PENGARUH KEJIWAAN TOKOH TAMBAHAN NAOKO TERHADAPKARAKTER TOKOH UTAMA TORU WATANABE (とる渡辺)DALAM FILM NORUWEI NOMORI 『ノルウェイの森』KARYA HARUKI MURAKAMI (春樹村上)

  • VIRGIAWAN WIDY CASTRENA

Abstract

Penelitian ini menggunakan film sebagai sumber data utama. Film yang digunakan dalam penelitian ini berjudul Noruwie No Mori 『ノルウェイの森』 karya Haruki Murakami (春樹村上). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimana kondisi tokoh tambahan Naoko dalam film Noruwie No Mori 『ノルウェイの森』 karya Haruki Murakami (春樹村上)?, dan bagaimana pengaruh kondisi kejiwaan tokoh tambahan Naoko terhadap tokoh utama Toru Watanabe pada film Noruwie No Mori 『ノルウェイの森』karya Haruki Murakami (春樹村上)?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh tokoh Naoko terhadap pembentukan karakter dalam diri Toru Watanabe (とる渡辺) melalui teori pendekatan psikologi sastra dan psikologi tokoh yang berkaitan satu sama lain dalam film ini.
Data yang diperoleh sebanyak enam belas data melalui percakapan, tingkah laku dan percakapan monolog Naoko maupun Toru Watanabe (とる渡辺). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, terdapat bukti tentang tingkah laku dan tuturan monolog dari Naoko dan Toru watanabe (とる渡辺). Dalam film ini digambarkan bahwa Naoko sedang mengalami gangguan psikologi jiwa yang berkecamuk sehingga berpengaruh pada karakter di dalam diri Toru Watanabe (とる渡辺).
Kata Kunci : pengaruh karakter Naoko dalam film Noruwei no Mori.

Published
2013-02-04
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 130