PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARADA NO KARUTA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • SUNTARA DWI SUNARYA

Abstract

Abstrak
Tujuan pengajaran bahasa pada prinsipnya adalah agar siswa terampil berbahasa. Agar dapat dikatakan terampil berbahasa, siswa harus memiliki kuantitas dan kualitas kosakata yang baik. Berdasarkan hasil analisis angket pra-penelitian penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, diketahui bahwa 17 siswa dengan persentase 63% menyatakan kesulitan dalam penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang. Sehingga dalam penelitian ini digunakan media Karada no Karuta untuk meningkatkan penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang.
Media Karada no Karuta merupakan media visual yang menyajikan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Karada no Karuta terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Karada no Karuta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true experiment design karena menggunakan dua subjek penelitian yang dibandingkan yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Untuk menentukan sampel pada peneltitian ini, digunakan simple random sampling dengan cara undian. Setelah undian dilakukan, didapatkan bahwa sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol (X IPS 2) proses pembelajaran menggunakan media power point, sedangkan pada kelas eksperimen (X MIPA 6) proses pembelajaran menggunakan media Karada no Karuta.
Berdasarkan hasil analisis data dari hasil pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh hasil t-test 5,33 > 1,67 > 2,39. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media Karada no Karuta mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Adanya perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen didukung oleh hasil angket respon siswa. Dari hasil analisis data angket, media Karada no Karuta mendapat respon positif saat pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa media Karada no Karuta mempunyai pengaruh positif terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.
Kata Kunci: Media Karada no Karuta, Kosakata Anggota Tubuh, Kosakata Bahasa Jepang
??
????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????2??2016/2017??10??6???????63%?12???????????????????????????????????????????????????
?????????????????????????????????????????????????2??2016/2017??10??6?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
?????????True Eksperiment Design??????????2???????????????????????????2???????????????????????2???10?????????????????????????????????????????????????????2????????????6???????????????????????????????????????????????????????????????
?????????????????????????????????????????t???5.33 > 1.67 > 2.39?????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Hikari. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017
?????????????????????????????????????????????????2??6???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
?????????????????????????????????

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-10
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 43