MAKNA DAN KOHESI LEKSIKALBAHASA IKLAN DALAM KORAN MAINICHI SHINBUN EDISI 1-8 JANUARI 2012

  • DIAN KURNIA PUTRI

Abstract

Makna adalah hubungan yang ada diantara unsur-unsur bahasa itu sendiri. Agar suatu wacana dapat dipahami dengan baik maka wacana tersebut harus bersifat kohesif (padu). Penelitian ini menganalisis tentang makna dan kohesi leksikal yang terdapat dalam iklan pada koran Mainichi Shinbun edisi 1-8 Januari 2012 yang kemudian disajikan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Empat jenis dan tipe makna yang terdapat dalam penelitian ini adalah makna denotatif, ideasional, luas, dan kiasan yang merupakan teori Pateda Mansoer. Sedangkan teori kohesi leksikal dari Sumarlam yang terkandung dalam penelitian ini diantaranya adalah repetisi, sinonimi, dan kolokasi.
Kata kunci: Makna, Kohesi Leksikal

Meaning that there is a relationship between the elements of the language itself. For a discourse can be understood by both the discourse must be cohesive (solid). This study analyzes the meaning and lexical cohesion contained in the Mainichi Shinbun newspaper advertisements in issue 1 to 8 January 2012 which were then presented with a qualitative descriptive analysis method. Four kinds and types of meaning contained in this research is the denotative meaning, ideational, spacious, and the figures are Pateda Mansoer theory. While the theory of lexical cohesion Sumarlam contained in this research include repetition, synonymy, and collocation.
Keywords: Meaning, Lexical Cohesion

Published
2013-02-04
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 199