PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang membantu siswa dalam menguasai huruf hiragana pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara pra penelitian yang dilakukan dengan guru mata pelajaran bahasa Jepang, dapat diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran huruf hiragana dikelas. Oleh sebab itu, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) digunakan untuk membantu siswa dalam pembelajaran huruf hiragana agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan dan sikap keterbukaan dalam forum diskusi. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kemampuan penguasaan huruf hiragana dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni (true experiment design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing- masing berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali tatap muka pada setiap kelas penelitian. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan metode drill dan penugasan, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division).
Setelah dilakukan analisis hasil perhitungan perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan rumus t-test diperoleh to = 7,19 > ts0,01 = 2,397 > ts0,05 = 1,674. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan penguasaan huruf hiragana siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa yang diberikan pada kelas eksperimen menunjukkan kriteria kuat sehingga diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) mendapatkan respon positif karena dapat meningkatkan motivasi siswa mempermudah siswa dalam belajar huruf hiragana dan membuat pembelajaran huruf hiragana menjadi lebih efektif.
Kata kunci: Model pembelajaran, STAD (Student Teams Achievement Division), Huruf hiragana
Abstract
This study examines STAD cooperative learning model (Student Teams Achievement Division) which helps students in mastering hiragana letters on students of class X of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Based on the results of pre-research interviews conducted with Japanese subject teachers, it can be seen that students still have difficulty in learning hiragana letters class. Therefore, STAD type cooperative learning model (Student Teams Achievement Division) is used to assist students in learning hiragana letters so that students are able to develop knowledge and attitude of openness in discussion forum. The purpose of this research is to describe the influence of the use of cooperative learning model type STAD (Student Teams Achievement Division) on hiragana letters mastery ability and to know student response to STAD type cooperative learning model (Student Teams Achievement Division).
This research is a quantitative research with the type of pure experimental research (true experiment design). Population in this research is student of class X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya academic year 2017/2018. While the sample is the students of class X IPS 1 as the experimental class and X IPA 3 as the control class, each of which amounted to 28 students. Sampling is done by simple random sampling. This study was conducted three times face-to-face in each research class. Learning in control class using drill and assignment method, while in experiment class using STAD type cooperative learning model (Student Teams Achievement Division).
After analyzing the result of calculation of mean difference of control class and experiment class by using t-test formula obtained to = 7,19> ts0,01 = 2,397> ts0,05 = 1,674. It shows that STAD type cooperative learning model (Student Teams Achievement Division) has a positive influence on the ability of mastery of hiragana letters of class X students of SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Based on the results of questionnaire analysis, the responses of students given in the experimental class indicate strong criteria so that it is known that STAD cooperative learning model (Student Teams Achievement Division) get positive response because it can improve students motivation to facilitate students in learning hiragana letters and make learning hiragana letters become more effective .
Keywords : Learning Models, STAD (Student Teams Achievement Division), Hiragana
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 78
,
PDF Downloads: 67