SISTEM MONITORING KADAR KARBON MONOKSIDA (CO) PADA CEROBONG ASAP INDUSTRI DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH MELALUI SMARTPHONE ANDROID

  • Moch Andreyan Adi P

Abstract

Abstrak

Dewasa ini banyak sekali bisa kita lihat dan rasakan udara yang sudah tidak seperti dulu lagi dikarenakan penebangan hutan yang semakin marak serta pembangunan pabrik-pabrik industri yang kian pesat. Salah satu faktor yang mempengaruhi polusi udara adalah Karbon Monoksida (CO) yang berasal dari sisa pembakaran dari pabrik industri yang dikeluarkan melalui cerobong asap pabrik industri tersebut. Penelitian ini dibuat untuk membantu pemerintah dalam memonitoring kadar Karbon Monoksida (CO) dengan lebih efisien karena dapat dilakukan setiap waktu secara real time dengan menggunakan media Smartphone Android. Selain itu penelitian ini juga dibuat untuk menghasilkan teknologi tepat guna sederhana yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan/berkepentingan untuk melakukan monitoring kadar Karbon Monoksida (CO) serta meminimalisir terjadinya pencemaran udara sekitar. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa Sensor MQ-7 pada alat monitoring dapat mendeteksi kadar karbon monoksida dengan baik dan memiliki tingkat error sebesar 0,72% dalam melakukan beberapa kali pengambilan data. Mengingat tingkat keakurasian CO Meter sebanding dengan NDIR (Non-Dispersive Infrared Detector) Analyzer yang secara umum digunakan untuk memonitoring dan mendeteksi kadar Karbon Monoksida di udara. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa alat ini mampu digunakan sebagai monitoring kadar Karbon Monoksida (CO) di udara dengan baik. 

Kata Kunci: Monitoring CO, Sensor MQ-7, Bluetooth HC-06, Arduino UNO, MIT App Inventor.

 

Abstract

Nowadays, the air is worst because of many logging activities and factory development that polluted the air and make our respiratory system worst. The factor that caused pollution is carbon monoxide (CO) which derived from factory residue that comes out from the chimney. This research is aimed to help the government in monitoring the level of carbon monoxide efficiently because it can be done every time in real time by using Smartphone Android. Furthermore, this research is also aimed to produce appropriate technology that can be utilized by many people in monitoring the level of carbon monoxide (CO) and minimizing the pollution. The result of this study showed that sensor MQ-7 in monitoring device detected the level of carbon monoxide efficiently and the error level was in 0.72% when it used to collect the data. The level of accuracy of CO Meter is as same as NDIR Analyzer which is used to monitor and detect the level of carbon monoxide in the air. From the result showed that this instrument can be used to monitor the level of carbon monoxide efficiently.

Keywords: CO Monitoring, Sensor MQ-7, Bluetooth HC-06, Arduino UNO, MIT App Inventor.

Published
2017-12-06
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 579