PENGEMBANGAN MEDIA BUKU TEMPEL (SCRAPBOOK) UNTUK MEMAHAMI KEBUDAYAAN JEPANG DALAM MINNA NO DOUYOU DAI NI SHUU

Authors

  • INDRA SETYANI MARGI UTAMI

Abstract

Pengetahuan mengenai sastra Jepang masih jarang diberikan di sekolah-sekolah di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan belum ada ahli pendidikan bahasa Jepang yang menggunakan karya sastra untuk pembelajaran bahasa Jepang (Soeparjo, 2008:1). Padahal, belajar sastra bermanfaat bagi pelajar, misalnya dapat meningkatkan pengetahuan kebudayaan (Rahmanto ,1988:16). Menurut Rahmanto (1988:18) dengan mengetahui tentang budaya siswa dapat merasa bangga dan percaya diri. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengembangkan media buku tempel (scrapbook). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media dan mengetahui kelayakan buku tempel (scrapbook) sebagai media untuk memahami kebudayaan Jepang dalam Minna no Douyou Dai Ni Shuu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D). Penelitian dan Pengembangan yang digunakan adalah milik Sugiyono (2013:298). Subjek uji coba adalah siswa kelas E-N4 Shinju kursus bahasa Jepang dengan jumlah 10 siswa. Berdasarkan penelitian dan pengembangan proses pengembangan media dilakukan dalam enam langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba. Hasil akhir penelitian berupa media buku tempel (scrapbook) sangat layak digunakan untuk memahami kebudayaan Jepang dalam Minna no Douyou Dai Ni Shuu. Hal tersebut berdasarkan perhitungan kelayakan validasi yaitu masing-masing sebesar 85% diberikan oleh ahli materi dan sebesar 87% diberikan oleh ahli media serta respon siswa terhadap media buku tempel (Scrapbook) sangat baik dengan perolehan persentase sebesar 89%.

Kata Kunci: pengembangan?media, buku tempel (scrapbook), kebudayaan Jepang, Douyou

Abstract

Knowledge about Japanese literature is still rarely given in Indonesia school. The main reason is there are no Japanese language expert who use Japanese literary works for Japanese language learning (Soeparjo, 2008:1). Whereas, learning literary work gives many advantage for students for instant to increase the understanding about culture knowledge (Rahmanto. 1988:16). According to Rahmanto (1988:18) knowing about culture can make students feel proud and confident. Based on the background of the study, the researcher developed the scrapbook. The purpose of this study was to know the appropriateness of scrapbook as media learning to give more understanding about Japanese in Minna no Douyou Dai Ni Shuu. This research was a research and development used Sugiyono theory (2013:298).The trial subjects was 10 student of E-N4 class Shinju Japanese Language course. According to the research and development, the media development process was done by six steps, there are potency and problem, data collection, product design, design validation, design revision and trials. The final result of this research was a proper scrapbook in used for Japanese culture understanding in Minno no Douyou Dai Ni Shuu. It based on validation feasibility calculation that showed 85% was given by material expert and 97% was given by media expert also student respond toward scrapbook media was very good with percentage of 89%.

Keyword: media development, scrapbook, Japanese culture, Douyou


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-04
Abstract views: 58 , PDF Downloads: 588