Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Pada Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Sumenep Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • INDAH IRMAYANTI

Abstract

Abstrak

Bahasa Jepang merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMAN 1 Sumenep. Salah satu kegiatan pembelajara bahasa jepang di SMAN 1 Sumenep adalah berbicara. Pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 1 Sumenep jarang menerapkan pembelajaran aspek berbicara, pembelajaran berfokus pada pengenalan kosa kata bahasa Jepang. Sehingga pebelajaran aspek berbicara jarang sekali dilaksanakan.

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan dan respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada kemampuan berbicara siswa. Dalam proses kegiatan penelitian pada artikel ini subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA 5 SMAN 1 Sumenep tahun ajaran 2017/2018.

Untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik make a match digunakan lembar obsevasi kegiatan guru dan siswa serta pada pelaksaan tes berbicara menggunakan tes wawancara untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan lembar observasi kegiatan siswa diperoleh skor 68 dimana menurut Riduwan skor tersebut termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan lembar observasi kegiatan guru diperoleh skor 91dimana skor tersebut dikategorikan sangat baik. Pada pelaksanaan tes wawancara dilakukan secara individu dimana setiap siswa mendapat 5 pertanyaan dalam waktu 3 menit. Berdasarkan hasil perhitungan angket respon siswa pada pernyataan 1 yakni pernyataan berbicara adalah aspek yang paling sulit mendapat 50% dengan kriteria cukup, pernyataan 2 yakni pembelajaran berkelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mendapat 87% dengan kriteria sangat kuat, pernyataan 3 yakni pembelajaran menggunakan teknik make a match sangat menyenangkan mendapat 92% dengan kriteria sangat kuat , Pernyataan 4 yakni pembelajaran menggunakan teknik make a match dapat meningkatkan kemampuan berbicara mendapat 85% dengan kriteria sangat kuat.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Teknik make a match, Kemampuan berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-04
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 139