PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DEMONSTRASI BISU DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA VERBA (動詞どうし) BAHASA JEPANG SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 KRIAN TAHUN AJARAN 2013/2014

  • ARYANI PUSPITASARI

Abstract

Pada pembelajaran bahasa Jepang siswa SMA Negeri 1 Krian mengalami kesulitan dalam mengingat kosakata verba (動詞どうし). Rumusan masalah ada yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu dengan media foto dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif bisu dengan media foto. Bedasarkan permasalah di atas maka model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu digunakan dalam meningkatkan penguasaan kosakata verba (動詞どうし) bahasa Jepang kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Krian. Menurut Roestiyah (dalam Siregar, 2012: 3-4) menyatakan demonstrasi bisu adalah cara mengajar di mana seorang instruktur / guru menunjukkan, memperlihatkan suatu proses. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Krian dengan sampel yaitu kelas X SCI sebagai kelas kontrol dan kelas X Bahasa sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan metode random sampling menggunakan dua subjek yang dibandingkan. Setelah dilakukan analisis menggunakan t-signifikan diperoleh hasil t-signifikansi kelas kontrol adalah 12,97 dan hasil t-signifikansi kelas eksperimen adalah 15,25. Sedangkan nilai t tabel bedasarkan taraf kepercayaan 95% adalah 2,06, maka hasilnya berpengaruh positif terhadap pembelajaran pada kedua kelas tersebut. Setelah dihitung menggunakan t-testdiperoleh 5,60>t (0,05.26) = 2,06 > t (0,01.50) = 2,78, dinyatakan ada perbedaan signifikan model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu terhadap penguasaan kosakata verba (動詞どうし) bahasa Jepang kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Krian. Selain Tes pada kelas eksperimen juga diberikan angket respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu, dalam uraian angket siswa tertarik dengan model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu dan siswa lebih mudah dalam mengingatkan kosakata verba (動詞どうし). Bedasarkan analisis di atas dapat ditarik simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif demonstrasi bisu mempunyai pengaruh positif yang signifikan dan mendapat respon positif dari siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Krian. Kata kunci: Demosntrasi bisu, kosakataverba (動詞どうし), model pembelajaran kooperatif, foto.
Published
2015-08-11
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 27