PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOAL TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGUASAAN BILANGAN BAHASA JEPANGPADA SISWA KELAS XII A DI SMK GAJAH MADA MEJAYAN TAHUN AJARAN 2013/2014

  • ENY STYONINGASIH

Abstract

Hambatan siswa kelas XII SMK GAJAH MADA dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah penguasaan bilangan. Karena pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang digunakan untuk meningkatkan penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas XII A SMK GAJAH MADA tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, pertama untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), kedua untuk mengetahui pengaruh media soal teka-teki silang sebagai media pendukung dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), dan ketiga untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang.
Pada penelitian ini yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XII B sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XII A SMK GAJAH MADA MEJAYAN. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif dan termasuk dalam penelitian True experiment atau eksperimen murni.
Berdasarkan hasil lembar observasi diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) lebih berpengaruh terhadap peningkatan siswa dalam pembelajaran bilangan bahasa Jepang. Hal tersebut dikarenakan metode tersebut mampu meningkatkan motivasi siswa, sehingga siswa lebih memperhatikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sedangkan dari hasil perhitungan t-test, hasil yang didapat adalah 4,12. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai pada tabel yaitu 2,000 dan 2,660. Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silangberpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas XII A SMK GAJAH MADA tahun ajaran 2013/2014.
Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas eksperimen. Dari 31 orang siswa, lebih dari 85% menjawab setuju dengan pernyataan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang sangat efektif.
Kata Kunci: bilangan, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments), media teka-teki silang.
要旨
数字の学習の中でSMK GAJAH MADA MEJAYANの3年生の障害物は番号の習得である。単調な学習なので、学生は授業にあまりやる気がない。そのことから、SMK GAJAH MADA MEJAYAN の2013/2014年度XIIAクラスの学生に数字の習得をかいぜん;改善するためにクロスワード問題のメディアを使用してTGT(Teams Game Tournament)協調学習法が使用されている。この研究の結果は3つあり、まずはTGT(Teams Game Tournament)協調学習法の効果を理解するため、二番目はTGT(Teams Game Tournament)協調学習法にサポートメディアとしてクロスワード問題の効果を理解するため、そして三番目は学生に数字の習得に対してクロスワード問題のメディアを使用してTGT(Teams Game Tournament)協調学習法の使用に学生の回答を理解するためである。
この研究の中で、コントロールのクラスはSMK GAJAH MADA MEJAYANのXIIBクラスとトライアルクラスはXIIAクラスである。この研究は定量的な研究と質的な研究を組み合わせ、そして純粋な研究に属している。
Hikari. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 35 - 43
2
観察シートの結果によると、TGT(Teams Game Tournament)協調学習法は数字の学習に学生の能力の改善に対してもっと効果がある。その方法は学生のモチベーションを改善することができるから、教師に教える授業に集中ことができる。そしてt-testの計算結果から、4,12点ができた。その結果は表にある点数、2,000と2,660、より高い。だから、クロスワード問題のメディアを使用してTGT(Teams Game Tournament)協調学習法はSMK GAJAH MADA MEJAYAN の2013/2014年度XIIAクラスの学生に数字の習得の改善するために著しく効果がある。
学生の回答アンケートは実験的なクラスに数字の習得に対してクロスワード問題のメディアを使用してTGT(Teams Game Tournament)協調学習法. 学生の31人の中には85%以上のが「使用したクロスワードパズルについてのメディアで協同的な学習方法TGT(チームゲームトーナメント)タイプは数字の語彙を習得するのが非常に強力なカテゴリー」という応答は賛成を得た。
ーワード:数字、TGT(Teams Game Tournament)協調学習法、クロスワードメディア

Published
2015-03-05
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 76