PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA JEPANG DALAM DOUYOU (??) BERTEMA NENCHUUGYOUJI (????)

Authors

  • SAVITRI INDRASWARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengajaran sastra Jepang dan pengenalan budaya Jepang. Pembelajaran bahasa Jepang lebih fokus pada tata bahasa, kosa kata, dan huruf. Selain itu, media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang masih kurang bervariasi. Media busy book merupakan media berbentuk buku yang digunakan untuk memperkenalkan budaya perayaan tahunan Jepang.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan media busy book untuk memperkenalkan budaya Jepang dalam douyou bertema nenchuugyouji. Siswa kelas XI UPW SMK Negeri 10 Surabaya sebagai populasi dan sepuluh orang kelas XI UPW 1 menjadi subjek dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian Pada proses pengembangan media dilakukan dalam tujuh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain, media, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi desain. Pengujian media dibagi menjadi dua, yaitu validasi dan uji coba terhadap media. Validasi media terdiri atas validasi isi materi dan validasi kontsruksi media. Ahli media memberikan penilaian terhadap konstruksi media sebesar 90%. Ahli materi memberikan penilaian sebesar 83,08%. Pada angket respon siswa, siswa memberikan penilaian terhadap penggunaan media sebesar 90,29%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media busy book sangat baik untuk memperkenalkan lagu anak Jepang.

Kata Kunci: Pengembangan, media buku, busy book, budaya Jepang, douyou

Abstract

This research was motivated by the lack of teaching Japanese literature and the introduction of Japanese culture. Japanese learning focuses more on grammar, vocabulary, and letters. In addition, the media used in learning Japanese is still less varied. The media busy book is a book-shaped media used to introduce Japans annual celebration culture.

The purpose of this study was to describe the development of the media busy book to introduce Japanese culture in the douyou themed nenchuugyouji. Students of class XI UPW of SMK Negeri 10 Surabaya as a population and ten people of class XI UPW 1 were the subject of this study. This research is a qualitative research.

Based on the results of the research, the media development process was carried out in seven stages, namely potential and problems, data collection, design, media, design validation, design revision, product trials, and design revisions. Media testing is divided into two, namely validation and testing of the media. Media validation consists of material content validation and media construction validation. Media experts assess 90% of media construction. Material experts gave an assessment of 83.08%. In the student response questionnaire, students gave an assessment of the use of media by 90.29%. The results of the assessment show that the media busy book is very good for introducing Japanese childrens songs.

Keywords: Media, book, busy book, Japanese culture, douyou





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-17
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 149