PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TENNIS VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG KELAS X-2 SMAN 2 LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012-2013

  • GIGIH DWI PENGGALIH

Abstract

Metode permainan tennis verbal digunakan untuk mengatasi kesulitan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X-2 SMAN 2 Lamongan yang bertujuan untuk mencari pengaruh penggunaan metode permainan tennis verbal terhadap kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Jepang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan rancangan eksperimen murni (true exsperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas X-9 sebagai kelas kontrol dan X-2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil ttest baik kelas kontrol (7,90) dan maupun pada kelas eksperimen (22,20) sama-sama lebih besar daripada nilai t-tabel (1,70). Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t-tes kelas eksperimen dengan menggunakan metode permainan tennis verbal lebih besar daripada nilai t-tes kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Kata kunci : Metode permainan, tennis verbal, kosakata bahasa Jepang.
Published
2015-08-11
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 17