PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTOBA O SAGASU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SAKUBUN KELAS XI SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PUSDIK SABHARA PORONG TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • ADE SYIFA DWI NURIYA

Abstract

Abstrak
Bahasa Jepang merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA Kemala
Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong. Namun dalam kegiatan menulis menggunakan bahasa Jepang
peserta didik masih merasa kesulitan khususnya menulis sakubun. Hal ini disebabkan karena guru
jarang memberikan materi menulis sakubun kepada peserta didik.
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan/menjelaskan bagaimana pengaruh dan respon
peserta didik terhadap penggunaan media Kotoba o Sagasu pada keterampilan menulis sakubun.
Dalam proses kegiatan penelitian pada artikel ini digunakannya dua subjek yang dibandingkan, yaitu
kelas eksperimen (kelas XI IPA 2) dan kelas kontrol (kelas XI IPS 2).
Berdasarkan hasil analisis data dari hasil Pretest dan Posttest yang telah dilaksanakan pada
kedua kelas tersebut dengan taraf signifikansi 95% atau 0.05, pada perhitungan uji independent sample
t-test didapatkan hasil nilai df sebesar 78 (ttabel = 1.664), thitung sebesar 2.005. Maka thitung = 2.005 > ttabel
= 1.664, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya media Kotoba o Sagasu memiliki
pengaruh positif terhadap keterampilan menulis sakubun (??) peserta didik kelas XI SMA Kemala
Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong.
Berdasarkan hasil perhitungan data angket respon peserta didik pada kisi-kisi angket respon
indikator 1 yaitu peserta didik mengenal media Kotoba o Sagasu dalam kegiatan menulis sakubun
memperoleh hasil sebesar 27.08% dengan kriteria lemah. Pada perhitungan indikator 2 yaitu peserta
didik dapat menggunakan media Kotoba o Sagasu untuk menulis sakubun memperoleh hasil sebesar
45% dengan kriteria cukup kuat. Selanjutnya pada perhitungan indikator 3 yaitu minat menulis
sakubun peserta didik setelah menggunakan media Kotoba o Sagasu mendapatkan hasil sebesar
11.25% dengan kriteria sangat lemah.
Kata Kunci: Media Kotoba o Sagasu, kemampuan menulis, sakubun, penelitian eksperimen
ne"> Abstract
Japanese is a subject taught at Kemala Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong Senior High
School. However students still find it difficult to write in Japanese, especially when writing sakubun.
It is because the writing activities of sakubun are rarely given by the teachers to students. This study
aims to describe the influence and response of students on the use of Kotoba o Sagasu media on the
sakubun writing skills. This research is included in the True Experiment Design study, due to the
process of two subjects were compared. The two subjects are class XI Science 2 as the experimental
class and class XI Social 2 as the control class.
Based on the data analysis of the pretest and posttest results that have been carried out in the
experimental class and control class with a significance level of 95% or 0.05, the calculation of
independent sample t-test results obtained df value of 78 (t tabel = 1.664), t test 2,005. Then t test =
2005> t tabel = 1.664, so Ho is rejected and Ha is accepted which means that the Kotoba o Sagasu
media has a positive influence on the sakubun writing skills (??) of the students of class XI
Kemala Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong Senior High School.
Pengaruh Penggunaan Media Kotoba o Sagasu Terhadap Keterampilan Menulis Sakubun Kelas XI SMA Kemala
Bhayangkari 3 Pusdik Sabhara Porong Tahun Ajaran 2017/2018
Based on the calculation of students questionnaire response data on the response questionnaire
grid indicator 1, students learn about Kotoba o Sagasu media in the sakubun writing activity to get a
result of 27.08% with weak criteria. In the calculation of indicator 2, that is students can use Kotoba o
Sagasu media to write sakubun to get a result of 45% with a fairly strong criteria. Furthermore, in
the calculation of indicator 3, namely the interest in writing sakubun students after using Kotoba o
Sagasu media got a result of 11.25% with very weak criteria.
Keywords: Media Kotoba o Sagasu, writing ability, sakubun, experimental research



Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-28
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 57