PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP PENGUASAAN HURUF KATAKANA SISWA KELAS XI ALAM 1 SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
Abstract
AbstrakSiswa SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, pada pembelajaran bahasa Jepang merasa kesulitan dalam
mempelajari huruf katakana. Hal ini dikarenakan huruf katakana jarang digunakan dalam pembelajaran,
sehingga siswa lebih tertarik menggunakan huruf hiragana. Berdasarkan permasalahan diatas maka pemberian
motivasi model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) digunakan untuk meningkatkan
penguasaan huruf katakana siswa kelas XI Alam 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi model ARCS dan respon siswa terhadap pemberian
motivasi model ARCS.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya selama 3 kali pertemuan. Pemilihan
sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Peneliti memilih kelas dengan
mempertimbangkan perolehan nilai yang tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi pada ujian akhir semester
bahasa Jepang pada tanggal 11 Desember 2017, dalam hal ini yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI
Alam 1. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan termasuk pada pre-eksperimental design karena tidak
adanya variabel kontrol (tidak ada kelas pembanding).
Setelah dilakukan analisis menggunakan t-signifikansi diperoleh hasil hitung 13,06. Sedangkan nilai ttabel berdasarkan taraf kepercayaan 99% adalah 2,75, jika dilihat perbandingan kedua hasil, t-signifikansi lebih
besar daripada nilai t-tabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil pre-test dan post-test. Dan setelah dihitung mean dari nilai pre-test adalah 85,66 dan mean dari nilai posttest adalah 90,86. Terdapat selisih mean sebesar 5,2 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh
pemberian motivasi model ARCS terhadap penguasaan huruf Katakana siswa kelas XI Alam 1 SMA
Muhammadiyah 4 Surabaya. Setelah itu kelas XI Alam 1 diberikan angket untuk mengetahui respon siswa dari
pemberian motivasi model ARCS terhadap penguasaan huruf Katakana. Berdasarkan analisis angket siswa
yang menunjukkan kriteria kuat dan sangat kuat diketahui bahwa pemberian motivasi model ARCS dapat
menarik perhatian siswa dan membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan huruf katakana.
Berdasarkan pernyataan di atas dapat ditarik simpulan bahwa pemberian motivasi model ARCS
(Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) mempunyai pengaruh terhadap penguasaan huruf Katakana
dan mendapatkan respon positif dari kelas XI Alam 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya.
Kata Kunci: pengaruh, motivasi model ARCS, penguasaan huruf Katakana.
Abstract
Students of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, on learning Japanese language find it difficult to
learn the letter katakana. This is because katakana is rarely used in learning, so students are more
interested in using hiragana letters. Based on the above problems, the provision of motivation ARCS
model (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) is used to improve the mastery of letter katakana
class XI Alam 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. The purpose of this research is to know the effect of
ARCS model motivation and students response to ARCS model motivation.
This research was conducted in SMA Muhammadiyah 4 Surabaya for 3 meetings. Sample
selection in this research using purposive sampling technique. The researcher chooses the class by
considering the acquisition of grades that are not too low or too high in the Japanese semester final exam
on December 11, 2017, in this case the chosen sample is Natural XI class 1. This research includes
quantitative research and is included in pre-experimental design in the absence of control variables (no
comparison class).
After analyzing using the t-significance, it was obtained a count of 13.06. While the t-table
value based on the 99% confidence level is 2.75, when viewed from the comparison of the two results, tsignificance is greater than the t-table value, it can be concluded that there is a significant difference
between the results of the pre-test and post-test . And after the calculated mean of the pre-test value is
PENGARUH MOTIVASI MODEL ARCS. Volume 01 Nomor 01 Tahun 201 8, 0 - 8
85.66 and the mean of the post-test value is 90.86. There is a difference in the mean of 5.2, so it can be
concluded that there is an effect of giving motivation to the ARCS model on the mastery of the Katakana
letters in class XI Alam 1 Muhammadiyah 4 Surabaya High School. After that class XI Alam 1 was
given a questionnaire to find out the response of students from giving motivation to the ARCS model on
the mastery of Katakana letters. Based on the questionnaire analysis of students who showed strong and
very strong criteria, it was known that giving motivation to the ARCS model could attract students
attention and help students improve the mastery of the katakana letters.
Based on the statement above, it can be concluded that giving motivation to the ARCS model
(Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) has an influence on the mastery of Katakana letters and
get a positive response from class XI Alam 1 Muhammadiyah 4 SMA Surabaya.
Keywords: influence, motivation of the ARCS model, mastery of Katakana letters.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-07-30
Issue
Section
Articles

