PENGARUH MEDIA GAMBAR KREATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PENGUASAAN KATA SIFAT BAHASA JEPANG SISWA SMA

  • Dinastuti Mulia Libriyanti Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA
  • Urip Zaenal Fanani Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA

Abstract

Abstrak

Penguasaan kata sangat penting bagi pembelajar bahasa. Salah satu jenis kata yang harus dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa adalah kata sifat. Penelitian tentang penguasaan siswa terhadap kata sifat bahasa Jepang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kata sifat bahasa Jepang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap penguasaan kata sifat bahasa Jepang siswa dan mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).

Media gambar kreatif adalah media gambar yang dibuat sendiri oleh siswa berdasarkan kreativitas siswa. Gambar yang dibuat meliputi kosakata benda dan kata sifat yang telah dipelajari. Metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) adalah metode pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa di dalam kelas.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan Statistik Deskriptif Kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data kuantitatif dari hasil nilai pretest dan posttest serta angket tanggapan siswa mengenai media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).

Hasil analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan nilai t-score = -5.073 < t(0.05, db=19) =-2.093, dan Mk (Mean kontrol) = 68.5 < Me (Mean eksperimen) = 80.3. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, artinya penggunaan media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) di kelas eksperimen lebih efektif daripada metode konvensional di kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa menganggap bahwa materi kata sifat bahasa Jepang itu sulit (75%) dan lebih paham setelah diberikan media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (93.75%). Mengenai metode Kooperatif tipe NHT selain menarik (93.75%), juga membantu memudahkan siswa untuk lebih memahami (90.625%) dan memotivasi (90.625%) sehingga membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi kata sifat bahasa Jepang (96.875%). Mengenai media gambar kreatif, selain menarik (100%) juga memotivasi (87.5%) dan lebih memudahkan siswa dalam berlatih menggunakan kata sifat bahasa Jepang (96.875%) sehingga membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai kata sifat bahasa Jepang (90.625%).Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian.

Kata Kunci: Media Gambar Kreatif dengan Metode Kooperatif, pembelajaran kata sifat bahasa Jepang.

 

外国語の学習者にとって語彙をマスターすることは大切である。マスターしなければいけない品詞のひとつは形容詞である。過去研究によると、学習者は形容詞を学ぶときはこんらんする。

本研究は形容詞をマスターする創造絵画とKooperatif NHTの学習ストラテジーを利用し、この絵画と学習ストラテジーに対する反応をしらべるためである。

創作絵画は生徒が自分の創造によって作るものである。絵画は習った名詞と形容詞を使う。Kooperatif  NHTの学習ストラテジーはクラスで生徒たちが積極的にするようにする学習ストラテジーである。

この研究はエクスペリメン研究で、データ分析方法はstatistik deskriptif kuantitatif を使用した。データの元は形容詞のプレテストーポストテストと絵画と学習ストラテジーについて反応のアンケートの結果を利用した。

形容詞のポストテストのデータ分析の結果はt-スコア=-5.073 < t(0.05, db=19) =-2.093で、Mk = 68.5 < Me = 80.3である。コントロールクラスとエクスペリメンクラスは積極的なちがいがあって、絵画とKooperatif  NHT の学習ストラテジーは伝統的な学習ストラテジーよりもっと効果的という結果であった。それから、アンケートの結果は、生徒たちは形容詞の授業に難しいと思った (75%)、絵画と Kooperatif  NHT学習ストラテジーで形容詞の授業がもっと理解だった (93.75%)。Kooperatif  NHTはおもしろいと思う (93.75%)、生徒達によって Kooperatif NHTで授業が理解やすくなった (90.625%)、モチベションさせられた(90.625%)、それで授業に生徒の理解が高くなる(96.875%)。創造絵画について、生徒によっておもしろいと思う(100%)、モチベションさせられた (87.5%)、形容詞を使用する練習がかんたん(96.875%)、そのために形容詞の使用の理解が高くなる (90.625%)であった。

ーワード:創造絵画とKooperatif NHT の学習ストラテジー、形容詞の授業

Published
2014-01-17
Section
Articles