PENGARUH MODEL PICTURE AND STUDENT ACTIVE DALAM CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 PATIANROWO NGANJUK TAHUN AJARAN 2013/2014

  • JERVI DIANA LAILY

Abstract

Penelitian ini menggunakan model Picture and Student Active dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang tentang gambaran fisik, pakaian dan asessoris pada buku sakura jilid 1. Tujuan yang ingin diperoleh adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model Picture and Student Active dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Patianrowo Nganjuk tahun ajaran 2013/2014. Selain itu juga mendiskripsikan respon siswa kelas X-2 terhadap pembelajaran menggunakan model Picture and Student Active dalam Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (True Eksperimen Design). Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Patianrowo Nganjuk sedangkan sampel adalah kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sample atau sampel bertujuan karena dalam model Picture and Student Active pada CTL sebagai metode yang akan diujicobakan memerlukan keaktifan siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen (X-2) menggunakan model Picture and Student Active pada CTL, sedangkan pada kelas kontrol (X-3) menggunakan metode ceramah dan latihan.  Hasil penelitian yang diperoleh (1) Berdasarkan hasil perhitungan perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan rumus t-test, diperoleh hasil t (hitung) 3,96 > t (tabel ) 2,39 > (tabel ) 1,67 (2) hasil analisis respon siswa dalam perhitungan hasil angket diperoleh rata-rata lebih dari 80 % siswa mendukung keefektifan model Picture and Student Active dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran bahasa Jepang tentang gambaran fisik, pakaian dan assesoris. Hal ini menunjukkan bahwa model Picture and Student Active dalam Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X-2 SMA Negeri 1 Patianrowo Nganjuk. Kata Kunci: model Picture and Student Active, Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar
Published
2015-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 334