Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian tata rias tari Reyog Tulungagung adalah: (1) Bedak yang di gunakan menyesuaikan warna kulit penari, <em>eyeshadow </em>yang digunakan warna coklat, merah dan yang hitam berarti kekuatan. Alis dibentuk mendatar berwarna hitam agar terlihat tegas serta lipstick berwarna merah. Penataan rambut penari hanya di urai karena untuk membuat penari lebih gagah seperti seorang prajurit. (2) busana penari meliputi baju berwarna putih, jarik berwarna merah dengan motif bunga khas daerah Tulungagung yang melambangkan kegembiraan, sampur gendong untuk membawa dhodhog/kendang, celana berwarna hitam, stagen dan kaos kaki putih. (3) Aksesoris yang dipakai penari meliputi iket, iker/guling, sumping, klat bahu, sempyok, deker, kalung, sabuk, uncal, boro-boro samir, keris, gongseng, binggel dan yang paling utama yakni dhodhog/kendang. Ciri khas aksesorisnya yaitu iket yang berbentuk tanduk kerbau dan iker/guling berwarna merah putih dengan burung garuda dimana keduanya merupakan simbol negara Indonesia. Tata rias dan busana tarian ini selaras dengan gerakan tari Reyog Tulungagung.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Bentuk, Makna, Tata Rias, Tari Reyog Tulungagung</p> Livia Nur Azizah, Dindy Sinta Megasari, Mutimmatul Faidah, Sri Usodoningtyas ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42952 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000 PENGARUH FASILITAS BELAJAR DARINGTERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADALAM KOMPETENSI DASARMENERAPKANPEMANGKASAN RAMBUT PRIA DENGAN TEKNIK BARBER DI MASA PANDEMI COVID-19 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42953 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Adanya virus <em>Corona</em>di Indonesia mengakibatkansekolah diliburkan dan siswa belajar secara Daring (dalam jaringan). Untuk mencapai tujuanbelajar Daring harus memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar. mengetahui pengaruh fasilitas belajar Daring terhadap motivasi belajar siswa adalah tujuan penelitian ini. Metode observasi dan angket merupakan metode yang dipilihdalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Penelitian ini memakai Pendekatan kuantitatif. AnaIisis regresi Iiniersederhana, Uji-t, dan koefisien determinasi yang digunakan sebagai analisis data dalam penelitisn ini. Dari hasil anaIisis regresi Iinier sederhana koefisien regresi X besarnya adalah 0,947 dijabarkan bahwa setiap bertambahnya 1% nilai Fasilitas belajar, menjadikan motivasi belajar nilainya bertambah 0,947. Yang artinya pengaruh variabel X (fasilitas belajar) terhadap variabel Y (motivasi belajar) mempunyai arah pengaruh yang positif.Nilai t<sub>hitung</sub> 12,018&gt;t<sub>tabel</sub> 1,999 dan sig 0,000&lt;0,05 jadikesimpulannya variabel fasilitas belajar (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi belajar (Y). Koefisien determinasi(R Square) adalah 0,696 sehingga artinya pengaruh variabel bebas (fasilitas belajar) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) adalah 69,1%.Sehingga dipenelitian ini dapat dibuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar Daring terhadap motivasi belajar peserta didik kelas 12 Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Kediri. Jika fasilitas belajar Daring baik dan lengkap maka motivasi belajar siswa menjadi lebih baik sehingga dapat tercapai tujuan belajar.</p> <p><strong>KataKunci:</strong>Fasilitas Belajar Daring, Motivasi Belajar</p> Adetyas Pramesti, Nia Kusstianti, Octaverina Pritasari, Arita Puspitorini ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/42953 Thu, 23 Sep 2021 00:00:00 +0000