Abstract
??
?????Katolik Mater Amabilis Surabaya ????????2016-2017??10????????????„Hiragana Bentou??????????????????????????
1. „Hiragana Bentou???????????????????
2. „Hiragana Bentou??????????????????????????????
???????????????????????????????????????????????????????92???????????Android???????????????????‘Hiragana Bentou????????????? ?????Borg and Gall ??????????????????????????????????????????????„Hiragana Bentou??38??????????????
?????????????????????????
1. ??????????????????????99.25????????????????????????????????????????Mater Ambilis ??????????????82.69????????????????????????????Riduwan???????????????????????????
2. ??????????????????76.69????????????????????
????????„Hiragana Bentou???????????????????????????????
?????????????? „Hiragana Bentou??????????????????????
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan aplikasi „Hiragana Bentou? berbasis Android sebagai sarana berlatih huruf Hiragana siswa kelas X SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah
1) Mengetahui kelayakan aplikasi „Hiragana Bentou?
2) Mengetahui respon siswa terhadap aplikasi „Hiragana Bentou?.
Penelitian ini didasari hasil angket kebutuhan siswa yang menujukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari huruf Hiragana dan seluruh siswa memiliki Smartphone dengan 92% diantaranya berbasis Android. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan aplikasi „Hiragana Bentou? adalah metode R&D milik Borg and Gall. Dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini tidak sampai tahap diseminasi melainkan hanya sampai tahap uji coba pemakaian. Pada uji coba pemakaian aplikasi „Hiragana Bentou? diujikan kepada 38 siswa kelas X UPW SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya.
Hasil dari penelitian pengembangan aplikasi „Hiragana Bentou? adalah sebagai berikut:
1) Kelayakan aplikasi „Hiragana Bentou? dapat dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh seorang ahli media dan dua orang ahli materi. Dari hasil validasi media, kelayakan media aplikasi „Hiragana Bentou? dinyatakan sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 99,25%. Dari hasil validasi materi, materi dalam aplikasi „Hiragana Bentou? dinyatakan sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 82,69%.
2) Kekuatan respon siswa terhadap aplikasi „Hiragana Bentou? dapat dilihat dari hasil angket respon siswa. Berdasarkan analisis angket respon siswa, respon siwa terhadap aplikasi „Hiragana Bentou? adalah sebesar 76,69% dengan kriteria positif.
Dari hasil penilaian para validator dan hasil angket respon siswa, aplikasi „Hiragana Bentou? layak digunakan sebagai sarana berlatih huruf Hiragana siswa kelas X UPW SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi ‘Hiragana Bentou’, Sarana Berlatih, huruf Hiragana.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

