PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI KARADA NO BUBUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF KANJI PADA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 3013/2014

  • MIKKE SETYA ARIESTI

Abstract

Kesulitan menghafal huruf kanji, membuat kemampuan membaca dan menulis huruf kanji dalam pembelajaran bahasa Jepang semakin rendah, karena siswa merasa bosan dengan pembelajaran huruf kanji yang kurang menarik. Hal tersebut berdasarkan hasil dari identifikasi angket pra penelitian kebutuhan siswa dan hasil wawancara guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Untuk menghilangkan rasa bosan dan meningkatkan motivasi belajar siswa, maka diperlukan media yang menarik minat siswa untuk belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengembangkan media animasi Karada no Bubun untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf kanji. Peneliti mengembangkan media animasi Karada no Bubun bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, mengetahui efektifitas media dan mengetahui respon siswa terhadap media. Media animasi Karada no Bubun dikembangkan menggunakan teori penelitian pengembangan menurut Sugiyono (2011:298) dengan menggunakan subjek uji coba produk secara terbatas pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Hasil pengembangan media animasi Karada no Bubun layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf kanji. Kelayakan media dapat dibuktikan dengan hasil penilaian ahli validator media dan validator materi. Persentase yang diperoleh dari penilaian ahli media sebesar 83,33% dan penilaian ahli materi 95%. Keefektifan media dapat dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas, hasil respon siswa dan observator siswa. Hasil uji coba untuk kemampuan membaca memiliki hasil t-signifikan sebesar 9,76 > t (5%,db=32) dan untuk kemampuan menulis memiliki hasil t sebesar 6,98 > t (5%,db=32). Respon siswa memiliki persentase sebesar 97,15%. Observasi siswa pada uji coba produk pertemuan pertama memiliki persentase sebesar 95,24%dan pertemuan kedua 98,81%. Kata Kunci : Pengembangan media, Animasi Karada no Bubun, Kemampuan membaca dan menulis, Huruf kanji
Published
2015-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 46