PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOAL TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENGUASAAN BILANGAN BAHASA JEPANGPADA SISWA KELAS XII A DI SMK GAJAH MADA MEJAYAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • ENY STYONINGASIH

Abstract

Hambatan siswa kelas XII SMK GAJAH MADA dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah penguasaan bilangan. Karena pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang digunakan untuk meningkatkan penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas XII A SMK GAJAH MADA tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, pertama untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), kedua untuk mengetahui pengaruh media soal teka-teki silang sebagai media pendukung dalam metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament), dan ketiga untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang.
Pada penelitian ini yang menjadi kelas kontrol adalah kelas XII B sedangkan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XII A SMK GAJAH MADA MEJAYAN. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif dan termasuk dalam penelitian True experiment atau eksperimen murni.
Berdasarkan hasil lembar observasi diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) lebih berpengaruh terhadap peningkatan siswa dalam pembelajaran bilangan bahasa Jepang. Hal tersebut dikarenakan metode tersebut mampu meningkatkan motivasi siswa, sehingga siswa lebih memperhatikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sedangkan dari hasil perhitungan t-test, hasil yang didapat adalah 4,12. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai pada tabel yaitu 2,000 dan 2,660. Sehingga disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silangberpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas XII A SMK GAJAH MADA tahun ajaran 2013/2014.
Angket respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang siswa kelas eksperimen. Dari 31 orang siswa, lebih dari 85% menjawab setuju dengan pernyataan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan menggunakan media soal teka-teki silang terhadap penguasaan bilangan bahasa Jepang sangat efektif.
Kata Kunci: bilangan, metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments), media teka-teki silang.
??
????????SMK GAJAH MADA MEJAYAN?3????????????????????????????????????????????????SMK GAJAH MADA MEJAYAN ?2013/2014??XIIA?????????????????;?????????????????????????TGT(Teams Game Tournament)??????????????????????3???????TGT(Teams Game Tournament)????????????????????TGT(Teams Game Tournament)?????????????????????????????????????????????????????????????????????????TGT(Teams Game Tournament)?????????????????????????
???????????????????SMK GAJAH MADA MEJAYAN?XIIB?????????????XIIA??????????????????????????????????????????????
Hikari. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2014, 35 - 43
2
?????????????TGT(Teams Game Tournament)???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????t-test????????4,12??????????????????2,000?2,660????????????????????????????TGT(Teams Game Tournament)??????SMK GAJAH MADA MEJAYAN ?2013/2014??XIIA?????????????????????????????
??????????????????????????????????????????????TGT(Teams Game Tournament)?????. ???31?????85%????????????????????????????????????TGT??????????????????????????????????????????????????????
????????TGT(Teams Game Tournament)????????????????

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-05
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 90