KENDALA MENULIS HURUF HIRAGANA SISWA SMAN 4 KOTA PROBOLINGGOTAHUN AJARAN 2016-2017

Authors

  • Chitra Dewi Pertiwi

Abstract

Abstrak
Huruf hiragana dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 4 kota Probolinggo diajarkan sejak kelas X. Pada kelas XI dan XII materi pelajaran yang disampaikan tentu juga tidak lepas dari huruf hiragana. Setelah dilakukan pengamatan dengan melakukan wawancara kepada guru bahasa Jepang di SMAN 4 kota Probolinggo diperoleh fakta bahwa siswa SMAN 4 Probolinggo lebih sering menggunakan huruf romaji dari pada huruf hiragana, baik dalam kegiatan belajar di dalam kelas, tugas dan ujian siswa cenderung menggunakan huruf romaji. Selain itu ditemukan bukti lain berdasarkan hasil kuis menulis huruf hiragana siswa yang masih dibawah KKM yang telah ditentukan, yaitu 76. Hal tersebut merupakan permasalahan yang perlu dipecahkan. Berdasarkan data tersebut dilakukan penelitian untuk mencari apa kendala siswa dalam menulis huruf hiragana.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengambil video tes menulis huruf hiragana siswa SMAN 4 kota Probolinggo. Populasi meliputi siswa kelas X, XI dan XII yang telah belajar huruf hiragana. Sedangkan sampel adalah kelas X MIA 3 dengan jumlah 22 siswa, XI IPA 3 dengan jumlah 19 siswa dan XII Bahasa dengan jumlah 24 siswa. Data yang diperoleh berupa dokumentasi video tes menulis huruf hiragana dan wawancara dengan siswa untuk memperoleh data mengenai kendala menulis huruf hiragana.
Hasil penelitian menunjukkan kendala dalam menulis huruf hiragana yang dialami oleh siswa disebabkan karena, (1) siswa tidak mengingat bentuk huruf hiragana, (2) siswa tidak dapat menulis huruf hiragana berdasarkan urutan pencoretannya, (3) siswa sulit membedakan beberapa huruf yang memiliki kesamaan bentuk huruf, (4) beberapa siswa juga sulit membaca dalam huruf hirgana, dan (5) siswa sulit dalam membedakan huruf hiragana dan katakana. Hal tersebut dibuktikan dari hasil dokumentasi video tes menulis huruf hiragana siswa. Selain itu, saat wawancara siswa juga mengatakan bahwa karena jumlah huruf hiragana berjumlah banyak dan bentuknya rumit, sehingga siswa sulit dalam mempelajarinya. Beberapa hal tersebut merupakan kendala menulis huruf hiragana siswa SMAN 4 kota Probolinggo.
Kata Kunci: Kesulitan, Menulis, Huruf Hirgana
??
?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
??????????????????????????? ?????????????????????????????????????????????????????????????????? ???????? X MIA 3 (22 ?), XI IPA 3 (19 ?), XII Bahasa (24 ?)?????????
?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-19
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 59