PENGARUH MEDIA LOGICO PRIMO DALAM METODE KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENGUASAAN KATA KERJA (??) BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 1 TUBAN TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini menggunakan media logico primo dalam metode STAD untuk mengatasi kesulitan siswa dalam penguasaan kata kerja bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh serta respon siswa mengenai media logico primo dalam metode STAD terhadap penguasaan kata kerja bahasa Jepang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan true experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Tuban dengan sampel kelas XI IPA 7 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 5 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen.
Dari hasil analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh hasil t-test 3,86 > 2,39 > 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa media logico primo dalam metode kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh positif terhadap kelas eksperimen. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa media logico primo melalui metode kooperatif tipe STAD menarik (93,75%), memotivasi (93,75%), dan dapat meningkatkan penguasaan kata kerja bahasa Jepang (78,13%).
Kata kunci: Logico primo, Kooperatif STAD, Kata kerja.
??
????????????????????????????????????????Kooperatif STAD?????????????????????????????????????????????Kooperatif STAD????????????????????????????
???????True Experiment Design ??????????????????????????????????????????????????????XI IPA 5???(32??)??????????????XI IPA 7???(32??)????
T-test??????????3,86 > 2,39 > 1,67???????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????? ????????????Kooperatif STAD???????????????????93,75%??????????93,75%???????????????????78,13%??????
????? ? ???????Kooperatif STAD, ???
Downloads

