Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Guna Meningkatkan Penguasaan Kata Kerja dan Pola Kalimat Bentuk ~? Anak Tema Kegiatan Berurutan (????????) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Krembung Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Guna Meningkatkan Penguasaan Kata Kerja dan Pola Kalimat Bentuk ~?Anak Tema Kegiatan Berurutan (????????) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Krembung Tahun Ajaran 2014/2015”. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 masih menjadi permasalahan baik bagi guru ataupun siswa. Tujuan penelitian pengembangan LKS ini untuk mendeskripsikan kelayakan LKS, efektifitas LKS, dan respon siswa terhadap LKS dalam meningkatkan penguasaan kata kerja dan pola kalimat bentuk ??. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan bahan ajar dari Warsita (2008:227). Uji coba produk secara terbatas dilakukan di SMA Negeri 1 Krembung selama empat kali pertemuan. Pemilihan sampel pada penelitian ini dilakukan melalui angket yang disebarkan pada 40 siswa kelas XI dengan rincian 20 angket diberikan kepada siswa kelas XI IPS Lintas Minat dan 20 angket kepada siswa kelas XI-MIA2.
Kelayakan LKS dilihat melalui hasil validasi isi dari dua orang ahli materi, serta hasil validasi konstruksi dari tiga orang ahli media. Hasil validasi isi dengan kriteria penilaian sangat baik adalah 88,26%, sedangkan validasi konstruksi dengan kriteria penilaian sangat baik didapatkan hasil 90,43%. Efektifitas LKS diukur melalui analisis t-signifikansi terhadap nilai tes siswa kelas XI-MIA2. Hasil uji coba terbatas menunjukkan rata-rata nilai pre-test dengan total 45,77 kemudian mengalami peningkatan pada nilai rata-rata post-test sebesar 85,27. Sesuai dengan perhitungan t-signifikansi tersebut, nilai t pada uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Krembung yakni 19,26 > t(5%, db = 29) 2,04. Angket respon diberikan kepada siswa setelah menggunakan LKS. Hasil yang diperoleh dari angket respon yaitu 84,52% dengan kriteria penilaian sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, LKS, Pendekatan Saintifik, Kata Kerja, Pola Kalimat Bentuk ??
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

