PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAP MELALUI PERMAINAN CARI KATA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANGSISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGANJUK
Abstract
Mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Jepang, penguasaan kosakata sangatlah penting. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Mind Map yang dipadukan dengan permainan cari kata untuk mengatasi kesulitan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang pada bab 7 (Doko Ni Arimasuka) dan bab 8 (Toire Wa Doko Desuka) dalam buku sakura jilid 1. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Mind Map melalui permainan cari kata terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri 1 Nganjuk.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (True Eksperimen Design). Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Nganjuk sedangkan sampel adalah kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling melalui undian. Pembelajaran pada kelas eksperimen (X-3) menggunakan metode Mind Map melalui permainan cari kata, sedangkan pada kelas kontrol (X-4) menggunakan metode ceramah dan drill.
Berdasarkan hasil perhitungan perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan rumus t-test, diperoleh hasil t 3,32 > t (tabel ) 2,68 > (tabel ) 2,42. Adanya perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen didukung oleh hasil lembar pengamatan yang dilakukan oleh guru. Dari hasil lembar pengamatan tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikemas dalam metode Mind Map melalui permainan cari kata membuat siswa lebih aktif.. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang terdapat pada perhitungan mean kelas eksperimen dimana mean kelas tersebut lebih besar dari pada mean kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode Mind Map melalui permainan cari kata mempunyai pengaruh positif terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X-3 SMA Negeri 1 Nganjuk.
Kata Kunci: metode Mind Map melalui Permainan cari kata, peguasaan kosakata bahasa Jepang
??
?????????????????????????? ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
???????True Eksperimen design ????????????????????????????????????????????????????????????X-3??????????????X-4?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
???????????????t 3,32 >t (tabel ) 2,68 > 2,42????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
????? ??????????????????????????
Downloads
Abstract views: 100
,
PDF Downloads: 82